Skip to main content

Teh Tawar Sehat dan Nikmat Resep Lengkap

Penajam.Com | Bismillah. Bagi sebagian penikmat teh, mencoba varian minuman teh menjadi hal yang sangat menantang. Varian teh yang banyak sekali beredar di negara kita bisa menjadi tantangan seru tersendiri. Varian teh yang sering kita temui dari yang paling mudah adalah teh tawar, selanjutnya adalah teh manis, teh dengan campuran es batu yang sangat segar kata sebagian orang dan varian lainnya. Masing-masing orang dan para penikmat teh memiliki pandangan tersendiri serta selera masing-masing dalam hal menikmati teh tersebut. Sajian minuman teh sangat cocok dinikmati pada pagi hari ataupun pada sore hari. Di Indonesia sendiri biasanya ada teman berupa camilan dan lain sebagainya sebagai pendamping minum teh.

Tehtawar sehat dan nikmat

Menurut informasi bahwa teh merupakan tanaman dengan khasiat obat. Pohon teh mempunyai ciri-ciri tegak, berkayu, batang bercabang, ujung ranting dan daun muda. Pohon teh memiliki daun tunggal, batang pendek, posisi berseling, dan daun sekeras kulit tipis, panjang 6-18 cm, lebar 2-6 cm, hijau, dan mengkilat. Tunas (pecco) ditambah 2-3 daun muda dapat menghasilkan teh berkualitas tinggi, karena pada daun mudanya kaya akan senyawa polifenol, kafein dan asam amino. Zat yang terkandung dalam teh mudah teroksidasi. Saat daun teh terkena sinar matahari, terjadi proses oksidasi. Jenis teh yang terkenal di masyarakat adalah teh hijau, teh oolong, teh hitam, dan teh putih. Senyawa tersebut mempengaruhi warna, aroma dan rasa teh. Kandungan senyawa dalam teh terbagi menjadi tiga kategori utama yang masing-masing memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu polifenol, kafein dan minyak atsiri. Selain itu, kandungan dalam teh di antaranya vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. 

Berikut ini adalah resep sederhana dan mudah untuk mendapatkan segelas atau secangkir teh dengan manfaat yang banyak untuk kesehatan.

Resep Teh Tawar Sehat nan Nikmat

Bahan :

1 Kantong Teh Hitam

Air Panas 200 ml/secukupnya

Cara membuat :

Panaskan air dalam teko pemanas. Panaskan atau masak hingga air mendidih, lalu masukkan 1 kantong teh hitam yang telah disediakan. Tunggu hingga teh dalam kantong benar-benar meresap dalam air panas. Indikator paling mudah adalah dengan terubahnya warna air menjadi merah pekat khas teh.

Sebagai tambahan rasa kita dapat menggunakan vanili bubuk atau daun mint. Rasanya pasti nikmat dan tentu saja sehat.

Sebagai penikmat teh tawar sehat nan nikmat tentu saja hal ini tidak dapat dilewatkan. Silahkan mencoba dirumah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar