Skip to main content

Fix pesan "This site can't be reached" pada browser

Penajam.Com | Bismillah. Munculnya pesan "This site can't be reached" ketika mengakses sebuah website bisa sangat menjengkelkan. Pesan tersebut mengindikasikan bahwa browser tidak dapat terhubung ke server tempat website tersebut di-host. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab pesan tersebut, mulai dari kesalahan pada pengaturan jaringan, server down, hingga kesalahan pada pengaturan DNS.

Fix pesan "This site can't be reached" pada browser

Mungkin beberapa masalah dibawah ini bisa menjadi tanda mengapa pesan "This site can't be reached" muncul pada browser:

  1. Masalah koneksi internet - Jika tidak ada koneksi internet, maka pesan "This site can't be reached" akan muncul karena browser tidak dapat mencapai server website.
  2. Kesalahan URL - Jika URL yang dimasukkan tidak benar, pesan "This site can't be reached" akan muncul karena browser tidak dapat menemukan situs web yang dimaksud.
  3. Server website mengalami masalah - Jika server website mengalami masalah atau sedang down, pesan "This site can't be reached" akan muncul ketika browser mencoba mengakses situs web.
  4. Masalah dengan firewall atau antivirus - Jika pengaturan firewall atau antivirus tidak menambahkan situs web ke daftar yang diizinkan, pesan "This site can't be reached" akan muncul ketika browser mencoba mengakses situs web.
  5. Masalah DNS - Jika server DNS mengalami masalah atau tidak dapat merespon permintaan browser, maka pesan "This site can't be reached" akan muncul karena browser tidak dapat menemukan server website yang dimaksud.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk perbaiki masalah ini.

  1. Periksa koneksi internet Anda. Pastikan komputer atau perangkat seluler terhubung ke jaringan Wi-Fi atau seluler yang stabil.
  2. Bersihkan cache dan riwayat browser Anda. Buka pengaturan browser Anda dan cari opsi untuk membersihkan cache dan riwayat. Setelah membersihkan, coba akses kembali situs yang ingin Anda kunjungi.
  3. Matikan firewall atau perangkat lunak keamanan lainnya. Beberapa firewall atau perangkat lunak keamanan bisa memblokir akses ke situs tertentu. Matikan firewall atau ajukan permintaan ke penyedia layanan internet atau perangkat lunak keamanan Anda jika Anda tidak yakin mengenai hal ini.
  4. Coba gunakan proxy server. Beberapa penyedia internet memblokir akses ke situs tertentu. Anda bisa mencoba menggunakan proxy server untuk mengakses situs tersebut. Proxy server bisa membantu Anda menyembunyikan alamat IP.
  5. Coba gunakan VPN. VPN adalah virtual private network (jaringan pribadi virtual) yang bisa membantu Anda mengakses situs yang diblokir oleh penyedia internet atau firewall.
  6. Perbarui browser Anda. Kadang-kadang ada kesalahan di dalam browser itu sendiri. Anda bisa mencoba memperbarui atau menginstal ulang browser Anda untuk mengatasi masalah ini.
  7. Cek DNS server. DNS server bisa menjadi penyebab masalah ini. Anda bisa mencoba mengganti DNS server atau memperbarui DNS cache pada komputer Anda.

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar masalah ini ada pada server situs tersebut. Cobalah kembali mengakses situs tersebut di lain waktu.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar