Skip to main content

Cara Termudah Mengetahui Umur SSD

Penajam.Com | Bismillah. Menurut informasi yang beredar dikalangan pengguna Laptop/PC bahwasanya Solid State Drive atau yang biasa dikenal sebagai SSD memiliki umur yang lebih pendek jika dibandingkan dengan hard disk drive atau HDD. Pertanyaannya adalah bagaimana kita sebagai pengguna SSD untuk mengetahui umur dari SSD yang kita gunakan? Pada kenyataannya saja HDD konvensional hanya bisa diperiksa kesehatannya. Sebagai informasi penting, bahwa kita sebagai pengguna SSD dapat memperkirakan umur sebuah SSD yang kita gunakan secara mudah. Lalu bagaimana cara memperkirakan atau mengetahui berapa umur SSD tersebut? Silahkan simak penjelasan dibawah ini.


Cara Termudah Mengetahui Umur SSD

Catatan: Cara yang akan kita gunakan berlaku untuk semua jenis SSD

Umur dari SSD dapat kita ketahui dari seberapa banyak data yang sudah di tulis oleh SSD, hal tersebut dikenal sebagai TBW (TeraByte Written). Tidak semua brand SSD memberikan data TBW dari produk mereka secara terang-terangan, kalian bisa cek pada website brand SSD kalian. Contoh informasi TBW yang tertera pada salah satu website brand SSD seperti ini.


Bagaimana Cara Mudah mengetahui Umur sebuah SSD

Cara cek Umur SSD | Cara mudah mengetahui umur SSD

Semisal kita memiliki SSD dengan kapasitas sebesar 512 GB memiliki TBW sebesar 500. Artinya SSD tersebut bisa melakukan write atau menulis data sebanyak 500 TeraByte (500.000 GB). Dalam hal ini pastinya setiap merek SSD yang beredar di pasaran memiliki jumlah TBW yang berbeda satu sama lain. Untuk mengetahui berapa besarnya TBW pada SSD yang ingin kita ketahui maka cara termudahnya dengan menggunakan aplikasi CrystalDiskInfo. Lalu apakah kita takut untuk berpindah menggunakan SSD dari yang tadinya setia menggunakan Hard Disk? Maka jawabannya adalah tergantung niat anda. Jika menginginkan kecepatan dan performa yang baik maka anda sudah tepat menggunakan SSD sebagai pengganti Hard Disk pada perangkat PC atau Laptop anda. Selamat mencoba.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar