Skip to main content

10 tips agar Windows 10 optimal

Penajam.Com | Bismillah. Windows 10 adalah sistem operasi yang penuh dengan fitur-fitur baru dan menarik yang layak untuk Anda jelajahi, terutama setelah pembaruan Mei 2021 '21H1'. Berikut adalah beberapa tips dan trik terbaik untuk meningkatkan produktivitas dan pengalaman Anda dengan Windows 10.

10 tips agar Windows 10 optimal

1. Gunakan instalasi kustom

Saat Anda mengatur Windows 10 di PC baru, pastikan Anda memilih opsi instalasi kustom alih-alih instalasi ekspres yang bawaan. Opsi ini lebih rumit tetapi memungkinkan Anda memodifikasi aspek-aspek penting dari instalasi Anda, seperti pengaturan privasi.

2. Hapus file lama setelah menginstal Windows 10

Jika Anda tidak berniat untuk kembali ke versi Windows sebelumnya, Anda bisa menghemat ruang disk dengan menghapus file OS lama. Buka Control Panel > System and Security > Administrative Tools > Disk Clean-up dan centang kotak 'Previous Windows installations' di daftar.

3. Keluar dari Windows

Menu Power di menu Start hanya mencakup opsi untuk Matikan dan Mulai Ulang komputer. Untuk masuk sebagai pengguna lain, buka menu Start dan klik nama Anda yang ditampilkan di bagian atas. Ini akan membuka menu yang mencakup opsi Keluar.

4. Pusat Aksi baru

Windows 10 mencakup Pusat Aksi baru yang melacak notifikasi dari seluruh sistem. Klik ikon gelembung teks di system tray dan panel akan mengalir keluar dari sisi kanan layar.

5. Pintasan keyboard snap baru

Pengguna keyboard bisa menghemat waktu dan snap window tanpa menggunakan mouse. Gunakan tombol Win + Tombol Panah untuk snap ke salah satu dari empat sudut layar dan gandakan perintah untuk mencapai kuadran. Misalnya, menekan Win + Tombol Panah Kanan, lalu Win + Tombol Panah Atas menempatkan jendela saat ini di sudut kanan atas.

6. Buat Windows ramah sentuh

Jika komputer Anda memiliki layar sentuh, Anda bisa mengaktifkan secara manual antarmuka Continuum yang ramah sentuh Windows 10 untuk mengoperasikan Windows dalam mode tablet.

7. Aktifkan Windows Hello

Windows Hello adalah sistem keamanan biometrik yang tersedia di Windows 10. Ini bisa memindai wajah, iris, atau sidik jari Anda untuk masuk ke Windows 10. Untuk mengaktifkannya, buka Settings > Accounts > Sign-in options dan pilih opsi Windows Hello Face, Fingerprint, atau PIN.

8. Akses menu Start tersembunyi

Windows 10 memiliki menu Start tersembunyi yang berisi pintasan ke beberapa alat administratif dan sistem penting, seperti Device Manager, Command Prompt, Task Manager, dan lainnya. Untuk mengaksesnya, klik kanan tombol Start atau tekan Win + X pada keyboard.

9. Salin dan tempel dengan Cloud Clipboard

Windows 10 memiliki fitur Cloud Clipboard yang memungkinkan Anda menyalin dan menempel teks, gambar, atau file antara perangkat yang berbeda yang menggunakan akun Microsoft yang sama. Untuk mengaktifkannya, buka Settings > System > Clipboard dan aktifkan opsi Sync across devices.

10. Rekam layar Anda dengan Game Bar

Windows 10 memiliki fitur Game Bar yang memungkinkan Anda merekam aktivitas layar Anda sebagai video atau tangkapan layar. Untuk menggunakannya, tekan Win + G pada keyboard dan klik tombol rekam atau tangkap layar di panel yang muncul.

Demikian 10 tips agar windows 10 yang kalian gunakan bisa optimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. (dari berbagai sumber).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar