Skip to main content

Berbagai Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Kunyit ialah tumbuhan rempah yang amat terkenal di area daratan Asia. Kunyit ini kerap digunakan bagaikan materi bahan rempah serta materi obat natural. Kunyit dipakai bagaikan bahan rempah pada bermacam makanan semacam gulai, rendang, pindang serta bermacam olahan santapan bagaikan pemberi warna kuning alami dan pengawet masakan yang bersifat natural.
Lazimnya untuk berbagai bahan farmasi seperti pelengkap masakan ataupun vitamin- plus bakal ditambahkan bahan pelengkap seperti vit B1, vit B2, vit B6, vit B12, vit E, lesitin, amproptab, Mg- stearat, nepagin dan juga kolidon 90 yang berperan untuk memelihara daya tahan tubuh serta menyembuhkan beberapa penyakit beresiko.

Bermacam olahan produk berbahan dasar kunyit sanggup bersaing dengan sebagian obat paten, semacam obat buat peradangan sendi( arthritis- rheumatoid) ataupun osteo- arthritis dengan materi aktif sodium deklofenak, piroksikam, dan fenil butason serta komplemen santapan ataupun vitamin- plus yang berupa kapsul dan biayanya yang lumayan mahal.
Khasiat dan Manfaat Kunyit bagi Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Kunyit untuk Kesehatan
1. Mencegah Penyakit Alzheimer
Seseorang yang memiliki penyakit Alzheimer akan bermasalah dengan ingatan, penilaian, dan berpikir. beberapa penelitian menunjukan bahwa kunyit memiliki kandungan zat anti-inflamasi dan antioksidan, sehingga dengan mengkonsumsi kunyit maka akan mendapatkan manfaat kunyit yatiu mencegah penyakit Alzheimer.

2. Mengobati Penyakit Tifus
Kunyit dapat digunakan untuk mengobati tifus. untuk membuat obat tifus dari kunyit inilah yang harus anda lakukan.
Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto.
caranya : Tumbuk semua bahan tersebut hingga halus dan dipipih, kemudian tambahkan 1 gelas air masak yang masih hangat dan disaring, kemudian minumlah ramuan tersebut, lakukan rutin selama seminggu.

3. Mencegah Penyakit Kanker
Kunyit mengandung kurkumin dimana zat ini merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu kandungan kurkumin juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan kanker terutama kanker payudara, kanker usus, kanker perut, kanker paru-paru dan juga kanker kulit.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes
Khasiat kunyit yang didapat dari kandungan kurkumin di dalamnya dapat mengurangi resistansi insulin. Karena hal tersebut maka kandungan kadar glukosa darah dapat dikendalikan sehingga resiko untuk terserang diabetes tipe 2 pun akan berkurang.

5. Menyembuhkan Potensi Luka
Manfaat kunyit bisa digunakan untuk meyembuhkan luka, karena kunyit mengandung bahan anti-septik dan bahan anti-bakteri. dengan kandungan itu kunyit sangat baik digunakan untuk disinfektan untuk luka biasa maupun luka bakar.

6. Mencegah Potensi Anemia
Anemia diakibatkan oleh kekurangan zat besi. Anda bisa menggunakan kunyit untuk mencegah anemia, karena kunyitbanyak mengandung zat besi. Kandungan zat besi ini merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah sehingga dengan mengkonsumsi kunyit anda dapat mencegah anemia.

7. Melancarkan Proses Pencernaan
Dengan adanya kandungan kurkumin dalam kunyit juga dapat membantu proses pencernaan serta mengurangi gejala kembung. Namun orang yang memiliki penyakit kandung empedu sebaiknya tidak menggunakan kunyit sebagai suplemen karena dapat memperburuk kondisi.

8. Mencegah dan Mengobati Sakit Panas Dalam
Manfaat kunyit juga bisa digunakan untuk mengobati dan mencegah panas dalam.
Caranya : Ambil 1 biji kunyit yang agak besar, lalu bersihkan kunyit sampai tidak tersisa lagi bekas tanah yang menempel. Kuliti sampai bersih, parut kunyit sampai mempunyai bagian-bagian yang kecil. Sisihkan. Ambil gula merah dan potong secukupnya, campurkan keduanya bersamaan dengan menggunakan air panas. Aduk dan sampai terlihat mengental, lalu parutan kunyit tadi Anda saring, dan minum selagi hangat.

9. Mencegah Keputihan pada Wanita
Khasiat kunyit sangat ampuh untuk mencegah keputihan.
Caranya : Ambil 2 ruas kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang asam, sepotong gula aren. Bersihkan dulu semua bahan, lalu bahan direbus secara bersamaan sampai air mendidih, jika sudah mendidih, saring bahan dan minumlah secara rutin, satu gelas per hari.

10. Mengatasi Sakit Gatal dan Penyakit Kulit
Khasiat kucnyit dapat digunakan untuk mengatasi gatal dan penyakit kulit.
Caranya : Ambil 1 ruas kunyit, bersihkan lalu parut kunyit. Ambil biji cengkeh lalu ditumbuk, parutan kunyit tadi Anda campurkan dengan tumbukan biji cengkeh dan bunga melati. Remas-remas, lalu balurkan pada tubuh yang gatal. Untuk mencegah luka, Anda cukup mencampurkan parutan kunyit dan asam kawak, balurkan sampai luka mongering dan tidak terasa sakit lagi.

Tanaman Kunyit
Kunyit memiliki nama latin Curcuma domestica Val atau Curcuma longa linn. Tanaman kunyit termasuk dalam salah satu tanaman rempah dan obat asli dari kawasan Asia Tenggara. Selanjutnya tanaman ini menyebar ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia, bahkan sampai ke Negara Afrika.

Hampir seluruh masyarakat Indonesia, India serta Negara Asia pernah merasakan khasiat dan rasa khas dari kunyit ini karena dapat digunakan sebagai bahan penyedap makanan, bahan obat untuk kesehatan serta kosmetik untuk kecantikan.

Tanaman kunyit masuk dalam jenis jahe, zingiberaceae yang lebih dikenal sebagai bahan rempah yang kaya akan manfaat dengan nama dimasing-masing daerah Kunyit (Indonesia dan Malaysia), Janar (Banjar), Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura) yaitu turmeric (Inggris), serta Kurkuma (Belanda),.

Klasifikasi Tanaman Kunyit
Klasifikasi dari tanaman kunyit ini sendiri antara lain adalah sebagai berikut;

Kingdom : Plantae
Sub kingdom : Tracheobionta (tanaman berpembuluh)
Super divisi : Spermatophyta (tanaman yang berbiji)
Divisi : Magnoliopsida (tanaman berbunga)
Kelas : Liliopsida (tanaman monokotil)
Sub kelas : Zingiberidae
Ordo : Zingiberales
Family : Zingiberaceae
Genus : Curcuma
Spesies : Curcuma longa
Ciri Morfologi Tanaman Kunyit
Kunyit merupakan tanaman perennial yang memiliki bentuk daun elips dan disetiap tanaman terdapat kira-kira 5-15 helai daun yang panjangnya mencapai 85 cm dan lebar 25 cm. bagian pangkal ujung daunnya berbentuk runcing dengan warna hijau tua, dan bagian tepi daunnya rata. Mengetahui lebih dalam lagi, berikut ini ciri morfologi dari tanaman ini. Diantaranya;

Batang
Batang tanaman kunyit memiliki warna hijau dengan tinggi batang mencapai 70 – 100 cm mengarah lurus ke atas (geotropisme), dengan bentuk bulat dan bentuk rimpangnya tersusun dari pelepah daun yang sedikit lunak. Bagian kulit luar rimpang memiliki warna jingga kecoklatan, dan bagian daging buah merah kekuningan.

Bunga
Bunga pada tanaman kunyit muncul dari rimpang yang terletak pada bagian batang. Pada bagian ibu tangkai memiliki rambut kasar dan tersusun secara rapat, ketika kering tebal bunga tanaman kunyit mencapai 2-5 mm, serta panjang 4-8 cm. bunga tanaman kunyit memiliki bentuk majemuk dan pada bagian mahkota memiliki warna putih dengan dilapisi sisik dari pucuk bagian batang semu yang panjang mencapai 10-15 cm serta ukuran mencapai 3×1,5 cm berwarna putih kuning.

Akar
Kunyit memiliki bau akar yang khas rasanya pedas dan pahit, jika akar tanaman kunyit ini dilarutkan kedalam air maka akan memberikan tambahan zat curcuminoid berwarna kuning.

Akar tanaman kunyit berfungsi sebagai rempah dan penyedap serta pewarna alami makanan, juga berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah serta anti bakteri sebagai bahan untuk melancarkan pengeluaran empedu.

Manfaat Tanaman Kunyit
Tanaman kunyit memiliki kegunaan yang sangat besar selain sebagai rempah ataupun bergunakan untuk bumbu masakan. Berikut beberapa manfaat dari tanaman kunyit yang belum diketahui oleh banyak orang. Antara lain;

Mendinginkan Badan
Masih sedikit masyarakat yang tahu bahwa kunyit dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mendinginkan badan. Saat tubuh mengalami gejala panas sangat dianjurkan untuk dapat minum ramuan dari kunyit, hal ini dikarenakan kunyit memiliki khasiat mendinginkan sehingga tubuh dapat normal kembali.

Membersihkan Tubuh
Akar kunyit sangat bermanfaat bagi seorang wanita yang sedang datang bulan, ramuan ini dapat berbentuk minuman jamu kunir asem. Anjuran untuk meminum jamu kunir asem ini dikarenakan kunyit memiliki manfaat membersihkan darah kotor menstruasi.

Kunyit juga bermanfaat untuk  melancarkan darah ketika menstruasi serta mencegah terjadi penggumpalan darah yang dapat menjadi penyebab penyakit berbahaya dalam rahim. Kunyit bermanfaat juga untuk mencegah terjadi pendarahan saat menstruasi akibat perubahan hormon penyakit lain. Selain itu, kunyit juga berfungsi untuk mengurangi bau menyengat pada darah menstruasi.

Melepas Gas yang Berlebih di Usus
Saat masuk angin terdapat gas yang berlebih dalam tubuh terutama bagian perut. Ternyata tanaman kunyit bermanfaat untuk membuang gas berlebih dalam perut dengan membuat ramuan dari akar kunyit, cara membuatnya yaitu rebus menggunakan segelas air, kemudian minum secara teratur sampai angin dalam tubuh berkurang.

Sebagai Obat Antiseptik dan Gatal
Manfaat kunyit selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengobati gatal dan antiseptik. Caranya yaitu dengan membuat ramuan dari air rebusan akar kunyit, selanjutnya minum ramuan dari kunyit secara teratur sampai gatal atau rasa sakit akibat luka berkurang.

Menjaga Kesehatan Perut
Berdasarkan hasil riset menunjukkan bahwa tanaman kunyit berfungsi untuk membantu pelepasan empedu. Empedu bermanfaat untuk mencerna makanan sehingga apabila kondisi empedu normal maka pencernaan juga dapat berjalan dengan lancar.

Cara kerja dari tanaman kunyit yaitu dengan meningkatkan lendir pada dinding lambung yang bermanfaat sebagai lapisan pelindung untuk menjaga lambung terhindar dari kerusakan. Selain itu, kunyit juga bermanfaat menstabilkan gerakan peristaltik usus besar untuk mencegah seseorang terkena penyakit sembelit atau susah buang air besar.

Mencegah Kepikunan atau Alzheimer
Kunyit memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang berkhasiat memecah plak amyloid pada otak penyebab dari kepikunan atau alzheimer. Menurut Hourigan sumbatan pada pembuluh darah akan berkurang sehingga bagian tertentu otak dapat lebih mudah menerima asupan oksigen sehingga otak bisa berfungsi dengan baik.

Mengobati Flu dan Demam
Kunyit juga memiliki fungsi mengurangi infeksi akibat virus dan bakteri yang menyerang tubuh seperti flu dan demam. Caranya yaitu dengan minum ramuan dari kunyit supaya cepat sembuh, karena kunyit bermanfaat sebagai antiinfeksi dan antibakteri.

Mengobati Diabetes dan Arthritis
Tanaman kunyit mampu mengontrol insulin dalam tubuh, jika insulin dalam tubuh terkontrol maka gula darah dalam tubuh juga akan menjadi normal. Selain penyakit diabetes, ada riset yang menunjukkan bahwa kunyit juga mampu mengurangi penyakit arthritis, hal ini dikarenakan senyawa aktif yang ada dalam kunyit akan bekerja dengan optimal jika dikonsumsi sebelum rasa sakit timbul.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Program Diet
Kunyit bermanfaat untuk mengurangi penuaan dan jerawat. Jerawat yang timbul kerap kali disebabkan oleh infeksi bakteri P. Acne serta penyumbatan pori-pori kulit. Kunyit juga berguna meredakan infeksi karena bakteri. Selain itu, kunyit juga mampu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan terjadinya penuaan kulit dengan cara dibuat masker.

Selain itu, kunyit juga berfungsi sebagai bahan untuk mengoptimalkan program diet karena kunyit bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga bisa mencegah terjadi pertambahan berat badan.

Cara Budidaya Tanaman Kunyit
Adapun proses dalam pengertian budidaya pada kunyit ini, antara lain sebagai berikut;

Pembibitan dan Penanaman
Kunyit dapat ditanam pada lahan ladang atau kebun pekarangan yang dibudidayakan secara komersil atau sekedar pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Bibit tanaman kunyit dapat diambil dari akar tanaman kunyit yang panjangnya sekitar 5-10 cm.

Setelah bibit siap, maka buat lubang tanam berukuran 3 – 4 cm dengan kedalaman 6 – 10 cm agar bibit tidak dapat diambil oleh binatang seperti ayam. Setelah lubang tanam dan bibit siap maka tanam bibit dan biarkan sampai muncul tunas daun.

Pemeliharaan
Setelah kunyit berumur sekitar 2 atau 3 minggu setelah tanam lakukan penyulaman terhadap bibit yang tidak bertunas atau tumbuh. Lakukan penyiraman dengan intens saat umur tanaman masih dalam fase vegetatif, aplikasikan pupuk organik dan non organik ketika umur tanaman lebih dari 1 bulan. Lakukan penyiangan gulma dan pengendalian hama penyakit untuk mendapatkan hasil produksi yang tinggi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar