Skip to main content

Fungsi aplikasi Notepad pada Windows

Penajam.Com - Bismillah. Sebagian besar dari kita yang telah lama menggunakan sistem operasi Windows pastilah mengenal aplikasi bawaan Windows yaitu Notepad. Sebuah aplikais portabel yang sangat berguna bagi pengguna yang mengetahuinya. Kalau pengguna awam biasanya menggunakan notepad ini hanya sekedarnya saja semisal membuat catatan kecil sewaktu rapat, membuat daftar atau list belanja dan lain sebagainya.

7+ fungsi aplikasi Notepad pada Windows (Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10)

1. Notepad sebagai Buku Catatan Digital – Anda dapat menggunakan notepad Buku Catatan Digital dan secara otomatis memasukkan tanggal dan informasi waktu untuk setiap baris yang Anda ketik di notepad. Sebagai contoh buka file notepad baru ketik .LOG dibagian atas
Kemudian ketikkan beberapa baris seperti contoh diatas dan simpan. Buka file tersebut dan akan melihat tanggal dan waktu di setiap baris teks notepad. Atau Anda dapat menambahkan waktu secara manual dengan menekan tombol F5.

2. Notepad sebagai HTML Stripper – idealnya teks pada halaman sebuah web yang diformat khusus untuk jenis font, warna, ukuran, elemen desain dan gambar. Dengan notepad Anda dapat menggunakan untuk mengedit komponen teks nya saja. Anda tinggal mengcopy dari kode HTML dan anda paste di notepad yang kemudian dapat Anda simpan untuk digunakan lagi di lain waktu.

3. Notepad sebagai penghemat biaya mencetak dokumen – Anda dapat menyalin sebuah dokumen yang besar tetapi terdapat banyak sekali elemen-elemen gambar dimana yang Anda butuhkan hanya tulisan teks saja. Dimana Anda dapat mengirit dari segi tinta, kertas dan tentu saja uang Anda. Bagaimana menarik bukan ?

4. Notepad sebagai HTML Creator – Notepad dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah file / halaman website. Dengan mengetikkan perintah dasar HTML kemudian menyimpannya dengan ekstension .html Anda sudah mempunyai 1 file halaman website

5. Notepad sebagai pembuat script baik maupun script jahat – Notepad merupakan editor teks yang sederhana yang dapat digunakan untuk membuat script yang kompleks. Anda dapat membuat script yang jahat seperti script memformat harddisk maupun script untuk menshutdown PC Anda. Hati-hati ya dalam menggunakannya.

6. Notepad sebagai Teks Replacer – Notepad dapat digunakan Anda untuk mengganti sebuah kata di dalam suatu tulisan. Misal Anda ingin mengganti kata ‘Microsoft’ dengan kata ‘Yahoo’, Anda bisa mengcopy tulisan Anda di notepad kemudian untuk mengganti Anda tekan Ctrl + H. Lihat caranya dibawah ini.


7. Notepad sebagai Jalan Pintas Windows Explorer – Terkadang ada beberapa file yang tidak dapat dihapus. Anda dapat mencoba menggunakan notepad sebagai jalan pintas pengganti windows explorer untuk menghapus file tersebut. Anda bisa mencoba File > Open > pada type file pilih All. Anda tinggal mencari file yang ingin dihapus. Silahkan dicoba ya.

8. Notepad sebagai aplikasi yang terkadang lucu – Notepad juga satu aplikasi yang lucu karena kurang sempurna. Coba Anda buka file notepad kemudian ketikkan this app can break. Setelah Anda simpan silahkan buka file tersebut, ada sesuatu yang hilang bukan?

9. Notepad sebagai alat kreatif desainer – Notepad terkadang dapat digunakan untuk mendesain dengan berbasis teks. Silahkan Anda coba ketikkan frvrx dengan format ukuran font 72px, jenis font Wingdings.  Dan hasilnya seperti gambar di bawah ini .
10+ Fungsi aplikasi Notepad pada Windows
Silahkan ditambahkan ya teman-teman. Mungkin saja diantara kita masih ada yang menggunakan notepad untuk keperluan lainnya. Pesan kami bahwa aplikasi ini sangat bagus sekali dalam menunjang pekerjaan kita. Jadi gunakan dengan bijak dan ambil manfaat atau kegunaan aplikasi notepad di windows ini untuk kebaikan. Selamat mencoba
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar