Skip to main content

10 Tanaman Herbal Bermanfaat Bagi Tubuh Manusia

Penajam.Com | Bismillah. Tanaman herbal adalah tanaman yang memiliki khasiat untuk mencegah atau mengobati berbagai penyakit, tanpa efek samping yang berbahaya. Tanaman herbal juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit, rambut, dan tubuh secara alami. Berikut adalah daftar 25 tanaman herbal yang bisa kamu temukan di sekitar kita:

10 Tanaman Herbal Bermanfaat Bagi Tubuh Manusia

1. Mengkudu

Mengkudu adalah buah yang rasanya pahit, tapi manfaatnya manis. Mengkudu bisa membunuh bakteri jahat, melancarkan peredaran darah, mencegah kanker, dan mengatasi radang lambung dan usus. Mengkudu juga bisa membuat kulitmu bersinar cerah dan kencang, seperti artis Korea Selatan. Caranya, kamu tinggal minum jus mengkudu setiap hari. Tapi jangan lupa sikat gigi setelahnya, karena baunya agak menyengat.

2. Kunyit

Kunyit adalah bumbu dapur yang sering digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan. Kunyit juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menghilangkan bau badan, melancarkan menstruasi, meredakan demam, dan mencerahkan kulit. Kunyit juga bisa dijadikan jamu kunyit asam, yang bisa menyehatkan lambung dan meredakan nyeri saat haid. Kunyit juga bisa dijadikan masker wajah, tapi hati-hati jangan sampai terkena mata atau baju, karena warnanya susah hilang.

3. Temulawak

Temulawak adalah saudara dekat kunyit, tapi bentuknya lebih besar dan bulat. Temulawak juga memiliki warna lebih jingga dari kunyit. Temulawak mengandung kurkumin, kalium, dan kalsium yang bisa meredakan peradangan, mencegah penggumpalan darah, menambah nafsu makan, mengurangi pegal-pegal, mengatasi maag, kembung, diare, dan sakit jantung. Temulawak juga bisa dijadikan jamu temulawak, yang rasanya lebih enak dari jamu kunyit asam.

4. Kencur

Kencur adalah tanaman yang sering dijadikan jamu untuk meredakan masuk angin dan gejala flu. Kencur juga bisa mengatasi perut sakit akibat diare, mencegah batu ginjal, dan meredakan terkilir. Caranya, kamu tinggal rebus kencur yang sudah dihaluskan dengan air dan gula jawa. Minum air rebusan kencur hangat-hangat sambil dibarengi dengan kompres hangat pada bagian tubuh yang terkilir.

5. Jahe

Jahe adalah tanaman yang rasanya pedas dan hangat. Jahe bisa membantu menghangatkan tubuh saat cuaca dingin atau basah. Jahe juga bisa meredakan batuk, pilek, sakit kepala, mual, dan nyeri otot. Jahe juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan metabolisme tubuh. Jahe bisa dikonsumsi dengan cara direbus dengan air dan gula jawa atau madu. Jahe juga bisa ditambahkan ke dalam teh atau susu hangat.

6. Pala

Pala adalah buah yang biasa dijadikan bumbu masakan atau manisan. Pala juga memiliki biji yang bisa digunakan untuk meredakan masuk angin, gangguan pencernaan, dan sakit perut. Pala juga bisa membantu memperbaiki daya ingat dan konsentrasi dengan cara merangsang saraf otak. Pala juga bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara membunuh bakteri berbahaya di dalam mulut. Caranya, kamu tinggal parut biji pala dan campur dengan minyak oregano lalu oleskan pada gigi dan gusi.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah buah yang sangat kaya akan vitamin C. Jeruk nipis bisa mengatasi radang tenggorokan, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati batu ginjal, amandel, vertigo, ambeien, panu, dan mengencerkan dahak. Caranya, kamu tinggal peras jeruk nipis lalu campur dengan air hangat atau madu lalu minum secara rutin.

8. Daun Dewa

Daun dewa adalah tanaman yang memiliki warna keunguan pada sisi luarnya. Daun dewa memiliki nama latin Gynura divaricata dan sudah banyak dibudidayakan di Indonesia karena manfaatnya bagi kesehatan. Daun dewa bisa mengobati diabetes melitus dengan cara menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Daun dewa juga bisa menyembuhkan luka dengan cara mempercepat proses penyembuhan kulit dan mencegah infeksi bakteri pada luka.

9. Sambiloto

Sambiloto adalah tanaman herbal yang populer di Indonesia karena khasiatnya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sambiloto memiliki nama latin Andrographis paniculata dan memiliki rasa pahit yang khas. Sambiloto bersifat imunostimulan dengan membantu tubuh untuk menghasilkan sel darah putih untuk menangkal berbagai patogen yang membahayakan.

10. Seledri

Seledri adalah sayuran hijau yang biasa digunakan untuk menambah aroma masakan atau sebagai salad. Seledri memiliki nama latin Apium graveolens dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Seledri bisa membantu mengobati asam urat dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam darah dan ginjal. Seledri juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara melebarkan pembuluh darah.


Efek Samping tanaman herbal

Penggunaan tanaman herbal dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Sebelum menggunakan obat herbal, sebaiknya pasien berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter yang merawat. Produk herbal harus melalui uji klinis terlebih dahulu untuk membuktikan keamanannya secara ilmiah. Obat-obatan ini juga harus melalui uji dosis, cara penggunaan, efektivitas, pemantauan efek samping, dan interaksinya dengan senyawa obat lain.

Demikianlah artikel tentang 10 Tanaman Herbal Bermanfaat Bagi Tubuh Manusia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda tentang manfaat tanaman herbal bagi kesehatan tubuh manusia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar