Skip to main content

Tips Memilih Menu Sahur yang sehat

Penajam.Com | Bismillah. Saat bulan puasa tiba, selama sebulan penuh umat muslim melakukan ibadah puasa dengan menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Oleh karena itu, menu sahur menjadi sangat penting untuk memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

Tips Memilih Menu Sahur yang sehat

Tips pertama dalam memilih menu sahur yang sehat adalah memilih makanan yang mengandung serat tinggi, protein, sayuran dan buah-buahan. Contoh makanan yang mengandung serat tinggi, protein, sayuran, dan buah-buahan adalah salad sayuran yang berisi daun hijau, paprika, tomat, ketimun, alpukat, dan brokoli, dengan tambahan protein dari dada ayam panggang atau kacang-kacangan seperti kacang tanah atau kacang hijau. Untuk buah-buahan, bisa ditambahkan potongan apel atau pir. Makanan ini sangat sehat dan baik untuk pencernaan dan metabolisme tubuh. 

Serat dan protein tinggi, yaitu makanan yang mengandung serat dan protein tinggi adalah kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang hijau, dan kacang merah. Selain itu, ikan seperti salmon dan tuna juga merupakan sumber protein yang baik dan kaya akan omega-3. Sayur-sayuran seperti brokoli, bayam, dan kubis juga mengandung serat yang tinggi serta protein dalam jumlah yang cukup. dapat membantu menjaga kenyang dan menunjang kesehatan jangka panjang seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Konsumsi sayuran dan buah-buahan juga sangat penting karena mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Tips kedua adalah memperhatikan jumlah cairan yang diminum saat sahur. Tubuh kita membutuhkan banyak cairan untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. Oleh karena itu, disarankan untuk meminum setidaknya delapan gelas air per hari dan beberapa cairan lain seperti jus buah-buahan atau susu rendah lemak untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi.

Tips ketiga adalah memperhatikan jumlah porsi dan jangan berlebihan. Waktu antara sahur dan waktu berbuka tidak terlalu lama, sehingga tubuh tidak memerlukan asupan makanan yang terlalu banyak. Konsumsi makanan yang seimbang dan dalam jumlah yang tepat sangat penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan energi dalam tubuh.

Demikian tips sederhana ini, semoga bermanfaat bagi kita semua yang sedang berpuasa dan jangan lupa share di media sosial anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar