Skip to main content

Fakta Menarik Aplikasi WhatsApp

Penajam.Com | Bismillah. Whatsapp merupakan aplikasi pengirim pesan sekaligus video call (panggilan telepon menggunakan video) paling populer saat ini. Ada beberapa fakta menarik mengenai aplikasi ini. Akan penulis uraikan pada tulisan dibawah ini. 


1. WhatsApp adalah aplikasi Android urutan ketiga paling banyak diunduh di dunia

WhatsApp menempati urutan ketiga di antara aplikasi seluler yang paling banyak diunduh di Google PlayStore. Di sisi lain, aplikasi ini menempati urutan pertama di AppStore milik Apple. Statistik menunjukkan bahwa perusahaan pengembang aplikasi seluler ini melampaui 1 miliar unduhan pada Desember 2015, apalagi hingga tulisan ini dibuat. Aplikasi ini hanya bisa dicapai oleh dua aplikasi populer lainnya yaitu aplikasi Facebook dan YouTube. Premisnya adalah bahwa YouTube sudah terpasang di sebagian besar ponsel cerdas Android dan perangkat lain.

2. Dimiliki oleh Facebook dengan nilai 19 miliar dollar

Facebook mengakuisisi aplikasi Whatsapp seharga 19 miliar dollar tepatnya pada tanggal 19 Februari 2014. Situs jejaring sosial populer "Facebook" pada akhirnya mengakuisisi WhatsApp. Hari itu, WhatsApp menghabiskan $ 19 miliar untuk menjadi akuisisi terbesar Facebook. Padahal beberapa waktu sebelumnya raksasa internet dunia yaitu Google juga berniat mengakuisisi WhatsApp namun belum berjodoh karena harga penawaran yang belum cocok.

3. Mendukung 60 bahasa berbeda

Selain menjadi aplikasi dengan nilai akuisisi yang terbilang wah, WhatsApp di Android memberikan dukungan untuk total 60 bahasa sebagai salah satu solusi pengiriman pesan kepada audiens globalnya. Satu aplikasi yang mendukung 60 bahasa dapat dikatakan sebagai keajaiban dalam sejarah pengembangan aplikasi seluler. WhatsApp dapat melakukannya.

4. Aplikasi yang di blokir dibeberapa negara

Tahukah Anda bahwa meskipun populer, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh dan WhatsApp juga dilarang/diblokir di 12 negara di seluruh dunia? Ya, ini menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi paling dilarang di dunia. Bersama dengan WhatsApp, Facebook dan Twitter kini tidak tersedia di tujuh negara. Pengguna di enam negara di dunia juga tidak dapat mengakses YouTube. Larangan ini berbeda-beda di setiap negara. UEA, Cina, Korea Utara, Suriah, Bangladesh, Iran, dan beberapa negara lain tidak mengizinkan aplikasi WhatsApp.

5. WhatsApp mengirim lebih dari 29 juta pesan disetiap menitnya

Tahun 2018 adalah tahun yang luar biasa bagi aplikasi WhatsApp. Data menunjukkan bahwa pengguna WhatsApp telah membagikan sekitar 29 juta pesan disetiap menitnya. Jumlah besar ini tidak termasuk gambar, video dan rekaman audio, hanya pada pesan teks saja. Luar biasa bukan.

Demikian 5 fakta menarik WhatsApp yang belum diketahui banyak orang. Sebagai salah satu pengguna pastinya mengetahui beberapa fakta ini akan menambah pengetahuan kita. Semoga bermanfaat dengan tulisan ini dan tulisan lainnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar