Skip to main content

Buah-buahan asli Indonesia. Berikut daftarnya.

Penajam.Com | Bismillah. Dalam bahasa sehari-hari, “buah” cenderung diartikan sebagai bagian dari tumbuhan yang memiliki daging buah, bisa dimakan, rasanya manis atau asam. Oia, apakah kalian suka makan buah-buahan? Saya sangat suka! Buah-buahan tidak hanya lezat, tapi juga sehat dan bermanfaat untuk tubuh kita. Tapi tahukah kalian bahwa ada banyak buah-buahan yang asli dari Indonesia? Ya, bukan dari negara lain, tapi dari tanah air kita sendiri! Buah-buahan ini memiliki rasa, bentuk, dan warna yang unik dan menarik. Mau tahu apa saja buah-buahan asli Indonesia? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Buah-buahan asli Indonesia. Berikut daftarnya.

1. Salak. Kalian pasti pernah melihat buah yang satu ini. Ya, buah ini bernama salak dan memiliki kulit yang bersisik seperti kulit ular, tapi jangan takut! Dibalik kulitnya yang kasar, terdapat daging buah yang renyah dan manis. Salak biasanya berwarna coklat atau kuning, dan memiliki biji yang keras di tengahnya. Salak banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali bahkan di Pulau Kalimantan ada juga pohon salak.

2. Durian. Buah yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Durian memiliki kulit yang berduri dan berwarna hijau atau kuning. Daging buahnya berwarna putih atau kuning, dan memiliki aroma yang kuat dan khas. Ada yang suka durian, ada juga yang tidak tahan dengan baunya. Durian banyak ditemukan di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Tapi adakah diantara kalian yang tidak uka dengan buah durian?.

3. Rambutan. Buah yang memiliki semacam rambut atau bulu, nama buah ini adalah rambutan. Buah yang satu ini memiliki kulit yang berbulu dan berwarna merah atau kuning. Daging buahnya berwarna putih dan lembut, dan memiliki biji yang licin di tengahnya. Rambutan biasanya dimakan segar atau dibuat manisan. Rambutan banyak ditemukan di daerah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

4. Manggis. Buah yang satu ini memiliki kulit yang tebal dan berwarna ungu tua. Daging buahnya berwarna putih dan terbagi menjadi beberapa bagian. Manggis memiliki rasa yang manis dan asam, dan sering disebut sebagai ratu buah tropis. Manggis banyak ditemukan di daerah Sumatera, Jawa, dan Bali. Sudahkah kalian makan buah manggis hari ini?

5. Duku. Buah yang satu ini memiliki kulit yang tipis dan berwarna hijau atau kuning muda. Daging buahnya berwarna putih dan agak transparan, dan memiliki biji yang kecil di tengahnya. Duku memiliki rasa yang manis dan harum, dan sering dimakan segar atau dibuat selai. Duku banyak ditemukan di daerah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Sepertinya walaupun banyak ditemukan namun jarang di makan buah yang satu ini. Kalau kalian suka dengan buah ini?

Manfaat buah-buahan

Buah-buahan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan hewan sebagai salah satu sumber makanan. Buah sering kali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri karena di dalamnya disimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid.

Nah, itu dia lima buah-buahan asli Indonesia yang bisa kalian coba. Tentunya masih ada banyak buah-buahan lainnya yang berasal dari Indonesia, seperti pisang, jeruk, nangka, belimbing, dll. Semua buah-buahan ini merupakan anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri dan nikmati. Selain itu, dengan mengonsumsi buah-buahan lokal, kita juga bisa mendukung petani dan perekonomian Indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Ayo makan buah-buahan asli Indonesia! (dari berbagai sumber)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar