Skip to main content

5 Jenis Bisnis Franchise Cepat Balik Modal

Penajam.Com - Bismillah. Memulai bisnis dengan bisnis franchise atau waralaba memang dapat dikatakan sesuatu hal menarik bagi para pebisnis pemula. Bisnis franchise dianggap oleh sebagian pebisnis sebagai bentuk bisnis instant (cepat) karena tidak perlu memikirkan tentang ide dan konsep bisnis yang akan dijalankan, manajemen bisnis, periklanannya serta hal-hal teknis lainnya. Para pelaku bisnis waralaba (franchise) hanya perlu membayar sejumlah uang investasi awal dan dapat mulai berjualan menggunakan sistem yang disediakan oleh franchisor (penyedia franchise).

5 Jenis Bisnis Franchise Cepat Balik Modal

Pada kenyataannya menjadi pelaku bisnis waralaba tidak semudah yang dipikirkan banyak orang. Pelaku bisnis waralaba sangat wajib mengeluarkan sejumlah uang di awal sebagai investasi yang jumlahnya lumayan besar serta harus memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan oleh franchisor. Sementara dalam perjalanan usahanya, franchise juga tidak luput dari pasang naik dan pasang surut (untung dan rugi). Yang menjadi pertanyaan, kapan usaha franchise tersebut bisa balik modal?

Sebagaimana bisnis pada umumnya, ada dua hal yang dapat anda lakukan agar cepat balik modal, yaitu meminimalkan jumlah modal yang anda keluarkan, dan memilih usaha dengan potensi menghasilkan omzet yang besar. Berikut ini adalah referensi tentang 5 bisnis franchise yang cepat balik modal:


Ice Cream merek Aice
Tepat sekali, es krim dengan kisaran harga antara Rp2.000,00 hingga Rp10.000,00 ini tentu saja menjadi pilihan nomor satu, terutama bagi ibu-ibu yang memiliki toko kelontong di rumah atau kios kecil disekitar rumah. Selain diminati anak-anak karena rasanya yang creamy dan harganya yang terjangkau, Aice juga memiliki paket yang sangat murah untuk kalangan reseller atau agen. Anda cukup mengeluarkan modal minimal sebesar Rp500.000,00 untuk paket es krim yang ditentukan dan mendapat pinjaman freezer dari perusahaan.

Dengan strategi marketing yang anda kembangkan sendiri, anda memiliki potensi mendapatkan keuntungan sebesar Rp600.000,00 per bulan dengan modal cukup sebesar Rp2.000.000 (2 juta) untuk membeli 400 buah es krim.

Gerai Roti John
Siapa yang tidak kenal Roti John? Roti dengan ukuran yang panjang dan bertoppingkan beragam irisan seperti sayur, telur dadar, ham, serta mayonais dan saus sambal. Camilan unik asal negara Singapura ini sedang trend di kalangan pecinta kuliner Indonesia. Hal ini sangat dimanfaatkan oleh Mr. John, usaha kuliner dibawah CV Adhiwa Innovation, yang berhasil membuka gerai di wilayah Indonesia.
Mr. John menawarkan paket waralaba mulai dari harga Rp8.000.000,00. Dengan paket ini anda akan mendapatkan perlengkapan beserta bahan baku sebanyak 50 porsi. Dilansir dari situs resmi Mr. John, potensi omzet yang dihasilkan berkisar antara Rp9.000.000 (9 juta) hingga Rp18.000.000,00 (18 juta) per bulannya. Bagimana menarik khan?
5 Jenis Bisnis Franchise Cepat Balik Modal

Minuman King Mango Thai
Franchise yang satu ini adalah jenis franchise minuman. Minuman khas Thailand ini berisikan mangga pure yang dijus kemudian ditambahkan potongan buah mangga serta whipped cream di atasnya. Keberhasilan dalam memadukan cita rasa mangga yang manis serta segarnya jus mangga menjadikan pelanggan sulit untuk menolak nikmatnya segelas King Mango Thai yang dipatok seharga Rp50.000,00 (lumayan yah).

Baca juga : Ide Usaha dan Bisnis Terbaru

Gerai minuman ini pertama kali di buka di Neo Soho Mall, DKI Jakarta pada tahun 2017. Setelahnya, mulai bermunculan gerai-gerai lain lantaran jumlah permintaannya luar biasa banyak. Untuk menjadi mitra dari bisnis ini, King Mango Thai menawarkan beberapa pilihan modal, antara lain Rp7.500.000, kemudian paket Rp12.000.000 dan Rp17.500.000,00. Banyak pilihan dan menarik untuk dicoba ya.

5 Jenis Bisnis Franchise Cepat Balik Modal

Kios Kebab Baba Rafi
Ada usaha franchise sangat terkenal di Indonesia dan pastinya pernah anda lihat di sepanjang perjalanan. Kebab Turki Baba Rafi bisa disebut sebagai salah satu usaha franchise makanan yang paling lama dan kuat bertahan hingga kini. Usaha ini sejatinya mulai beroperasi sejak tahun 2005 dan masih eksis hingga sekarang dengan jumlah gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bahkan kini merambah ke negara jiran Malaysia dan Filipina.

Jika anda ingin bermitra dengan usaha franchise ini, modal awal yang diperlukan dapat dikatakan lumayan besar yaitu paling sedikit sekitar Rp75.000.000,00 (75 juta). Dengan modal sebesar itu, anda akan memperoleh kedai mulai dari bentuk gerobak hingga kontainer. Selain itu, anda juga akan mendapatkan karyawan bahkan dibantu mencari lokasi untuk berjualan. Terkait omzet penjualan, situs resmi Baba Rafi mengungkapkan bahwa usaha ini memiliki potensi pendapatan sebesar Rp650.000,00 per harinya dan ini berarti anda akan memperoleh sekitar Rp19.500.000 (19,5 juta) per bulan dari usaha ini.

Minuman Pasco
Selanjutnya, ada minuman favorit anak kuliahan dan sedang trend. Passion of chocolate alias Pasco merupakan minuman ice blend yang banyak disukai oleh kalangan masyarakat karena rasanya yang enak dengan harga yang pas di kantong. Meskipun saat ini produk minuman serupa bermunculan sebagai pesaing, namun Pasco masih tetap eksis dan memiliki gerai yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Baca Juga : Ide Bisnis Unik dan Menghasilkan

Pasco menawarkan paket waralaba seharga Rp8.500.000,00 untuk paket booth dan Rp9.500.000 untuk paket tenda. Dengan harga tersebut, anda akan mendapatkan booth dan perlengkapan berjualan. Jika anda mampu menjual hingga 90 cup dalam sehari, maka diperkirakan modal anda akan kembali dalam waktu dua bulan saja. Bagaimana lumayan bukan? Jangan lupa ya persiapkan lokasi yang strategis untuk berjualan, misalnya disekitar keramaian, dekat sekolahan, pinggir jalan yang banyak dilalui masyarakat dan tempat lainnya.

Demikianlah 5 jenis bisnis franchise cepat balik modal jika anda beruntung dan ulet dalam menjalankannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar