Skip to main content

Kekurangan aplikasi WhatsApp

Penajam.Com | Bismillah. Selain kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi terpopuler ini, kita juga dapat memperlajari serta mengetahui beberapa kekurangan dari aplikasi ini beserta solusi singkat dan cepat untuk mengatasinya.

Kekurangan aplikasi WhatsApp

Namun pada kenyataannya WhatsApp tetap menjadi pilihan utama pengguna internet dan smartphone Android maupun IOS. Berikut adalah beberapa kekurangan aplikasi WhatsApp yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa pengguna yang sempat ditemui.

1. Jumlah anggota grup dibatasi

Dengan WhatsApp dimungkinkan bagi pengguna untuk membuat sebuah grup untuk berdiskusi hingga berbagi apakah itu tulisan, file Office, MP3/suara, video dan lainnya. Biasanya dikalangan pengguna WhatsApp Grup disingkat WAG.  

Dengan ketentuan untuk sebuah WAG harus memiliki anggota minimal 2 orang dan maksimal 257 orang. Yang menjadi permasalahan sebagian pengguna adalah pembatasan maksimal anggota grup ini yang tidak menyentuh angka 300 orang/akun. Sebagai salah satu solusi yang mungkin bisa diterapkan yaitu dengan membuat grup berbeda semisal : WhatsApp Grup Masak Pontianak-1, WhatsApp Grup Masak Pontianak-2, WhatsApp Grup Masak Pontianak-3 dan seterusnya. Sama halnya jika ingin membuat grup lain semisal WhatsApp Grup Bertani Bogor, WhatsApp Grup Bertani Samarinda, WhatsApp Grup Bertani Balikpapan, atau Grup alumni karena anggotanya lebih dari 500 orang maka namanya menjadi WhatsApp Group Alumni UGM 2000, WhatsApp Grup Alumni Unmul 2001 dan lain sebagainya.

2. Video Call masih dibatasi

Yang dimaksud dengan dibatasi jumlahnya adalah ketika kita hendak melakukan panggilan video (Video call) dengan lebih dari 8 orang. Karena memang sejatinya aplikasi ini baru mendukung maksimal 8 orang. Solusinya Facebook memberikan tautan menuju Messenger yang dapat melakukan panggilan kepada banyak orang bahkan dipakai meeting juga bisa. Semoga kedapan WhatsApp tidak menggunakan aplikasi lainnya melainkan memang menggunakan WhatsApp saja ketika kita menggunakan panggilan dengan jumlah lebih dari 8 orang. Jika terbatas 8 orang boleh dikatakan hanya bisa melakukan pada keluarga kecil saja.

3. Backup file memerlukan ruang simpan yang besar

Aplikasi WhatsApp menyediakan fitur backup yang dikoneksikan dengan akun Google pengguna. Tepatnya akun Google Drive. Fitur backup ini dapat kita atur sesuai dengan keinginan, waktu dan kemampuan pengguna dan smarphone yang digunakan. Jika anda sering mendapatkan kiriman file video baik personal maupun dari WAG maka anda harus mempersiapkan ruang penyimpanan backup di Google Drive yang lumayan. Bisa saja diatasi dengan membeli paket berlangganan Google Drive Premium, tentunya dengan mengeluarkan uang. Belum lagi anda harus menyediakan kuota internet yang lumayan karena proses ini memerlukan banyak kuota. Solusinya gunakan Wifi dirumah atau ditempat lain yang tidak menyedot kuota utama paket berlangganan anda.

4. Boros penggunaan storage di Smartphone

Permasalahan ini juga menjadi permasalahan beberapa pengguna terutama yang memiliki kapasitas ROM smartphonenya terbatas semisal 16 Gb kebawah. Biasanya pada smartphone tertentu akan memberikan peringatan "storage running out" pada smartphone merk Xiaomi atau "insufficient storage" pada smartphone merk Samsung. Mengapa boros penggunaan storage pada smartphone? Hal ini dikarenakan salah satunya adalah backup database WhatsApp didalam storage smartphone biasanya dilakukan secara otomatis. Jika pengguna banyak melakukan aktifitas dengan WhatsApp biasanya file database yang ter-backup di smartphone juga akan membesar dari segi ukurannya. Apalagi jika ditambah dengan tidak pernah membersihkan (cleaning) file terutama file database serta file-file sementara di smartphone tersebut. Sebagai salah satu solusi yang bisa diambil yaitu menambah kapasitas storage ROM semisal memory card eksternal atau jika ada budget lebih maka belilah smartphone dengan kapasitas storage lebih besar semisal 32 Gb, 64 Gb atau 128 Gb. Memang dari segi harga lebih mahal sekitar 100-300 ribuan. Namun dengan storage besar maka kekhawatiran tersebut dapat diminimalisir. 

Demikian beberapa kekurangan aplikasi WhasApp yang tentu saja dapat diatasi dengan beberapa solusi yang baik. Semoga saja dari pihak pengembang WhatsApp dapat memberikan solusi yang baik serta inovatif sehingga pengguna semakin sayang untuk berpindah ke aplikasi sejenis. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share atau bagikan di sosial media milik anda. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar