Skip to main content

Manfaat buah Nanas bagi Kesehatan dan cara mengolahnya

Penajam.Com - Bismillah. Buah nanas merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Bauh ini sendiri dapat dengan mudah ditemukan pada pasar-pasar tradisional hingga super market besar di perkotaan. Selain cara mendapatkannya yang cukup mudah dan biayanya cenderung murah sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000 perbuahnya. Itupun setelah dikupas atau kita hanya perlu membeli dan bisa langsung dikonsumsi. Cara mengkonsumsinya bisa berbagai macam seperti dibuat campuran salad, dimasak menjadi acar hingga dibuat menjadi makanan tradisional seperti paceri nanas yang terkenal itu. Selain itu juga buah ini dapat dibuat jus. Ya jus buah nanas yang benar-benar terasa segar dan nikmat diminum, manfaatnya juga tidak kalah baiknya dibandingkan rasanya, seperti meremajakan sel-sel di dalam tubuh kita.
Photo by Jessica Lewis from Pexels
Ternyata dengan mengkonsumsi jus nanas sangat bermanfaat bagi anak-anak terutama untuk pertumbuhan tulang mereka, demikian juga untuk orang tua yang rajin mengkonsumsi jus nanas dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Kandungan nutrisi buah nanas yang sangat banyak, dengan kaya akan vitamin, protein, dan mineral penting yang lainnya, dengan kandungan lemak yang rendah dan juga rendah kalori, serta menyegarkan tubuh maka sangat cocok dikonsumsi di siang hari.

Cara mengolah nanas menjadi jus yang nikmat
Nanas dapat Kamu nikmati dalam bentuk jus. Berikut cara membuatnya:

  1. Langkah pertama siapkan bahannya yaitu sebuah nanas, gula pasir sebanyak 2 sendok teh, air sebanyak 3 buah cangkir dan es batu secukupnya.
  2. Langkah kedua adalah dengan memotong buah nanas tadi menjadi beberapa bagian, kemudian masukkan pada tabung blender. Lalu tambahkan air dan gula yang di dalam stoples (kamu juga bisa memakai madu sebagai pengganti gula).
  3. Langkah ketiga yaitu dengan memblender bahan-bahan itu sekitar 10 menit hingga merata. Apabila ternyata jus masih terlihat terlalu kental, maka dapat ditambahkan air secukupnya.

Sebagai catatan bahwa jus nanas dengan rasanya yang lumayan manis, sehingga bagi penderita penyakit diabetes agar tetap berhati-hati, dengan mengkonsumsinya secara tidak berlebihan. Pada umumnya jus nanas masih dianggap aman dan bergizi, tetapi dapat membuat tubuhhb menjadi dehidrasi (kekurangan cairan). Sehingga perlu untuk mengimbanginya dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup untuk kebutuhan tubuh. Selain itu, jus nanas ini sifatnya asam, sehingga bila tubuh terkena penyakit gastroesophageal reflux, maka menkonsumsi jus nanas (dalam keadaan tersebut) malah akan memperburuk kesehatan tubuh. So, hati-hati dalam mengkonsumsinya.

Cara mengolah nanas menjadi sayur tumis yang sedap
Bahan :
Buah nanas (usahakan yang masih segar);
Bawang bombay secukupnya;
Bawang putih 2 siung;
Gula secukupnya;
Garam secukupnya;
Minyak untuk menumis secukupnya;
Merica secukupnya.
Cara Membuat :

  1. Pertama potong-potong nanas menjadi bagian kecil, boleh juga sesuai selera. Bisa juga dipotong-potong/iris membulat. (Kalau saya biasanya dipotong kecil);
  2. Langkah kedua Bawang bombay dirajang kasar, demikian juga bawang putih;
  3. Ketiga tumis kedua bawang tersebut dengan sedikit minyak goreng, tumis hingga harum. Lalu masukkan nanas yang telah dipersiapkan tadi. Beri garam, gula dan merica, kemudian tes rasa jikalau sudah terasa sedap dan sesuia selera maka api dapat dimatikan.
  4. Siap dihidangkan sebagai sayuran pendamping makan pagi, siang atau malam. Jangan lupa udang teman-teman dan kerabat saudara anda hingga nikmatnya makin terasa.

Berbagai macam manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh manusia
Berikut ini beberapa manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh (imunitas tubuh)
Sistem imun tubuh yang baik, mencegah timbulnya penyakit seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, hingga yang sangat parah seperti penyakit bronkitis. Selain itu kandungan bromelain di dalam buah nanas dikenal sebagai zat anti kanker. Nanas mencegah kanker dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Nanas kaya akan kandungan bromelain. Pada penelitian yang dilakukan Queensland Institute of Medical Research menunjukkan hasil bahwa terdapat dua molekul penting yang ada pada kandungan bromelain, yakni CCS dan CCZ. CCS berfungsi untuk menahan protein Ras yang ditemukan pada 30 % penyakit kanker. Adapun CCZ berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, guna mengenali dan menghancurkan sel kanker. Keduanya molekul tersebut diyakini berkhasiat dalam mencegah perkembangan sel-sel tumor pada payudara, paru-paru, usus besar, ovarium, dan melanoma. Selain itu, kandungan bromelain dipercaya berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit dan dampak negatif setelah menjalani kemoterapi.

Kemudian, Nanas memiliki kandungan mangan yang sangat baik. Dimana mangan memiliki fungsi untuk menghambat radikal bebas. Nanas kaya akan vitamin C, yang merupakan salah satu antioksidan alami yang berkhasiat untuk menurunkan resiko kanker.

2. Kesehatan tulang
Kandungan Magnesium dan kalsium pada buah nanas bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat tulang dan juga jaringan ikat.

3. Kaya akan kandungan serat.
Pada buah Nanas juga memiliki kandungan serat yang penting untuk menyehatkan dan mengoptimalkan kerja usus, yang juga dapat mengobati cacingan dan menghilangkan (membuang) penumpukan racun yang ada di ginjal dan hati.

4. Kaya akan kandungan vitamin C
Buah nanas memiliki kandungan bromelain dan vitamin C yang tinggi, dengan kaya antioksidan, yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menyerang tubuh. Vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah penumpukan plak pada arteri atherosclerosis yang dapat menimbulkan penyakit jantung.

5. Mengatasi rasa nyeri.
Hal cukup unik bahwasannya jus nanas segar merupakan minuman yang sangat penting untuk para binaragawan, hal itu disebabkan dari kandungan bromelain yang didalamnya, yang bermanfaat untuk mengatasi sakit pada otot tubuh.
Sehingga buah nanas ini dapat dimanfaatkan untuk nyeri sendi, selain itu berperan dalam meminimalisir terjadinya pembekuan darah.

6. Kesehatan pencernaan
Jus nanas dapat Kamu manfaatkan untuk mengobati penyakit konstipasi, sembelit, dan juga rasa mual. Kemudian, mengkonsumsi nanas (dalam jumlah yang tidak berlebihan) memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, nanas mengandung serat, salah satu nutrisi sangat direkomendasikan untuk menjaga keteraturan usus. Enzim alami yang terkandung dalam jus nanas juga memainkan peran penting dalam peningkatan fungsi usus. Selain itu, kaya akan vitamin C membantu tubuh menjadi lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit. Jus nanas bertindak sebagai pencahar alami sehingga merupakan alternatif yang baik untuk stimulan aksatif yang dapat untuk mengatasi sembelit dan buah nanas adalah resep obat pencahar alami.

Untuk anak-anak yang menderita sembelit ringan, sebaiknya minum setengah cangkir jus nanas setiap pagi. Untuk orang dewasa dengan sembelit ringan, yang disarankan biasanya minum segelas jus nanas yang beberapa saat kemudian (5-15 menit) diikuti dengan minum segelas air. Enzim bromelain berperan dalam memecah protein dalam makanan, tujuannya agar makanan bisa dicerna dengan baik di dalam usus. Sehingga, tidak jarang nanas digunakan untuk melunakkan daging. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Clinical Immunology 2008 lalu, bahwa kandungan bromelain memiliki sifat anti inflamasi, yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan dan penyakit pada usus besar, seperti salah satunya cacingan.

7. Meredakan peradangan
Kandungan mromelain bisa berperan sebagai zat anti peradangan, anti pengentalan darah, dan anti kanker. Pada penelitian yang dilakukan para ahli, memberikan hasil bahwa mengkonsumsi nanas secara teratur dapat membantu melawan arthritis dan juga masalah pencernaan. Kandungan bromelain sering dimanfaatkan dalam mengatasi masalah peradangan pada kulit. Seperti untuk mengobati memar di tubuh, kesleo, mengurangi bengkak, serta dapat mengurangi rasa sakit yang diderita.

8. Mencegah Asma
Nanas merupakan sumber yang baik dari beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A aktif selama proses pencernaan di dalam tubuh. Sejumlah studi menunjukkan bahwa kandungan beta karoten bermanfaat untuk mengurangi risiko asma akibat olahraga. Tetapi penelitian ini masih dalam tahap awal.

9. Kesehatan jantung
Memperlancar kerja jantung dan mengurangi terjadinya pembekuan darah dalam aliran darah.
Sejumlah penelitian, seperti di Finlandia dan China, masing-masing penelitian menunjukan hasil bahwa asupan vitamin C yang mencukupi untuk tubuh bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

10. Menyegarkan tubuh
Buah nanas ini sangat menyegarkan tubuh, terutama di siang hari, sembari menghilangkan lelah dan jenuh setelah bekerja seharian.

Photo by Pineapple Supply Co. from Pexels
11. Menjaga kesehatan gusi
Kandungan vitamin C yang tinggi berfungsi untuk menurunkan resiko peradangan gusi, dan juga penyakit lainnya yang berhubungan dengan gusi.

12. Meminimalisir penyakit sinusitis
Salah satu gejala sinusitis yaitu hidung tersumbat oleh lendir yang tidak bisa dikeluarkan, yang hal itu mengakibatkan tubuh mengalami pilek yang terus menerus . Sinusitis berbeda dengan influenza, dimana kondisi sinusitis yaitu lendir yang menyumbat hidung yang teperangkap di dalam sebuah rongga sehingga sulit dikeluarkan sehingga sangat sulit di keluarkan. Pada beberapa kasus yang terjadi, penderita sinusitis perlu melakukan operasi untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat jalanya pernafasan di jalur hidung.
Buah nanas bisa berperan dalam meminimalisir masalah sinusitis ini. karena buah nanas mengandung enzim yang berfungsi mencerna protein yaitu enzim bromelain, yang berkhasiat sebagai anti inflamasi. Enzim tersebut bermanfaat untuk mengurangi lendir dan peradangan sinus.

13. Penyembuhan infeksi dengan cepat
Terdapat kandungan di dalam nanas yang bersifat sebagai anti-inflamasi, yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi dan luka dengan lebih cepat.

14. Untuk kesuburan pria dan wanita
Jus nanas memiliki kandungan penting beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin C, beta karoten, tembaga, seng, dan folat. Yang kandungan tersebut memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Walaupun terdapat bukti hanya berupa “anekdot” bahwa jus nanas memiliki manfaat dalam seksualitas, akan tetapi belum ada bukti ilmiah untuk mendukung teori ini.

15. Kandungan vitamin B1 di dalam buah nanas berfungsi untuk mengubah gula darah menjadi energi.

16. Pencegahan Katarak
Vitamin C memainkan peran yang penting dalam masalah kesehatan mata. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin C berkhasiat untuk mengurangi risiko katarak. Para ahli bahkan tidak sedikit menyarankan untuk mengkonsumsi kandungan vitamin C ini sebagai pencegahan utama dari bahaya resiko katarak. Vitamin C secara umum bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah degenerasi manula.

Demikian 13+ manfaat buah nanas, cara mengolahnya menjadi jus yang nikmat dan sayuran yang sedap serta manfaat luar biasanya bagi tubuh dan bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar