Skip to main content

3 Alasan Mengapa Harus Hemat Air

Penajam.Com | Bismillah. Pandemi covid-19 masih berlangsung di negara kita tercinta Indonesia. Kita tidak tahu hingga kapan pandemi ini akan berakhir, alih-alih tren kenaikan pasien dengan vonis positif covid-19 malah naik. Pemerintah dalam hal ini telah berusaha mensosialisasikan 3 M bagi seluruh masyarakat. 3 M tersebut yaitu Mencuci ✋ tangan menggunakan sabun sesering mungkin, Memakai masker jika berada diluar rumah dan Menjaga jarak ketika bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Walaupun telah disosialisasikan dengan menggunakan berbagai macam media, baik elektronik, internet, media sosial hingga menggunakan influencer (orang-orang berpengaruh dan diikuti oleh banyak orang terutama di media sosial). Melakukan PSBB dan melakukan hal penting lainnya. Semoga Allah memberkahi ketulusan pemerintah dalam upaya penanggulangan pandemi covid-19 ini. Aamiin.

Penggunaan air dalam skala rumah tangga pada masa pandemi ini juga dapat dikatakan lumayan drastis karena salah satu alasannya yaitu Mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun. Terutama sebelum makan dan sesudah buang air besar ketika dirumah dan ditempat lain. 

Alasan lainnya adalah kegiatan mandi setelah melakukan aktivitas di luar rumah juga banyak dilakukan masyarakat karena menjadi salah satu protokol kesehatan yang harus dilakukan. Selain itu penggunaan air juga banyak karena baju yang dipakai pada kegiatan diluar rumah juga banyak. Mengapa kita harus tetap berhemat dalam penggunaan air di sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa alasannya.

1. Hemat Air Hemat Pengeluaran

Kalimat diatas sangat sesuai sekali dengan kondisi sekarang. Dengan berhemat air maka pengeluaran rutin keluarga dapat ditekan seminimal mungkin. Apalagi dibeberapa daerah yang menggunakan air yang dikelola oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) menaikkan tarif dasarnya, sehingga jika kebiasaan dalam penggunaan air dengan jumlah sama dengan tarif baru seharusnya dapat melakukan penghematan.

2. Hemat Air Hak Warga Lain Terpenuhi

Dengan berhemat pemakaian air dalam rumah tangga, maka PDAM selaku pengelola air diwilayahnya dapat mendistribusikan air yang telah diolah ke wilayah yang kekurangan air atau belum mendapatkan pasokan air. Hal ini tidak berlaku bagi penduduk diwilayah dengan penggunaan sumur bor atau cara lainnya.

3. Hemat Air Mengurangi Dampak Buruk Pada Lingkungan

Karena pengelolaan air oleh PDAM dilakukan dengan menggunakan bahan kimiawi sintetis atau buatan maka akan berpengaruh pada lingkungan hidup disekitar kita. Mungkin saja efeknya belum dirasakan dalam waktu dekat namun dalam jangka waktu panjang akan terlihat. Wallahualam. 

Hemat air dalam penggunaannya adalah cara bijak dan akan memberikan keuntungan bagi diri sendiri dan orang lain. Selain itu berhemat dan menggunakan air sesuai dengan kebutuhan saja adalah cerminan pribadi yang baik. Mari kita berhemat penggunaan air terutama air yang berasal dari PDAM. Wallahualam semoga bermanfaat bagi semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar