mengikat ilmu dengan menulis dan membagikannya

PDF Pengertian dan Fungsi Kegunaannya






Assalamualaikum warohmatullahi wa barokatuh. Selamat Datang di Blog Penajam.

Berbicara mengenai jenis format file yang biasa kita gunakan, maka kita takkan sekalipun lepas dengan yang namanya file format PDF. Lalu apakah file PDF tersebut, apa saja kegunaannya dan bagaimana cara membuatnya. Mari bersama-sama kita membahasnya dibawah ini.
Pengertian Istilah PDF

Pengertian PDF

Apa sih PDF itu?.Mungkin sebagian bahkan kebanyakan kita bertanya demikian. Biasa menggunakan namun kurang memahami maksudnya. Penulis akan memberikan beberapa bagian pembahasan mengenai pengertian dari PDF. PDF yang dimaksud disini adalah kepanjangan dari Portable Document Format atau format dokumen ringkas sebuah format file yang dibuat oleh Perusahaan Aplikasi Digital Amerika Serikat yaitu Adobe System. Format PDF ini sangat terkenal dalam dunia digital sebagai alat bantu digital untuk melakukan pertukaran informasi digital antar pengguna seperti untuk melakukan presentasi secara umum, sosialisasi program dengan menggunakan dokumen berupa teks, huruf dan grafik vektor dalam gambar dua dimensi. Selain itu biasanya format PDF juga digunakan untuk mempresentasikan hasil karya tersebut dalam bentuk buku elektronik (ebook). Format PDF sangat didukung oleh banyak aplikasi baik gratis ataupun berbayar untuk membukanya. Sebagai contoh aplikasi tersebut adalah Adobe Reader buatan Adobe System, STDU Viewer, Sumatra PDF dan aplikasi sejenis lainnya.

Fungsi/Kegunaan PDF

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa fungsi atau kegunaan PDF adalah membantu antar pengguna untuk berbagi file digital, bertukar informasi, melakukan presentasi dan lain sebagainya. Dalam era digital sekarang ini, PDF sangat penting digunakan. Sebagai contoh bila suatu perusahaan ingin memberikan informasi seputar perusahaannya namun si penerima tidak dengan mudah mengubah informasi tersebut, maka biasanya digunakan file PDF. Pada umumnya memang PDF tidak dapat diedit dengan mudah terkecuali menggunakan software atau aplikasi yang memang dirancang untuk mengedit PDF tersebut. Sama halnya dengan aplikasi yang digunakan untuk membaca atau membuka PDF, ada banyak sekali aplikasi atau software yang dapat digunakan untuk mengedit PDF baik yang gratis maupun berbayar. 
Selain digunakan untuk berbagi informasi, PDF juga merupakan salah satu format file yang sangat populer dari pengguna komputer atau PC hingga gadget canggih (smartphone) seperti yang banyak sekali beredar sekarang. 

Cara membuka file PDF

Setelah kita mengerti sedikit mengenai pengertian serta fungsi file dengan format PDF, maka kita akan bertanya dengan aplikasi apa kita membuka file PDF?. Sedikit telah dijelaskan diatas yaitu dengan menggunakan aplikasi Acrobat Reader dan aplikasi sejenis. Pengalaman penulis sendiri bahwa menggunakan aplikasi buatan Adobe System yaitu Adobe Reader sangat memakan resource memory komputer atau Laptop kita. Dengan adanya permasalahan kecil ini maka ada baiknya kita menggunakan aplikasi alternatif yang bagus dan powerful seperti Sumatra PDF, STDU Viewer dan sejenisnya. Terkecuali jika komputer atau laptop yang kita gunakan menggunakan memory (RAM) yang besar sekali atau prossesor yang agak kencang, maka aplikasi Adobe Reader dan yang sejenis kemungkinan akan lancar saja dalam penggunaannya.
Secara teknis, bagi pengguna OS Windows dan selainnya seperti Linux atau OSX ketika mendapatkan aplikasi dengan format file PDF maka akan langsung dikenali oleh OS kita tersebut. Sebagai contoh pada gambar dibawah ini dan kebetulan saya menggunakan aplikasi Sumatra PDF yang ringan dan bagus sekali untuk pengguna komputer dengan resource memory yang tidak terlalu besar. Keterangan gambar atau perbesar gambar silahkan lihat dibawah.

Cara-Membuka-File-Format-PDF

Keterangan Gambar :

  1. File dengan Format PDF langsung dikenali dengan aplikasi yang ada.
  2. Bisa dibuka dengan aplikasi lain.
  3. Aplikasi yang telah terinstall bisa dipilih.
Sekian dan terima kasih telah membaca ulasan diatas. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua pengunjung blog ini. Assalamualaikum Warohmatullahi Wa Barokatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PDF Pengertian dan Fungsi Kegunaannya