Skip to main content

Inilah 4 Contoh Pekerjaan bagi Pensiunan sebagai tambahan penghasilan

Penajam.Com | Bismillah. Menjadi seorang pensiunan adalah titik akhir pengabdian seorang karyawan/pegawai suatu Perusahaan atau Lembaga baik swasta maupun pemerintahan. Semua tergantung masa kerja dari karyawan atau pegawai tersebut. Ada yang masa kerja 20 hingga 30 tahun. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh seorang pensiunan. Sebagai mantan karyawan adakalanya merasa jenuh dirumah walaupun hanya sebagian orang saja. Berikut ini adalah 4 contoh pekerjaan bagi para pensiunan sekaligus sebagai tambahan penghasilan selain uang pensiunan itu sendiri. Selain sebagai ide yang sangat bagus juga bisa dibagikan kepada orang lain yang juga seprofesi sebagai "pensiunan".

Inilah 4 Contoh Pekerjaan bagi Pensiunan sebagai tambahan penghasilan

1. Menjadi Driver Taksi Online
Syarat menjadi driver taksi online yaitu memiliki kendaraan. Sebaiknya kendaraan sendiri dan tentunya beli cash atau tidak dalam kondisi kredit karena beresiko besar sekali. Karena memang diniatkan untuk menambah penghasilan selain penghasilan utama yang telah diterima ada baiknya tidak usah kredit. Terlalu banyak cerita sedih seputar kredit atau hutang bank dimasa pensiun. Syarat lainnya adalah anda adalah tipe orang "lapangan" dan suka dengan kemacetan. Jam kerja dapat diatur dan dimungkinkan memulainya dengan mudah. Anda dapat mencoba bergabung ke beberapa perusahaan taksi online seperti Go Car, Grab Car atau Maxim. Silahkan dicoba ya.

2. Menjadi Freelancer 
Menjadi freelancer adalah sebuah pilihan bagi anda yang memiliki skill yang mumpuni selama bertahun-tahun selama menjadi karyawan di perusahaan tertentu. Ada banyak sekali peluang sebagai freelancer mulai dari desain grafis, membuat naskah, mengetes aplikasi atau software, menggambar ilustrasi, desain ruangan, desain bangunan dan masih banyak lagi.

3. Menjadi Dosen atau Pengajar paruh waktu
Profesi atau pekerjaan yang satu ini dapat dan sepertinya lebih cocok dilakukan oleh praktisi atau orang yang berpengalaman selama bekerja semisal dosen, instruktur, widyaiswara dan lain sebagainya. Dengan ilmu yang dimiliki selama bertahun-tahun tentu saja bukan sebatas teori semata namun praktek nyata telah dilakukan, maka tidak salah jika pekerjaan sampingan ini dapat dijadikan ide yang baik setelah pensiun nantinya. Ayo dicoba buat akademisi dan praktisi.

4. Berwirausaha Mandiri
Berwirausaha mandiri disini dapat mengandalkan pengalaman dan juga relasi yang telah di bangun sejak masih menjadi karyawan atau pegawai. Salah satunya adalah dengan menjadi petani ayam kalkun. Berikut adalah salah satu contoh usaha peternakan atau wirausaha ayam kalkun yang dimulai oleh beberapa orang anak muda yang saat ini masih tercatat sebagai pegawai. Tentu saja kegiatan peternakan ini dilakukan diluar jam kantor atau setelah jam kantor sebagai upaya dari mereka yang bersemangat dan mencari pengalaman sebagai bekal kelak jika pensiun. Namun contoh pekerjaan sebagai wirausahawan mandiri ini bukan hanya sebagai petani/peternak dapat juga dilakukan pada profesi potensial lainnya.



Demikianlah 4 contoh pekerjaan bagi para pensiunan karyawan atau pegawai sebagai tambahan penghasilan yang menjanjikan.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar