Skip to main content

Telegram vs WhatsApp dan WhatsApp vs Telegram

Penajam.Com | Bismillah. Telegram dan WhatsApp adalah aplikasi untuk saling mengirim yang sama-sama gratis. Namun, Telegram menawarkan keanggotaan Premium dengan harga $4.99/£4.99 yang memberikan keuntungan seperti unduhan file yang lebih cepat, unggahan file yang lebih besar, dan stiker serta reaksi (emoji) eksklusif.

Telegram vs WhatsApp dan WhatsApp vs Telegram

Telegram dapat diunduh di smartphone, tablet, dan PC, dengan aplikasi iOS, Android, macOS, dan desktop tersedia. kalian juga dapat masuk secara online dengan Telegram Web. Selain itu, API Telegram terbuka untuk pengembang, yang berarti kalian dapat menemukan aplikasi tidak resmi yang dibangun untuk platform lain.

Kedua aplikasi menawarkan berbagai fitur, termasuk dukungan untuk media, panggilan video, obrolan grup besar dan pesan terenkripsi. Namun, Telegram memerlukan pengguna untuk memilih enkripsi ujung-ke-ujung dengan membuat “obrolan rahasia”. Fitur ini tidak didukung dalam obrolan grup. Namun demikian, semua obrolan Telegram memanfaatkan enkripsi standar dan obrolan grup memiliki kapasitas anggota hingga 200.000.

Menurut Telegram, aplikasi ini mengirimkan pesan “lebih cepat daripada aplikasi lain”, tidak ada batasan pada ukuran media dan obrolan kalian, dan kalian dapat mengakses obrolan di beberapa perangkat. Aplikasi ini juga memiliki Bot API sendiri yang memungkinkan pengembang membuat bot mereka sendiri untuk membawa sedikit otomatisasi ke obrolan mereka.

WhatsApp juga dapat diunduh di smartphone, tablet, dan PC, termasuk perangkat iOS, Android, dan Windows. Aplikasi macOS sedang dalam pengembangan, tetapi kalian masih dapat masuk di browser kalian menggunakan WhatsApp Web.

Pesan WhatsApp dienkripsi ujung-ke-ujung secara default. Namun, itu berarti bahwa WhatsApp sebelumnya tertinggal dari Telegram ketika datang ke mengakses akun kalian di beberapa perangkat. WhatsApp juga menawarkan pesan yang menghilang yang lenyap setelah waktu tertentu telah berlalu, kemampuan untuk mentransfer obrolan di antara Android dan iOS, pesan siaran dan pesan suara. (dari berbagai sumber).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar