mengikat ilmu dengan menulis dan membagikannya

Cara membuat file PDF dengan mudah







Assalamualaikum Warohmatullahi Wa Barokatuh. Selamat Datang di Blog Penajam.

Pengantar


Mungkin ada diantara kita bahkan disebagian besar kita belum mengetahui bahwa file PDF dapat dibuat menggunakan aplikasi atau software tertentu yang telah dirancang untuk membuat file PDF atau mengubahnya dari suatu format file menjadi format file PDF?.
Beberapa cara membuat file PDF-dengan MS Office
Pada tulisan sebelumnya telah dibahas pengertian fungsi dan atau kegunaan file PDF. Postingan atau tulisan berikutnya adalah bagaimana cara membuat file PDF itu sendiri. Jika mau membahas secara mendalam banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat atau mengubah suatu format file menjadi format file PDF. Sebagai contoh : mengubah format file microsoft office .doc, microsoft office .docx, microsoft office .xls, microsoft office .xlsx, microsoft office .ppt, microsoft office .pptx, format .xps, open office dan libre office .odt, .ods, .odp serta format file gambar/citra (.jpg, .png, .tiff dan sebagainya).

Format-format file diatas bisa diubah menjadi format PDF dengan aplikasi tertentu. Sebagai contoh : Format Office (.doc, .docx, .odt, .wps dan sebagainya) bisa diubah melalui aplikasi bawaan. Sejauh penulis alami untuk Microsoft Office sendiri telah mengintegrasikan dalam aplikasi Office bawaannya agar dapat mengubah file format mereka menjadi PDF. 

Bagaimana cara membuat file PDF

Membuat file PDF dapat dilakukan secara offline maupun online. Jika dilakukan secara offline maka menggunakan aplikasi tertentu seperti yang dijelaskan diatas. Sebaliknya jika dilakukan secara online maka menggunakan aplikasi tertentu yang dimiliki website penyedia aplikasi online tersebut. Ada banyak sekali aplikasi online yang bisa digunakan untuk membuat file PDF namun disini akan dibatasi beberapa saja dengan beberapa keterangan gambar.


Membuat file PDF secara offline
 

1. Menggunakan Microsoft Office
Microsoft Office versi 2007, 2010, 2013 serta 2016 bisa mengubah file Office yang kita kerjakan menjadi file PDF. Untuk versi Microsoft Office 2007 kebawah belum bisa mendukung untuk menyimpan dan mengkonversi file office menjadi PDF. Cara kerjanya sangat mudah dan menyenangkan. Silahkan dibaca cara menggunakannya.
Untuk mengekspor atau menyimpan sebagai PDF, di file Office Anda, pada menu File, klik Ekspor atau Simpan Sebagai(PDF). Untuk melihat petunjuk langkah demi langkah, pilih program Office dari daftar drop-down.
Untuk Office 2007 agak berbeda sedikit yaitu dengan cara : Klik Tombol Microsoft Office, arahkan ke panah di sebelah Save As, lalu klik PDF atau XPS. Dalam daftar Nama File, ketik atau pilih nama untuk dokumen. Di daftar Simpan sebagai tipe, klik PDF. Jika Anda ingin membuka file segera setelah menyimpannya, pilih kotak centang Buka file setelah penerbitan. Kotak centang ini hanya tersedia jika Anda memiliki aplikasi pembaca PDF yang telah terinstal di komputer Anda. Di samping Optimalkan untuk, lakukan salah satu dari yang berikut, tergantung pada apakah ukuran file atau kualitas cetak lebih penting bagi Anda: Jika dokumen memerlukan kualitas cetak tinggi, klik Standar (menerbitkan online dan pencetakan). Jika kualitas cetak kurang penting daripada ukuran file, klik Ukuran minimum (publikasi online). Klik Opsi untuk mengatur rentang halaman yang akan dicetak, untuk memilih apakah markup harus dicetak, dan untuk memilih opsi output. (Temukan tautan ke informasi lebih lanjut tentang opsi-opsi ini di bagian Lihat Juga.) Klik OK. Klik Publikasikan.
Jenis-jenis file yang dapat Anda simpan sebagai PDF tergantung pada platform. Misalnya, dari komputer Windows, Anda dapat menyimpan dokumen Word, buku kerja Excel, presentasi PowerPoint, Publikasi, atau gambar Visio. Untuk melihat opsi file untuk platform lain, pilih tab untuk platform itu. Pada komputer Windows, Anda dapat menyimpan file Anda sebagai PDF yang ditandai dengan mengikuti langkah-langkah ini. 
MS Office 2016 
Untuk MS Office 2016 anda bisa memilih Tab File lalu pilih Save As dan silahkan lokasi penyimpanan file tersebut. Di kotak dialog Simpan Sebagai, pilih PDF di daftar Simpan sebagai pilihan yang diinginkan. Klik Opsi, pastikan kotak centang struktur Dokumen untuk aksesibilitas dipilih, lalu klik OK/Save
MS Office 2013 
Klik tab File, lalu klik Save As. Di bawah Pilih Lokasi, pilih di mana Anda ingin file disimpan. Di bawah Pilih Folder, pilih folder yang sudah Anda gunakan atau klik Browse for Additional Folders untuk memilih folder yang berbeda. Di kotak dialog Simpan Sebagai, klik tanda panah di daftar Simpan sebagai tipe, lalu klik PDF. Klik Opsi. Pastikan bahwa kotak centang struktur dokumen untuk aksesibilitas dipilih, dan kemudian klik OK. Klik Save/Simpan.  
MS Office 2010 
Klik tab File, lalu klik Save As. Di kotak dialog Simpan Sebagai, klik tanda panah di daftar Simpan sebagai tipe, lalu klik PDF. Klik Opsi. Pastikan bahwa kotak centang struktur dokumen untuk aksesibilitas dipilih, dan kemudian klik OK. Klik Simpan/Save.

2. Menggunakan Libre Office (coming soon)
3. Menggunakan WPS Office (coming soon)
4. Menggunakan aplikasi lain (coming soon)

Membuat file PDF secara online
1. Menggunakan browser (coming soon)
2. Menggunakan aplikasi/website (coming soon)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara membuat file PDF dengan mudah