Skip to main content

Perbedaan Pembinaan, Diseminasi, Pelatihan, Workshop, Bimtek dan Konsultasi

Penajam.Com | Bismillah. Dalam kegiatan sehari-hari kita baik dalam pekerjaan maupun diluar pekerjaan, kita sering menemui berbagai macam istilah yang asing namun kita tidak mampu membedakan antara satu dan lainnya. Perbedaan yang sering kita dengan antara lain : Pembinaan, Diseminasi, Pelatihan, Workshop, Bimtek dan Konsultasi. Ada baiknya akan kita bahas satu persatu secara singkat perbedaan dan pengertian diatas. Mari kita simak bersama.

Pengertian | Perbedaan Pembinaan, Diseminasi, Pelatihan, Workshop, Bimtek dan Konsultasi

Pengertian Pembinaan

Pembinaan adalah suatu usaha, tindakan, dan kegiatan yang dilakukan secara efisien dan efektif untuk memperoleh hasil yg lebih baik dari aspek kinerja, baik yang disebabkan oleh adanya ketidaksesuaian pada penyelenggaraan kegiatan maupun yang diakibatkan oleh adanya perubahan persyaratan/peraturan/perundang-undangan.

Pengertian Diseminasi

Diseminasi adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut.

Pengertian Pelatihan

Pelatihan adalah keseluruhan kegiatan untuk yang bertujuan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat ketrampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan dan pekerjaan. (Undang-Undang No.13 Tahun 2003 Pasal 1 butir 9)

Pengertian Workshop

Workshop adalah pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek dalam satu kegiatan terintegrasi, dicapai melalui tindakan penjelasan intensif kepada kelompok kecil dan mengutamakan pemecahan suatu permasalahan.

Pengertian Bimbingan Teknis/Mentoring

Bimbingan Teknis/Mentoring dapat didefinisikan sebagai hubungan profesional di mana orang yang berpengalaman (para mentor) membantu yang lain (mentoree) dalam mengembangkan keterampilan khusus dan pengetahuan yang akan meningkatkan pertumbuhan orang yang kurang berpengalaman profesional dan pribadi. Bimbingan Teknis adalah interaksi antara orang yang lebih berpengalaman dan orang yang kurang berpengalaman, tetapi memberikan bimbingan yang memotivasi orang untuk dibimbing mengambil suatu tindakan.

Pengertian Konsultasi

Konsultasi adalah kegiatan yang dapat berupa rapat/pertemuan untuk mendapatkan kesimpulan (nasihat, saran, dan lain sebagainya) yang sebaik-baiknya atau meminta pertimbangan untuk memutuskan sesuatu.

Nah sudah terlihat bedanya bukan? Silahkan di share jika bermanfaat bagi semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar