Skip to main content

Tips memanfaatkan waktu bersama keluarga selama lebaran tahun ini

Penajam.Com | Bismillah. Lebaran tahun ini mungkin masih berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena beberapa alasan seperti harga tiket yang mahal, tabungan belum cukup atau ada keperluan keluarga yang masih harus dipenuhi. Namun, hal itu tidak mengurangi makna dan kebahagiaan dari hari raya Idul Fitri yang merupakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Meskipun tidak bisa mudik atau berkumpul dengan keluarga besar, kita tetap bisa memanfaatkan waktu bersama keluarga inti di rumah dengan cara-cara yang menyenangkan dan bermakna. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk merayakan lebaran di rumah bersama keluarga.

Tips bagaimana memanfaatkan waktu bersama keluarga selama lebaran tahun ini. Ide, permainan, waktu, keluarga.

1. Salat Idul Fitri berjamaah di masjid atau lapangan terdekat.

Salat Idul Fitri adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam di hari raya. Biasanya, salat Idul Fitri dilakukan secara berjamaah di masjid atau lapangan terbuka. Dengan begitu, kita tetap bisa menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW dan merasakan kebersamaan dengan keluarga.


2. Makan ketupat dan kue lebaran bersama keluarga.

Ketupat dan kue lebaran adalah makanan khas yang identik dengan lebaran. Ketupat melambangkan kesucian dan kue lebaran melambangkan kelezatan hidup setelah berpuasa. Makan ketupat dan kue lebaran bersama keluarga adalah salah satu cara untuk menikmati hidangan spesial di hari raya. Kamu bisa memasak ketupat dan kue lebaran sendiri atau memesannya secara online. Yang penting, jangan lupa untuk berbagi dengan tetangga atau orang-orang yang membutuhkan.


3. Bersilaturahmi secara virtual dengan kerabat jauh.

Meskipun tidak bisa bertemu langsung dengan kerabat jauh, kita tetap bisa bersilaturahmi dengan mereka secara virtual. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Zoom, WhatsApp, atau Skype untuk melakukan video call dengan kerabat jauh. Kamu bisa saling mengucapkan selamat lebaran, meminta maaf, dan bercerita tentang keadaan masing-masing. Dengan begitu, kamu tetap bisa menjaga hubungan baik dengan kerabat jauh dan merasakan kehangatan keluarga.

4. Bermain game atau berburu harta karun bersama keluarga.

Jika kamu ingin lebih aktif dan kreatif, kamu bisa bermain game atau berburu harta karun bersama keluarga di rumah. Kamu bisa memilih game yang sesuai dengan usia dan minat anggota keluarga, seperti board game, kartu, teka-teki, atau trivia. Atau, kamu bisa membuat permainan berburu harta karun dengan menyembunyikan hadiah lebaran di tempat-tempat tertentu di rumah dan memberikan petunjuk kepada anggota keluarga untuk menemukannya. Dengan begitu, kamu bisa menambah keseruan dan keceriaan di hari raya. Yang terpenting game tersebut hanya sekedar untuk bersenang-senang dan jauh dari perjudian.

Itulah beberapa tips bagaimana memanfaatkan waktu bersama keluarga di rumah selama lebaran tahun ini. Jangan lupa bahagia dan selalu berdoa untuk kebaikan keluarga tercinta. (dari berbagai sumber)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar