Skip to main content

Inilah Perbedaan Telegram dengan WhatsApp

Banyak penelitian dan survey oleh banyak lembaga, antara Telegram dan WhatsApp pada dasarnya memiliki perbedaan persamaan dan perbedaan. Sebagai pengguna kita pasti akan memilih satu diantara kedua aplikasi ini karena berbagai macam alasan.

Kali ini akan kita bahas perbedaan kedua aplikasi populer ini dari segi keamanan, kecepatan dan kemudahan dalam penggunaannya.

Inilah Perbedaan Telegram dengan WhatsApp

Segi Keamanan
Baiklah kita bahas dari segi keamanan. Dalam hal keamanan aplikasi Telegram memiliki reputasi yang lebih baik daripada aplikasi WhatsApp. Telegram menggunakan teknologi enkripsi end-to-end untuk semua pesan dan panggilan yang dilakukannya. Hal ini sebagai indikasi bahwa hanya pengirim dan penerima pesan yang dapat membacanya pesan yang dikirim. Selain itu, Telegram juga memiliki fitur lain yaitu "Secret Chats". Fitur unggulan yang satu ini memungkinkan pengguna mengatur pesan untuk dihapus secara otomatis pada waktu yang telah di setel sebelumnya.

Lalu bagaimana dengan aplikasi WhatsApp?WhatsApp juga menggunakan teknologi enkripsi end-to-end, namun malah menghadapi beberapa kontroversi terkait privasi data pengguna. Tidak tinggal diam, WhatsApp mengambil langkah-langkah yang baik untuk meningkatkan keamanannya yaitu dengan menggabungkan fitur tambahan pada aplikasinya seperti verifikasi dua faktor (two step verification).

Segi Kecepatan
Selanjutnya kita bahas dari segi kecepatan. Untuk pertimbangan kali ini, Telegram cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan WhatsApp. Telegram memiliki infrastruktur server yang sangat baik, kuat serta memadai sehingga pesan antar pengguna dapat dikirim dengan cepat. Selain itu, Telegram sangat memungkinkan penggunanya agar dapat mengunggah dan mengirim file dalam ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan WhatsApp.

Sebagai informasi, jika di Telegram bisa menggunggah file hingga 2 GB/pesan, maka WhatsApp hanya maksimal 60 MB/pesan.

Segi Kemudahan 
Kita bahas perbedaan dari segi kemudahan penggunaan aplikasinya. Dalam hal ini banyak yang beranggapan bahwa aplikasi WhatsApp lebih mudah digunakan daripada aplikasi Telegram. Aplikasi WhatsApp memiliki tampilan antarmuka (user interface) yang simpel, sederhana dan intuitif, sehingga sangat mudah dipahami bahkan oleh para pengguna barunya. Kemudahan lainnya yaitu WhatsApp memiliki beberapa fitur seperti panggilan suara dan video yang sangat mudah diakses oleh penggunanya.

Inilah Perbedaan Telegram dengan WhatsApp

Sedangkan Telegram memiliki fitur dasar yang mirip dengan aplikasi sejenis, namun fitur-fitur tambahan yang dimiliki oleh Telegram, seperti bot dan channel bisa saja mempersulit pengguna pemula terlebih yang belum terbiasa dengan Telegram. Hal ini akan terbantahkan pada saat pengguna telah terbiasa dengan antarmuka (user interface) Telegram yang pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa Telegram dapat digunakan dengan mudah.

Sampai kita diakhir artikel yang dapat disimpulkan bahwa dalam hal memilih antara Telegram dan WhatsApp sekarang tergantung pada pilihan individu dan kebutuhan pengguna. 
Jika faktor keamanan menjadi prioritas utama pengguna, Telegram bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika pengguna mementingkan kemudahan pemakaian dan aksesibilitas, maka WhatsApp dapat menjadi pilihan yang lebih pas dibandingkan dengan Telegram. Selamat mencoba (mix).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar