mengikat ilmu dengan menulis dan membagikannya

Trik Windows : Alternatif Disk Cleaned Up Windows






Assalamualaikum. Selamat datang di Blog Penajam.

Hari ini saya browsing menggunakan google chrome dan mencoba membuka dashboard blogger milik saya, ternyata ada beberapa kata kunci yang diketikkan oleh pengguna internet dan menyasar ke blog saya alias blog saya pada saat itu berasa di halaman pertama dan urutan pertama halaman pencarian google (page one).  Ah sudahlah itu hanya keberuntungan saja menurut saya (padahal dalam hati Alhamdulillah, hehehe...).

Pengantar

Cerita tentang browsing diawal tadi bahwa kabarnya kedepannya Perusahaan piranti lunak Microsoft akan menghilangkan fungsi disk cleaned up di Windows 10. Seperti yang kita ketahui bahwa disk cleaned up adalah salah satu tools (alat bantu) di Windows yang digunakan untuk mengoptimasi Windows itu sendiri. Tugas utama dari disk cleaned up adalah untuk membersihkan file-file yang tidak kita butuhkan seperti  file-file atau berkas sampah, file-file sementara dan file lainnya yang dapat menggangu kinerja sistem operasi windows kita. Dengan melakukan optimasi pada Windows yang kita gunakan maka akan sangat mempengaruhi kinerja Windows tersebut seperti kecepatan minimal akan stabil pada saat kita membuka aplikasi-aplikasi office dan lain sebagainya. 

aplikasi bersih-bersih disk cleaned up di Windows 10

Disk Cleaned Up di Windows 10 akan segera dihilangkan beritanya disini dan disini.

Aplikasi alternatif Disk Cleaned Up

Ada beberapa aplikasi alternatif yang penulis ketahui dan pernah penulis coba secara langsung sebagai tools yang dapat digunakan untuk menggantikan secara sementara ataupun permanen dari aplikasi optimasi windows yaitu disk cleaned up. Aplikasi-aplikasi tersebut  memiliki lisensi freeware dan open source

1. Bleachbit
Aplikasi pertama yang penulis rekomendasikan sebagai pengganti disk cleaned up di Windows adalah Belachbit. Sebuah aplikasi opensource yang sangat baik dalam hal penggunaannya. Aplikasi ini bisa diperoleh pada situs penyedianya secara langsung. Tersedia untuk sistem operasi Linux dan Windows. Pada saat tulisan ini dimuat telah terbit dan dapat diunduh dalam versi 2.0. 
Tersedia dalam bentuk aplikasi yang terinstall dan portabel. Silahkan dilihat pada situs resminya disini. Untuk penampakan aplikasi ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



2. CCleaner
Aplikasi kedua adalah CCleaner buatan Perusahaan software Piriform. Aplikasi ini adalah aplikasi gratis dan juga tersedia aplikasi berbayar dengan melakukan upgrade dan melakukan sejumlah pembayaran. Aplikasi ini boleh dikatakan lebih lengkap dari bleachbit karena memiliki banyak fitur yang tidak ada di bleachbit dan disk cleaner milik Windows.

Penulis sendiri telah menggunakan aplikasi ini sejak lama. Kurang lebih sekitar 5 tahun. Apalagi ketika penulis masih menggunakan Windows XP dulu kemudian penulis sempat vakum dan menggunakan Linux Ubuntu dan turunannya seperti Kubuntu, Lubuntu, Xubuntu serta Linux Mint dengan variannya. Namun sekarang penulis telah berusaha menggunakan Windows dengan lisensi asli dan bukan bajakan (istilahnya Windows Pak Tani).


ccleaner aplikasi alternatif disk cleaner di windows


Detail dari aplikasi satu ini mungkin akan dibahas tersendiri. Yang jelas aplikasi ini bagus namun diperlukan juga kehati-hatian dalam penggunaannya karena bisa saja salah menggunakan bisa mengakibatkan file kita menjadi hilang seperti yang penulis alami beberapa tahun lalu. Untuk aplikasi ini sendiri dapat diunduh pada website resmi CCleaner.

Penutup

Mungkin hanya ini sedikit penjelasan yang dapat penulis lakukan. Semoga bermanfaat informasi ini. Penulis berharap para pengunjung dan pembaca blog ini dapat terinspirasi untuk melakukan hal-hal yang baik.
Assalamualaikum.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Trik Windows : Alternatif Disk Cleaned Up Windows