Kode auto ads : 20+ Khasiat Daun Sirih bagi kesehatan yang Wajib diketahui Skip to main content

20+ Khasiat Daun Sirih bagi kesehatan yang Wajib diketahui

Penajam.Com - Bismillah. Bagaimana kabar anda pembaca sekalian? apakah anda telah memanfaatkan Toga (Tanaman Obat Keluarga) disekitar pekarangan atau tempat tinggal anda? Jika belum mari kita simak beberapa manfaat daun sirih sebagai salah satu Toga yang sangat baik ditanam disekitar anda. Namun sebelum penulis memberikan penjelasan mengenai manfaat dari daun sirih bagi kesehatan kita, perlu Kita ketahui bersama bahwasanya daun sirih merupakan salah satu tumbuhan yang banyak mengandung air. Ada sekitar 85-90%  bagian dari daun sirih merupakan air sehingga daun sirih itu sendiri merupakan tanaman yang rendah lemak dan kalori.

20+ Khasiat Daun Sirih bagi kesehatan yang Wajib diketahui

Selain komposisinya yang banyak mengandung air, daun sirih merupakan salah satu anugerahnya adalah kemampuannya membunuh bakteri dan jamur serta memiliki peran sebagai antioksidan bagi penggunanya. Manfaat daun sirih yang sudah sejak lama digunakan adalah sebagai antiseptik untuk pengobatan luka bakar dan sakit lainnya.

Dibawah ini akan dijelaskan secara singkat manfaat dan atau khasiat daun sirih bagi kesehatan kita serta bagaimana mengolahnya secara tepat dan cepat sebagai salah satu alternatif bahkan bukan alternatif cepat sebagai pengganti obat-obatan.

1). Menyembuhkan penyakit asma. Cara termudahnya yaitu siapkan 4- 5 daun sirih, rebus daun tersebut dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut dengan teratur paling tidak 2- 3 gelas dalam satu hari.

2). Mengobati radang tenggorokkan. Caranya dengan merebus 4- 5 daun sirih dalam 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum rebusan tersebut secara teratur 2- 3 gelas dalam  satu hari.

3). Menyembuhkan batuk. Khasiat daun sirih yang lain merupakan buat menyembuhkan batuk. Rebuslah 5 daun sirih merah dalam 300 ml air, minum rebusannya 2 kali tiap hari secara tertib.

4). Menyembuhkan penyakit Bronchitis. Buat menyembuhkan penyakit ini, yang Kamu butuhkan adalah 6–10 daun sirih yang direbus dengan 300 ml air sampai tersisa setengahnya saja. Minum rebusan tersebut 3 kali dalam satu hari secara tertib.

5). Obat cedera bakar ringan. Cara termudahnya yaitu tumbuk 3- 5 lembar daun sirih merah dengan 2 sendok teh madu. Oleskan pada cedera dalam satu hari 2 kali.

6). Menyembuhkan demam berdarah. Caranya dengan merebus 5- 6 daun sirih dalam 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan 2 kali dalam satu hari secara teratur.

7). Mengobati iritasi serta pula sakit mata. Khasiat daun sirih yang lumayan diketahui merupakan buat menyembuhkan iritasi serta sakit mata. Caranya dengan merebus 1- 2 lembar daun sirih dalam 1 gelas air, tunggu hingga dingin. Pakai air rebusan tersebut buat mengompres ataupun bagaikan obat tetes.

8). Melancarkan haid. Caranya dengan merebus 3 lembar daun sirih, 10 gr mahkota dewa, 15 gr umbi dewa dalam 2 gelas air hingga cuma tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut 2 kali dalam satu hari.

9). Menanggulangi permasalahan keputihan. Cara termudahnya yaitu rebus 5- 10 daun sirih merah dalam 250 ml air. Sehabis dingin, saring airnya, serta pakai buat membilas wilayah kewanitaan.

10). Melenyapkan bau mulut. Caranya dengan merebus 10- 15 daun sirih dalam 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Pakai buat berkumur.

11). Obat penyakit jantung. Salah satu khasiat daun sirih merupakan buat menyembuhkan penyakit jantung. Tumbuk 3 lembar daun sirih, 3 siung bawang merah, 1 sendok makan jintan putih, serta biji kemukus sebanyak 7 pasang, kemudian ditambahi dengan sendok makan air panas. Setelah agak dingin, saring. Minum racikan ini 2 kali dalam satu hari.

12). Mensterilkan bakteri dari mulut. Caranya dengan merebus 4- 5 lembar daun sirih dengan 4 gelas air. Pakai air rebusan buat berkumur paling utama sehabis makan.

13). Obat gusi berdarah. Caranya dengan merebus 10 lembar daun sirih merah dengan 4 gelas air hingga mendidih. Pakai air rebusan tersebut buat berkumur paling tidak 3 kali dalam satu hari.

14). Menyembuhkan sakit gusi serta sariawan

Kamu lumayan mengunyah 1–2 lembar daun sirih merah sepanjang 10 menit, jalani sebanyak 2 kali satu hari.

15). Melenyapkan bau badan. Caranya dengan merebus 10- 15 lembar daun sirih serta 1 sendok teh garam dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. Minum air rebusan 2 kali satu hari.

16). Melenyapkan keringat berlebih dibadan kita. Khasiat daun sirih yang lain merupakan sanggup mengatur senyawa kavicol serta estragol pada penciptaan kelenjar keringat. Cara termudahnya yaitu oleskan hasil tumbukan dari 2 lembar daun sirih pada zona ketiak secara tertib. Kamu pula dapat meminum rebusan air daun sirih sebanyak 2 gelas tiap hari.

17). Obat buat payuda** yang membengkak. Cara termudahnya yaitu ambil sebagian lembar daun sirih, setelah itu bakar hingga layu. Kemudian, tempelkan pada bagian payudara yang bengkak dikala masih hangat.

18). Mengurangi produksi ASI yang berlebih. Khasiat daun sirih yang lain yaitu dapat mengurangi produksi ASI yang berlebih. Cara termudahnya yaitu ambil 4 lembar daun sirih yang diolesi minyak kelapa yang dipanggang di atas api, ingat, jangan hingga hangus. Tempelkan di dekat zona payuda** dalam kondisi hangat.

19). Racikan sehabis melahirkan. Caranya dengan merebus 2–5 lembar daun sirih dalam 4 gelas air hingga menurun setengahnya. Minum rebusan tersebut satu kali tiap hari.

20). Menyembuhkan alergi yang memunculkan gatal- gatal. Siapkan 6 lembar daun sirih, 1, 5 sendok makan minyak kayu putih, serta pula 1 potong jahe. Tumbuk seluruh bahan, setelah itu oleskan pada zona yang gatal.

21). Obat asam urat. Triknya rebus 8 lembar daun sirih muda dalam 500 ml air hingga menyisakan 3 gelas saja. Minumlah dengan tertib 75 ml air rebusan 3 kali satu hari.

22). Menyembuhkan diare. Cara termudahnya yaitu tumbuk halus 4- 6 lembar daun sirih, 1 sendok makan minyak kelapa, serta 6 biji lada, setelah itu gosokkan pada perut perkenankan hingga mengering.

23). Obat mimisan. Buat menyembuhkan mimisan, lumayan dengan menggulung serta memasukkan daun sirih yang layu ke dalam hidung yang mimisan buat sumbatan pendarahan.

24). Menyembuhkan gigi. Cara termudahnya yaitu rebus selembar daun sirih dengan 2 gelas air hingga mendidih. Pakai air rebusannya buat berkumur. Jalani secara kesekian hingga sembuh.

25). Sebagai obat maag. Siapkan 7 lembar daun sirih merah setelah itu direbus serta diminum secara tertib 3 kali satu hari.

26). Obat radang paru- paru. Cara termudahnya yaitu rebus 5– 7 lembar daun sirih merah tua dalam 500 ml air hingga tersisa setengahnya saja. Minum secara teratur 3 kali satu hari.

Demikian banyaknya manfaat daun sirih bagi kesehatan dan tidak menutup kemungkinan masih banyak manfaat daun sirih yang belum penulis ketahui dan kemungkinan akan di bagikan pada waktunya nanti. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar