Skip to main content

Penyebab VC (Video Call) di WhatsApp tidak dapat dilakukan

Penajam.Com | Bismillah. Apakah anda sering menggunakan aplikasi WhatsApp ini untuk elakukan VC (video call) dengan teman, saudara, sahabat, kerabat serta pengguna lainnya? Jika anda terbiasa, maka anda harus mengetahui beberapa sebab mengapa terkadang atau pada saat ini anda tidak dapat melakukan VC tersebut kepada pengguna WhatsApp lainnya. Berikut ini akan diberikan sedikit ulasan mengapa VC di WA tidak dapat dilakukan.

Penyebab VC (Video Call) di WhatsApp tidak dapat dilakukan

1. Akun WhatApp anda diblokir
Dua cara menggunakan WhatApp yang dapat dilakukan oleh seorang pengguna yaitu dengan menggunakan nomor telepon salah satu operator yang berlaku di negaranya dan menggunakan akun email milik Google. Jika nomor telepon yang digunakan suatu saat tidak dapat digunakan karena masa aktifnya telah habis maka dengan akun email Google masih dapat menggunakan WhatsApp tersebut. Lain ceritanya jika akun email Google tersebut diblokir maka pengguna tidak dapat melakukan kontak kemanapun. Salah satu solusi atau satu-satunya solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan mengganti nomor telepon yang tidak aktif tersebut serta mengganti akun email Google yang telah diblokir dengan akun email yang baru. Dengan demikian Video Call yang tidak dapat dilakukan sebelumnya dapat kembali dilakukan.

2. Aplikasi WhatsApp tidak diizinkan mengakses kamera dan microphone di Smartphone
Perlu Anda ketahui bahwa untuk dapat menjalankan fungsi aplikasi smartphone, Anda harus melakukan izin pada aplikasi tersebut agar dapat diakses dengan mudah. Hal ini juga berlaku pada Whatsapp. Ketika Anda ingin mencoba video call, pastikan kamera dan micropone telah diberikan izin. Jika kamera dan microphone tidak diberikan izin, maka video call tidak dapat dilakukan. Untuk bisa mengatur perizinan pada aplikasi ini, pastikan anda telah masuk pada bagian setelan atau setting Android. Perlu diperhatikan jika setiap Android memiliki sistem setting sendiri. Setelah masuk ke bagian setelan atau setting, selanjutnya masuk ke dalam aplikasi dan cari aplikasi Whatsapp. Jika sudah ditemukan, tekan saja maka Anda akan masuk ke dalam setting aplikasi WhatsApp. Di sana, anda tinggal tekan tombol “Izinkan Aplikasi” maka anda akan banyak menemukan berbagai macam izin yang harus dihidupkan. Silakan geser ke kanan pada bagian “Kamera” dan “Mikrofon” atau sampai tombol berubah warna. Jika sudah, maka Anda sudah mengizinkan Whatsapp untuk melakukan Video Call. Selamat mencoba.

Penyebab VC (Video Call) di WhatsApp tidak dapat dilakukan

3. Jaringan internet bermasalah
Jaringan internet yang bermasalah akan menghambat proses kirim dan terima pesan dalam aplikais WhatsApp ini. Apalagi jika kita ingin menggunakan atau melakukan video call kepada pengguna lainnya. Pastikan jaringan yang ada pada smartphone anda berkekuatan 3G atau biasanya pada layar smartphone pada bagian pojok kanan atas atau pjok kiri atas bertuliskan 3G atau H+. Ini adalah mode jaringan minimal ya berdasarkan pengalaman. Jika jaringan kurang dari itu maka kemungkinan terjadi buffering atau bahkan tidak dapat melakukan atau menerima panggilan. Nah jika pada jaringan internet sekitar anda berkekuatan 4G maka itu lebih baik lagi. Dapat dipastikan selain gangguan teknis dengan jaringan 4G yang ada maka panggilan video (VC) akan lancar dalam pelaksanaannya.

4. Aplikasi Whatsapp tidak pernah dilakukan update
Pastikan aplikasi WhatsApp anda ter-update secara rutin. Biasanya dalam proses update atau setelah kita melakukan update maka akan banyak sekali celah-celah yang akan diperbaiki oleh pengembang itu sendiri. Jika kita tidak melakukan update secara rutin biasanya Video Call atau panggilan video akan terhambat bahkan tidak dapat dilakukan sama sekali. Silahkan dibuktikan.

Demikian beberapa penyebab video call atau panggilan video di WhatsApp tidak dapat dilakukan sesuai dengan keinginan kita sebagai pengguna. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share pada timeline anda. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar