Skip to main content

Cara Mengatasi Karet Tabung Gas 3-12 Kg yang Bocor Lengkap Video

Penajam.Com | Bismillah. Tabung gas yang sekarang beredar ditengah masyarakat Indonesia ada beberapa macam ukuran. Merupakan kebutuhan yang sangat mendasar terutama bagi golongan masyarakat menengah keatas dan wilayah perkotaan. Selain praktis dan mudah juga harganya yang diawal kemunculannya termasuk murah karena masih disubsidi oleh Pemerintah. Ada wacana yang berkembang bahwa gas ukuran 3 kg akan segera dihilangkan, namun wallahualam belum terjadi dan semoga kalaupun terjadi ada solusi konkrit dari Pemerintah sebagai gantinya. Dalam kenyataannya juga terkadang ketika kita membeli tabung gas baik yang berukuran 3 kg, 5 kg maupun yang 12 kg kita akan menemukan kebocoran dalam artian bukan dari pengisian ulang atau dari pabriknya dan itupun tidak terjadi pada semua tabung gas. Tabung gas bocor biasanya dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti :
  1. Karet pada lubang tabung sudah aus/kendor/kadaluarsa
  2. Regulator tidak pas/tidak cocok ketika dipasang
  3. Regulator sudah aus/kendor/kadaluarsa
  4. Sebab lain
Cara Mengatasi Karet Tabung Gas 3-12 Kg yang Bocor Lengkap Video

Biasanya tabung yang bocor maka gas akan keluar dengan suara mendesis keras. Hal ini disebabkan oleh tekanan gas yang tinggi namun keluar melalui saluran . Solusinya adalah memodifikasi regulator yang menghubungkan tabung gas dan kompor. Cara praktis yang biasa saya gunakan adalah dengan menggunakan karet gelang, biasa juga disebut karet bungkus nasi, dan lain sebagainya. 

Langkah-langkah praktisnya sebagai berikut :
  1. Potong karet gelang tersebut kira-kira jika dilingkarkan pada bagian mulut/lubang tabung gas sudah cukup. 
  2. Pasang pada bagian mulut/lubang tabung gas tanpa melepas karet yang sudah ada lalu pasang regulator gas seperti biasa. 
  3. Kunci regulator lalu coba nyalakan kompor. Jika kompor belum menyala namun gas bersuara/berdesis biasanya ada sumbatan dibagian regulator. 
  4. Tunggu sesaat atau gunakan benda tumpul untuk mengetuk selang dibagian regulator. Seharusnya kompor sudah bisa menyala seperti biasa.
Video singkat dibawah ini akan menjelaskan detail praktis bagaimana cara mengatsi karet tabung gas 3-12 yang bocor. Untuk uraian bisa dibaca pada keterangan diatas. Semoga bermanfaat bagi semua. Jangan Like dan Share postingan ini. Terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar