Skip to main content

Kelebihan aplikasi WhatsApp

Penajam.Com | Bismillah. WhatsApp menjadi pilihan banyak orang meski diterpa isu tak sedap mengenai celah keamanan yang kerap menghampirinya. Celah keamanan yang sebenarnya telah dibantah oleh pihak pengembang WhatsApp itu sendiri. Namun tahukah anda dengan berbagai macam kekurangannya, ternyata WhatsApp boleh dikatakan memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan aplikasi chatting sejenis.

Kelebihan WhatsApp dibanding aplikasi sejenis

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari aplikasi WhatsApp yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman pemakaian serta berasal dari beberapa referensi.

1. Digunakan oleh banyak orang.
Anda pasti setuju dengan hal ini. Dan faktanya aplikasi chatting ini sekarang menempati urutan teratas sebagai aplikasi chatting terpopuler dan paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Apalagi aplikasi ini sekarang gratis tanpa harus mengeluarkan uang untuk berlangganan setiap tahunnya seperti awal kemunculannya dahulu.

2. Cara menggunakan WhatsApp terbilang mudah.
Tentunya saja kelebihan ini sangat dibutuhkan oleh pengguna aplikasi chatting ini. Pada prinsipnya pengguna akan tetap setia menggunakan suatu aplikasi bila mendapatkan berbagai macam kemudahan dan pembaruan serta keamanan pada aplikasi yang mereka gunakan.

3. Secara otomatis nomor WhatsApp akan tersinkronisasi pada akun pengguna.
Sebenarnya kelebihan yang satu ini juga dimiliki oleh beberapa aplikasi sejenis dengan WhatsApp ini. Namun tetap saja sebagai pengguna akan merasakan bahwa dengan nomor WhatsApp yang telah tersimpan secara otomatis akan tersinkronisasi dengan akun pengguna. Bahkan sekarang ketika kita menyimpan nomor seseorang pada kontak smartphone kita dan apabila nomor tersebut menggunakan WhatsApp maka akan segera kita ketahui pada keterangan kontak tersebut.

4. Backup Chat atau obrolan sangat mudah.
Apabila suatu ketika keadaan mengharuskan kita mereset atau memuat ulang smartphone yang kita gunakan karena satu hal seperti hang atau lag akibat game yang kita mainkan terlalu berat, maka backup chat sangat diperlukan. Akun WhatsApp akan membackup secara otomatis sesuai setelan yang telah kita lakukan.

5. Video Call dapat dilakukan dengan mudah.
Setelah dilakukan pemaruan demi pembaruan, sekarang aplikasi chatting terpopuler ini dapat melakukan video call atau panggilan video ke kontak yang dimiliki. Bahkan dengan perkembangannya, kita sebagai pengguna dapat melakukan panggilan video dalam satu grup hingga 8 (delapan) orang sekaligus. Hal ini memudahkan apabila akan melakukan semacam pertemuan virtual, meeting atau sekedar melepas rasa rindu pada keluarga dikampung. Ditambah dengan kondisi dunia yang sedang dilanda pandemi Covid-19 pada tahun 2020 ini. Semakin banyak pengguna menggunakan fitur panggilan video ini untuk mempermudah pekerjaan dikantor atau melakukan kegiatan lainnya.

6. Berbagi hal-hal penting dan bermanfaat sangat mudah.
Berbagi hal penting disini yaitu berbagi momen keluarga seperti foto dan video hingga suara (.mp3, .mp4, .webm), berbagi file atau dokumen pekerjaan diakntor maupun diperusahaan, berbagi dan mengirim laporan hingga hasil penelitian, berkoordinasi dan berbagi file skripsi antara dosen dengan mahasiswa biimbingannya. Dapat pula berbagi hal-hal penting dan bermanfaat lain kepada orang lain baik itu secara personal/perorangan ataupun dalam suatu grup seperti file Office (Word, Excel, Powerpoint dan lainnya), LibreOffice (Writer, Calc, Presentation) hingga file WPS (Write, Presentation, Spreadsheet) serta file populer lainnya seperti .apk, .zip, .rar.

Dengan kelebihannya serta kekurangannya yang akan dibahas pada postingan lainnya Insya Allah kita sebagai pengguna hendaknya menggunakan aplikasi ini dengan tujuan benar-benar untuk kebaikan serta bermanfaat untuk dunia serta akhirat kita. Mengapa perlu penulis ingatkan hal ini, karena pada beberapa kasus, WhatsApp juga digunakan untuk kegiatan kejahatan seperti penipuan, carding, judi, poxx dan hal-hal negatif lainnya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi semua. Aamiin.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar