Skip to main content

10 jajanan anti kantong bolong. Cek yuk!!!

Penajam.Com | Bismillah. Halo, teman-teman! Apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya. Kali ini saya mau berbagi tentang 10 jajanan anti kantong bolong yang bisa kamu nikmati kapan saja dan di mana saja. Jajanan ini cocok banget buat kamu yang suka ngemil tapi gak mau boros. Penasaran apa aja? Cek yuk!

10 jajanan anti kantong bolong. Cek yuk!!!

1. Pisang goreng. 

Siapa yang gak suka pisang goreng? Jajanan klasik ini selalu enak dimakan hangat-hangat dengan taburan gula pasir atau keju parut. Pisang goreng juga gampang dibuat di rumah, tinggal beli pisang, tepung, dan minyak goreng. Harganya juga murah meriah, cuma sekitar Rp 1000-Rp 2000 per potong.

2. Martabak manis. 

Martabak manis atau terang bulan adalah jajanan favorit banyak orang. Kamu bisa pilih topping sesuai selera, mulai dari coklat, kacang, keju, susu kental manis, hingga meses. Martabak manis juga bisa dibeli di pinggir jalan dengan harga mulai dari Rp 5000-Rp 10.000 per potong tergantung ukuran dan toppingnya.

3. Bakso. 

Bakso adalah jajanan yang bisa menghangatkan perut dan hati. Bakso bisa ditemukan di mana-mana, baik di gerobak, warung, hingga restoran. Kamu bisa pilih bakso sapi, ayam, ikan, atau campur dengan berbagai macam kuah dan bumbu. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp 5000-Rp 15.000 per mangkok.

4. Siomay. 

Siomay adalah jajanan asal Bandung yang terbuat dari daging ikan tenggiri yang dicincang halus dan dibentuk bulat atau pipih. Siomay biasanya disajikan dengan tahu, kentang, kol, telur, dan saus kacang pedas manis. Siomay juga bisa dibeli di gerobak keliling atau di warung-warung dengan harga mulai dari Rp 5000-Rp 10.000 per porsi.

5. Cireng. 

Cireng adalah singkatan dari aci goreng, yaitu adonan tepung kanji yang digoreng kering dan renyah. Cireng biasanya disajikan dengan saus rujak atau sambal kacang. Cireng juga mudah dibuat di rumah, tinggal beli tepung kanji, air, garam, dan minyak goreng. Harganya juga sangat murah, cuma sekitar Rp 500-Rp 1000 per buah.

6. Pempek. 

Pempek adalah jajanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu dan dibentuk menjadi berbagai macam variasi seperti kapal selam, lenjer, keriting, adaan, kulit, dan lain-lain. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang asam pedas dan ditaburi ebi sangrai. Pempek juga bisa dibeli di warung-warung atau di toko-toko khusus pempek dengan harga mulai dari Rp 5000-Rp 15.000 per porsi.

7. Kue cubit. 

Kue cubit adalah jajanan yang mirip dengan pancake mini yang digoreng di cetakan bulat-bulat kecil. Kue cubit biasanya disajikan dengan taburan gula halus, meses, keju parut, atau selai. Kue cubit juga bisa dibuat di rumah dengan bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, telur, gula, susu, mentega, dan baking powder. Harganya juga cukup murah, sekitar Rp 1000-Rp 2000 per buah.

8. Tahu bulat. 

Tahu bulat adalah jajanan yang terbuat dari tahu putih yang digoreng hingga kuning kecoklatan dan renyah di luar tapi lembut di dalam. Tahu bulat biasanya disajikan dengan saus sambal atau kecap manis dan ditaburi bawang goreng atau serundeng kelapa. Tahu bulat juga bisa dibeli di gerobak keliling atau di warung-warung dengan harga sekitar Rp 1000-Rp 2000 per buah.

9. Risoles. 

Risoles adalah jajanan yang terbuat dari kulit dadar tipis yang diisi dengan ragout daging ayam atau sayuran dan digulung lalu dilapisi tepung roti dan digoreng hingga renyah. Risoles biasanya disajikan dengan saus mayones atau saus tomat pedas manis. Risoles juga bisa dibuat di rumah dengan bahan-bahan mudah didapat seperti telur, tepung terigu, susu cair, daging ayam, wortel, kentang, bawang bombay, mentega, tepung roti, dan minyak goreng

10.Gemblong. 

Gemblong adalah jajanan tradisional yang terbuat dari ketan putih yang dibentuk bulat-bulat lalu direbus dan digoreng hingga kering dan renyah kemudian dicelupkan ke dalam gula merah cair.Gemblong biasanya disajikan dalam tusuk bambu atau dimakan begitu saja.Gemblong juga bisa dibuat di rumah dengan bahan-bahan sederhana seperti ketan putih,gula merah,garam,dan minyak goreng.Harganya juga sangat murah,cuma sekitar Rp 500-Rp 1000 per buah.

Nah,itulah 10 jajanan anti kantong bolong yang bisa kamu coba.Selain hemat dan enak,jajanan ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.Kamu bisa mengonsumsinya sebagai camilan di sela-sela aktivitas atau sebagai pengganti makanan utama.Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan alat makan ya.Semoga bermanfaat! (dari berbagai sumber).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar