Skip to main content

Manfaat dan Fakta Nasi

Penajam.Com | Bismillah. Manfaat nasi putih bagi kesehatan utamanya adalah sebagai sumber karbohidrat yang menghasilkan energi untuk beraktivitas. Indonesia merupakan salah satu negara dimana lumbung padi yang telah menghasilkan beras berkualitas tinggi. Faktor-faktor inilah yang membuat Indonesia bisa swasembada, sehingga nasi menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak bisa dipungkiri, pada kebanyakan orang memang banyak mitos tentang gejala diabetes akibat konsumsi nasi yang tidak terkontrol dan berlebihan. Tapi apa saja manfaat dari nasi, mari kita bahas di artikel kali ini.

Manfaat dan Fakta Nasi
Waspada efek Nasi
Sebelum membahas mengenai manfaat nasi bagi tubuh kita juga harus mengetahui efek dari nasi yaitu nasi sebagai sumber energi memang nasi mengandung kaori yang tinggi dan dikhawatirkan banyak orang akan efek dari nasi tersebut. Saat Anda sedang diet, kelebihan berat badan dan memiliki masalah kalori (seperti diabetes), harap hindari makan nasi.

1. Sebagai salah satu sumber Energi
Tak mengherankan jika nasi menjadi makanan pokok yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kandungan karbohidrat dan kalori dalam nasi merupakan sumber energi yang hampir tak tergantikan oleh bahan lain walaupun sebenarnya ada alternatifnya. Ini adalah sumber energi yang cukup besar bagi tubuh manusia.

2. Mendukung pertumbuhan manusia dari bayi hingga usia lanjut
Sebagai bahan pangan pokok, beras merupakan sumber utama penunjang pertumbuhan manusia. Dari bayi hingga orang tua, pertumbuhannya ditopang oleh nasi. Kandungan zat dan mineral pada beras menjadikannya sumber terbaik untuk membantu manusia tumbuh dan menjadi makanan pokok para lansia.

3. Memperbaiki mood
Serotonin merupakan senyawa yang dapat membuat otak terasa nyaman, dan kandungan karbohidrat dapat meningkatkannya. Penelitian juga menunjukkan hal ini: Orang yang mengonsumsi 1/2 cangkir nasi atau sepotong roti untuk diet sering kali merasa tertekan dan cemas.

4. Mencegah kanker
Beras merah atau nasi merah mengandung banyak serat tidak larut, yang dapat menurunkan risiko sel kanker dalam tubuh. Banyak penelitian yang telah mempercayai hal ini.

5. Beras non kolesterol
Nasi tidak mengandung lemak atau natrium berbahaya. Oleh karena itu, menambahkan nasi ke dalam menu diet seimbang tentunya merupakan hal yang baik.

6. Kaya akan vitamin
Nasi itu banyak mengandung vitamin dan mineral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin.

7. Mengobati disentri
Manfaat nasi terutama pada kulit arinya, dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati disentri. Sekam padi yang berusia tiga bulan mengandung diuretic properties. Bahkan orang China percaya bahwa nasi dianggap meningkatkan selera, menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.

8. Baik Untuk Tulang
Nasi merupakan “Vitamin” untuk tulang yang dapat membuat pertumbuhan tulang terbentuk secara sempurna. Kandungan kalsium pada nasi sangat penting untuk membentuk tulang agar menjadi kuat dan mencegah osteoporosis di masa tua.

9. Baik untuk gigi
Pertumbuhan gigi juga di topang oleh nasi, sama sepertinya tulang, kandungan kalsium pada nasi sangat berperan untuk membentuk gigi yang kuat.

Berikut beberapa fakta tentang nasi putih:

Apakah makan nasi dapat menggemukkan tubuh?
Padahal, nasi rendah lemak dan kolesterol. Nasi merupakan sumber energi yang baik karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Karbohidrat membantu fungsi tubuh dan baik untuk pertumbuhan.

Manfaat dan Fakta Nasi
Kadar garam tinggi pada nasi?
Padahal, nasi adalah makanan bebas garam. Nasi sangat aman untuk orang yang pola makannya mengandung garam.

Apa kandungan protein pada nasi?
Protein adalah nutrisi paling umum kedua dalam nasi setelah karbohidrat. Protein yang terkandung dalam beras dinilai memiliki kualitas paling tinggi dibandingkan biji-bijian lainnya. Beras juga sejenis biji-bijian, tidak alergi atau biasa disebut gluten seperti biji-bijian lainnya.

Oleh karena itu, mulai sekarang jangan takut untuk makan nasi. Tapi jangan lupa untuk selalu menyeimbangkan makan buah dan sayuran sehat dalam makanan Anda. Selamat makan. (Rw**)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar