Skip to main content

5 Fitur Rahasia Google Search, Cari tahu disini

Penajam.Com | Bismillah. Sebagai salah satu perusahaan raksasa internet Google sangat cerdas dan jeli dalam memberikan pelayanan kepada pengguna internet masa sekarang. Beragam layanan yang ditawarkan oleh perusahaan ini juga sangat banyak dan beragam serta membuat pengguna internet sangat terbantu sekali. Namun ternyata banyak diantara kita selaku pengguna layanan tersebut belum menggunakan layanan dengan maksimal.
Layanan-layanan dari Google yang sangat familiar diantaranya Google Search, Google Images, Google Drive, Google Photos, Blogger, Gmail, Google Translate, Maps dan lainnya.
Kali ini penulis yang telah menggunakan internet sebagai salah satu cara bersilaturahmi dengan berbagai kalangan dan teman serta keluarga akan membahas fitur rahasia dan tersembunyi dari Google Search atau Google Penelusuran.
5 Fitur Rahasia Google Search
1. Bisa jadi kalkulator dadakan
Anda tidak salah baca kok. Google Search memang dapat dimanfaatkan salah satu fiturnya sebagai calculator online. Tentu saja terintegrasi dengan halaman pencarian Google. Caranya juga sangat mudah, cukup anda ketikkan perintah/keyword "calc" didalam kotak pencarian google atau di adress bar browser Chrome. Jika menggunakan browser lain, jika settingan tetap (default setting) mesin pencari pada browser yang digunakan adalah google maka secara otomatis akan menunjukkan hasil pencarian. Disini kita dapat memanfaatkan kalkulator untuk menghitung secara sederhana maupun agak sedikit "advance". Silahkan lihat hasil tangkapan layarnya dibawah ini.
2. Mau lihat nilai tukar mata uang dunia? Bisa.
Berapa nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika hari ini? berapa nilai tukar rupiah terhadap yuan Tiongkok? atau berapa nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing lainnya? Anda dapat dengan mudah menggunakan Google Search untuk mencari informasi tersebut.
Caranya cukup mudah, sama dengan cara sebelumnya yaitu dengan menggetikkan perintah "currency exchange" atau "currency converter" atau "currency converter google" pada kotak pencarian Google. Maka dengan cepat sesuai kecepatan akses internet yang anda gunakan akan muncul.
Keterangan gambar :

3. Lagi bosan browsing? Main game Pacman saja di Google Search.
Adakalanya ketika browsing maka kita akan dilanda dengan rasa jenuh. Mau nonton videoo di Youtube rasanya kok bosan juga, mau facebookan kok timeline itu saja. Maka salah satu solusi praktisnya bisa dengan bermain game online Pacman. Sebenarnya game klasik ini adalah pengembangan atau dibuat oleh perusahaan pihak kedua. Artinya Google selaku pihak pertama menggunakan/mengintegrasikan aplikasi Pacman ini di mesin pencarinya. Caranya mudah saja, dengan mengetikkan perintah "pacman" maka game ini akan muncul dengan seketika. Ketika kita menekan tombol "mainkan" (keterangan nomor 2) maka akan muncul secara otomatis dilayar anda game pacman yang dimaksud dan anda siap memainkannya pada browser anda.
4. Lihat jam dengan cara berbeda? Pakai Google
Iseng atau tidak, anda dapat menggunakan Google untuk melihat waktu/jam pada saat anda akses sekarang. Coba anda ketikkan di kotak pencarian Google dengan perintah "clock" atau "time", maka dengan seketika akan muncul jam yang sekarang berlaku di wilayah anda. Ya benar, diwilayah anda bahkan bonusnya Google akan memnuculkan hari, tanggal, waktu yang berlaku dan wilayah anda. Silahkan lihat gambar dibawah ini.
 5. Terjemahkan kalimat dengan cepat
Terkadang kita tiba-tiba ingin menerjemahkan suatu kalimat atau kata yang kita belum tahu baik dalam bahasa Inggris atau bahasa internasional lainnya. Coba gunakan Google Search. Caranya mudah kok. Keti saja di kolom pencarian "translate". Maka akan muncul kotak kecil seperti pada Google translate. Sebenarnya ini sepertinya sih Google translate dalam bentuk yang lebih sederhana dan langsung menyatu dengan pencarian Google.
Lihat gambar dibawah ini. Pada nomor 2 adalah pilihan bahasa yang akan diterjemahkan serta nomor 3 adalah tujuannya. Nomor 4 adalah tombol perpindahan bahasa yang diinginkan (dari bahasa yang telah dipilih). Terakhir nomor 5 adalah microphone yang digunakan untuk input suara yang akan diterjemahkan. Namun penulis belum mencobanya secara mantap apakah keterangan nomor 5 ini berjalan dengan baik atau tidak.


Demikian 5 fitur rahasia Google Search yang bakal bikin kalian semakin mudah dan seakin cerdas dalam bekerja didepan layar komputer.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar