Skip to main content

Kopi tubruk klasik. Begini cara buatnya!

Untuk membuat kopi tubruk yang enak, kalian hanya perlu menyiapkan alat dan bahan sederhana, seperti kopi murni, gula, dan air panas. Namun, ada takaran tertentu yang harus diperhatikan jika ingin menghasilkan kopi tubruk dengan rasa dan aroma yang sedap. Menurut Sivaraja, pemilik Amstirdam Coffee & Roastery, kopi tubruk yang enak sebaiknya dibuat dari 10 gram kopi murni dan 150 gram air panas.

Kopi tubruk klasik. Begini cara buatnya!

Air panas yang digunakan untuk membuat kopi tubruk bukan air bersuhu 100 derajat celsius. Menurut Sivaraja, air mendidih 100 derajat celsius akan mengubah kandungan mineral air. Ia menuturkan, kopi tubruk sebaiknya dibuat menggunakan air panas dengan suhu 90-95 derajat celsius.

Jika ingin menyantap kopi tubruk yang manis, kalian bisa menambahkan gula di awal proses pembuatan kopi tubruk. Tepatnya, setelah kopi sudah mulai larut dalam air panas, lalu tambahkan gula. Sivaraja juga menuturkan, kopi tubruk juga bisa ditambahkan dengan susu, seperti kental manis atau susu cair.

Halo, teman-teman! Apakah kalian suka minum kopi? Kalau iya, pasti sudah tidak asing dengan kopi tubruk klasik yang menjadi favorit banyak orang. Kopi tubruk adalah minuman kopi yang dibuat dengan cara yang sangat sederhana, yaitu menuangkan air panas ke dalam gelas atau teko yang sudah berisi bubuk kopi dan gula. Tidak perlu alat-alat canggih seperti mesin espresso atau french press, cukup dengan gelas dan sendok saja kita sudah bisa menikmati kopi tubruk yang nikmat.

Tapi, tahukah kalian bahwa ada beberapa tips dan trik untuk membuat kopi tubruk yang lebih enak dan aromatik? Yup, meskipun terlihat mudah, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat kopi tubruk agar hasilnya maksimal. Penasaran apa saja? Yuk, simak resep dan cara membuat kopi tubruk klasik yang saya bagikan di bawah ini!


Bahan-bahan:

- 2 sendok makan bubuk kopi (pilih jenis kopi yang kamu suka, misalnya robusta atau arabika)

- 150 ml air panas (jangan sampai mendidih, cukup panaskan hingga suhu 90-95 derajat celsius)

- 1-2 sendok teh gula pasir (sesuaikan dengan selera manis kamu)


Cara membuat:

1. Siapkan gelas atau teko yang bersih dan kering. Masukkan bubuk kopi dan gula ke dalamnya.

2. Tuang air panas secara perlahan ke dalam gelas atau teko. Aduk rata dengan sendok.

3. Diamkan selama 3-5 menit agar bubuk kopi mengendap di dasar gelas atau teko.

4. Tuang kopi tubruk ke dalam cangkir atau mug. Saring jika perlu.

5. Nikmati kopi tubruk klasik yang hangat dan harum.


Mudah sekali, kan? Dengan resep dan cara membuat kopi tubruk ini, kamu bisa menikmati minuman kopi yang lezat di rumah tanpa perlu repot-repot ke warung atau kedai kopi. Selain itu, kamu juga bisa menghemat uang karena bahan-bahannya sangat murah dan mudah didapat.

Nah, itu dia resep dan cara membuat kopi tubruk klasik yang saya ingin bagikan dengan kalian. Semoga bermanfaat dan bisa membuat hari-hari kalian lebih semangat dengan minum kopi tubruk. Jangan lupa untuk berbagi resep ini dengan teman-teman kalian yang juga suka minum kopi, ya! Sampai jumpa di resep selanjutnya!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar