Just writing about life because writing is sharing

Trik Windows : Cara mengatasi error pada flash disk di Windows

cara mengatasi error pada flash disk



Selamat datang di blog Penajam Sebagai pengguna teknologi masa kini tentu tidak asing dengan benda yang bernama USB FDD atau jika dipanjangkan menjadi Universal Serial Bus Flash Disk Drive. Biasa masyarakat umum menyebutnya dengan nama flash Disk saja. Benda kecil namun dengan kapasitas yang sangat bervariasi. Dahulu kal pertama kali diperkenalkan kapasitas penyimpanannya sekitar 256 Mb hingga 1 Gb. Namun sekarang kapasitasnya telah diupgrade/dinaikkan hingga 256 Gb. Besar sekali bukan? 


cara mengatasi error di windows 7 8 10

Dibawah ini adalah salah satu contoh gambar flash disk mas kini. Sekilas bentuknya besar dengan kapasitas lumayan besar.

Cara atasi flash disk error windows



Berbicara tentang flash disk maka biasanya kita akan membicarakan beberapa hal salah satunya adalah kerusakan tiba-tiba atau biasa kita menyebutnya error. Apakah anda pernah mengalami hal ketika anda mencoba mencolokkan USB flash disk maka windows yang anda gunakan tiba-tiba mendeteksi bahwa terdapat error di flash disk anda tersebut?. Jika anda menjawab ya, maka inilah langkah-langkah praktis dan sederhana dalam mengatasi error pada flash disk tersebut.
  • Langkah pertama tentu saja anda jangan panik apalagi melakukan hal lain seperti kecewa hingga stress karena merasa bahwa flash disk anda tiba-tiba saja error karena sebelumnya tidak terjadi apa-apa. Kalimat singkatnya adalah jangan berprasangka negatif namun berprasangka positif saja.
  • Langkah kedua adalah ikuti saja saran dari OS Windows yang anda gunakan. Biasanya ketika windows mendeteksi error tersebut maka solusi praktisnya adalah melakukan pemeriksaan (checking) dan perbaikan pada error (fixing) tersebut.
  • Langkah ketiga yaitu sembari menunggu windows melakukan pemeriksaan dengan deteksi (scanning), maka anda harus santai dan sabar menunggu karena proses sedari pemeriksaan (checking & scanning) serta perbaikan (fixing) memerlukan waktu yang tidak terlalu lama. Proses ini memerlukan waktu sekitar 1 (satu) hingga 5 (lima) menit. Tidak juga terlalu lama khan jika dibandingkan dengan kepanikan anda karena ketidaktauan anda akan hal ini.

Sebagai gambaran proses yang saya maksud diatas, maka anda dapat memperhatikan gambar dan keterangan dibawah ini.

Trik Windows : Cara mengatasi error pada flash disk di Windows
Gambar 1. Saran untuk melakukan scanning dan fixing

Trik Windows : Cara mengatasi error pada flash disk di Windows
Gambar 2. Proses pertama

Trik Windows : Cara mengatasi error pada flash disk di Windows
Gambar 3. Proses scanning dan repair sedang berlangsung

Trik Windows : Cara mengatasi error pada flash disk di Windows
Gambar 4. Proses perbaikan selesai


Setelah semua proses dilalui, maka saatnya anda menggunakan USB flash disk atau flash disk tersebut untuk membantu melakukan perpindahan file pada satu komputer menuju komputer lainnya, atau hanya ingin melakukan duplikasi (copy) file mp3 (yang legal yah...) untuk diputar pada komputer/PC lainnya. Dan masih banyak kegunaan lainnya. Selamat mencoba semoga berhasil. Salam sukses. Jangan lupa bagikan diberanda media sosial anda agar orang lain dapat terbantu. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Trik Windows : Cara mengatasi error pada flash disk di Windows