Skip to main content

Cara Menggunakan WhatsApp Web Lengkap

Penajam.Com | Bismillah. WhatsApp boleh dikatakan sebagai aplikasi chatting paling populer di jagad raya ini. Dengan kemampuan serta kelebihan selain kekurangannya tentu sangat ditunggu fitur terbarunya. Menggunakan WhatsApp untuk berbagi file baik itu foto, infografis, gambar, file Office Word, Office Excel, Office Powerpoint bahkan file apk dan exe juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Tentunya sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Cara Menggunakan WhatsApp Web


Jika pengguna adalah orang-orang pemerintahan atau perkantoran biasanya akan menggunakan WhatsApp untuk berbagi file laporan dan sebagainya. Secara mudahnya kita dapat menggunakan layanan WhatsApp Web untuk melakukan hal tersebut.

Sebagai informasi saja bahwa WhatsApp meluncurkan aplikasi resmi WhatsApp Web hingga tulisan ini dibuat baru mendukung sistem operasi Windows saja. Sehingga selain pengguna Windows belum dapat menikmati aplikasi WhatsApp Web ini. Lalu bagaimana solusinya untuk pengguna dari sistem operasi Linux dan Macintosh milik Apple serta sistem operasi lainnya?. Anda bisa menggunakan browser untuk mengakses WhatsApp Web ini. Boleh dikatakan semua browser dapat digunakan untuk mengakses WhatsApp Web. Pengalaman penulis semua browser berbasis Chromium dan Mozilla Firefox dapat digunakan.

Syarat dan Cara Menggunakan WhatsApp Web

Lalu bagaimana cara termudah menggunakan WhatsApp Web tersebut di komputer, PC atau Laptop anda?. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat mengakses WhatsApp Web antara lain :

  1. Sistem operasi Windows, Linux, Macintosh,
  2. Browser( Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari, Microsoft Edge, Opera, Brave, Chromium dan browser lainnya),
  3. Akses Internet,
  4. Aplikasi WhatsApp yang terinstall di smartphone.

Khusus Windows seperti yang disebutkan diatas dapat menggunakan aplikasi resmi WhatsApp Web tanpa harus menggunakan browser.

Kali ini penulis akan menunjukkan cara termudah mengakses WhatsApp Web melalui browser.

Pertama buka browser yang anda gunakan atau browser favorit anda lalu ketikkan pada address bar dengan alamat web.whatsapp.com kemudian enter.

Cara menggunakan WhatsApp Web dengan mudah

Setelah scan barcode ini berhasil, maka anda akan dibawa pada tampilan WhatsApp Web mirip dengan yang ada di smartphone anda dari menu tampilannya.

Menu WhatsApp Web

Cara melihat story di Whatsapp Web

Bagaimana cara melihat story Whatsapp jika kita mengakses WhatsApp Web di komputer PC atau laptop kita?. Sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu menekan tombol pada gambar diatas pada nomor 1 yang berbentuk 3 garis putus melingkar. Nanti anda akan dibawa pada menu my status, pada menu tersebut terdapat recent status (status terakhir) dari teman-teman anda.

Cara melihat story WA di WhatsApp Web


Cara chatting di WhatsApp Web

Cara chatting di Whatsapp Web boleh dikatakan sama dengan ketika kita chatting dengan menggunakan aplikasi di smartphone kita. Pada gambar diatas kita bisa memulai suatu chat dengan teman atau kolega dari kontak dengan cara mengklik ikon pada angka 2.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Setelah terbuka biasanya akan muncul chat atau percakapan sama dengan di smartphone yang kita gunakan. Karena memang WhatsApp Web ini sistemnya sinkronisasi dengan yang kita gunakan di smartphone.

Cara mengirim foto, gambar dan video langsung dari kamera melalui WhatsApp Web

Mengirim foto, gambar atau video langsung melalui kamera di PC laptop atau komputer melalui WhatsApp Web dapat dilakukan dengan mudah dengan cara menekan tombol attachment lalu pilih gambar kamera dan jika komputer, PC atau laptop anda mendukung penggunaan kamera maka akan muncul menu untuk mengambil gambar tersebut. Namun sepertinya anda harus bersiap-siap dengan kualitas gambar dari kamera komputer yang tentu saja berbeda dengan kamera smartphone. Silahkan lihat keterangan nomor 1 pada gambar dibawah.

Cara mengirim foto, gambar dan video melalui WhatsApp Web

Mengirim foto, gambar dan video merupakan salah satu manfaat yang bisa dimaksimalkan dengan menggunakan WhatsApp Web ini. Biasanya kebanyakan pengguna dari kirim mengirim foto ini adalah para karyawan atau pegawai yang mendokumentasikan berbagai kegiatan atau acara yang dokumentasi tersebut tersimpan di handphone dan akan dikirimkan serta disimpan dalam PC Laptop atau komputer dan sebaliknya dari PC komputer atau laptop ke smartphone lainnya. Tujuannya selain sebagai backup juga biasa dokumentasi digunakan sebagai salah satu bahan kelengkapan administrasi pertanggungjawaban keuangan di kantor.

Cara mengirim foto, gambar dan video melalui WhatsApp Web dapat dilakukan dengan menekan tombol attachment pada posisi tengah antara tombol pencarian dan titik tiga. Pada pilihan pertama menu attachment tersebut adalah menu mengirim foto, gambar dan video. Setelah terbuka biasanya akan diarahkan pada menu atau explorer terakhir kita membuka file di PC Komputer Laptop. Silahkan dipilih apa saja foto, gambar ataupun video yang akan dikirim.


Cara mengirim kontak di WhatsApp Web

Kita dapat mengirimkan kontak yang ada pada smartphone Android atau iPhone kita melalui WhatsApp Web. Karena prinsip WhatsApp Web adalah sinkronisasi dengan yang ada di smartphone maka termasuk kontak Whatsapp dapat dikirim ke kontak lainnya. Hal ini berguna bila di Whatsapp Grup atau ada teman lama ingin menghubungi teman lainnya sementara dia tidak punya kontak yang ingin dihubungi dan kita memiliki kontak yang dimaksud.

Caranya mudah. Anda hanya perlu menekan tombol attachment yang berada di tengah-tengah antara tombol pencarian dan titik tiga disebelah kanan menu. Lalu pilih kontak pada pilihan ketiga dari atas tombol attachment tersebut. Maka pilihlah kontak yang ada didalam buku kontak WhatsApp anda. Seharusnya sudah berhasil jika langkah ini diterapkan dengan baik. Silahkan lihat keterangan nomor 4 pada gambar diatas.

Cara mengirim file Office Excel, Word dan Powerpoint di WhatsApp Web

Ketika anda menggunakan WhatsApp Web ini tentunya banyak file-file Office yang akan anda bagi (sharing) dengan orang lain dalam satu tim atau satu kantor anda. Memang memudahkan karena tidak semua orang menyimpan file-file pekerjaan mereka didalam smartphone mereka. Sering kali terjadi adalah orang-orang akan menyimpan file mereka didalam komputer atau PC mereka.

Caranya cukup mudah. Anda masuk pada chat atau grup di WhatsApp anda lalu pilih simbol attacment/lampiran pada sisi kanan -- klik --- pilih dokumen/document atau baris ketiga dari atas. Nantinya ada akan dibawa pada lokasi terakhir anda akses file melalui browser. Namun secara mudahnya silahkan simpan file yang hendak dikirim pada folder Dokumen/Document atau Desktop dalam bentuk folder. Hal ini untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Silahkan keterangan gambar nomor 3 diatas.

Cara mengirim file di WhatsApp Web

Berbagai macam file dapat kita kirim melalui WhatsApp Web ini. Mulai dari file .7zip, .Zip, .RAR, .exe, .apk, .msi dan format lainnya. Caranya mudah dan sama dengan cara mengirim dokumen Office dan PDF serta gambar. Kita hanya perlu menekan tombol dokumen setelah kita masuk di chatting baik di perorangan maupun di grup. Cari tombol attachment sebelah kanan antara tombol pencarian dan titik tiga. Lalu pilih dokumen dan biasanya langsung dibawa pada Explorer atau folder terakhir yang kita buka. Pilih file yang akan dikirimkan dan seharusnya jika berjalan lancar maka file tersebut akan terkirim cepat. Silahkan lihat keterangan nomor 3 pada gambar diatas.

Demikian cara termudah dan terlengkap bagaimana menggunakan WhatsApp Web untuk mendukung pekerjaan kita sehari-hari. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Tulisan akan berusaha diperbarui jika ada informasi tambahan lainnya. Insya Allah.

Jangan disalahgunakan ilmu mengenai WhatsApp Web ini, mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena ada beberapa kasus yang sering terjadi yaitu menyalahgunakan WhatsApp Web untuk membajak akun orang lain sehingga merugikan orang lain. Jangan lupa untuk share artikel ini diberanda sosial media anda. Terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar