Skip to main content

Khasiat Manfaat Daun Pandan Hijau

Penajam.Com | Bismillah. Daun pandan merupakan salah satu tumbuhan yang banyak sekali tumbuh di wilayah negara Indonesia yang merupakan daerah tropis. Hal ini juga tidak bisa lepas dengan keseharian kita yang sering sekali menggunakan daun pandan hijau ini untuk berbagai keperluan dalam rumah tangga seperti membuat sirup pandan, campuran kolak pisang, kolak ubi, kolak singkong, pewangi nasi yang dimasak, pembungkus ayam panggang dan lain sebagainya. Berikut beberapa khasiat dan manfaat serta cara membuat atau sajian daun pandan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan kita.

Khasiat Manfaat Daun Pandan Hijau


Membantu Menambah Nafsu Makan
Biasanya anak-anak akan kehilangan nafsu makan pada kondisi tertentu. Hal ini juga berlaku untuk orang dewasa. Salah satu cara efektif untuk mengembalikan nafsu makan yaitu anda dapat membuat teh rebusan daun pandan hijau. Caranya sangat mudah yaitu dengan  merebus daun pandan bersama air biasa. Setelah air rebusan mendidih, tuang ke dalam gelas saji lalu tambahkan madu atau gula merah secukupnya. Seduhan teh pandan hangat akan segera membantu mengembalikan selera makan anda atau anak anda.

Membantu Menurunkan Demam
Demam dapat dikatakan sebagai pertanda bahwa tubuh kita sedang melawan infeksi atau serangan virus. Orang yang mengalami demam akan terjadi peningkatan suhu tubuh sehingga ada rasa tidak nyaman pada tubuh. Sebagai salah satu solusi untuk menurunkan demam pada tubuh, anda bisa meminum air seduhan daun pandan. Setelah itu, panas tubuh anda akan segera turun dengan perlahan. Insya Allah dan layak dicoba sebagai salah satu ikhtiar kita.

Mencegah Kanker
Makanan yang kita konsumsi secara sembarangan ternyata pada akhirnya dapat menyebabkan kanker pada tubuh kita. Pola konsumsi makanan tidak sehat ini terkadang tidak kita sadari sedini mungkin. Sebagai langkah antisipasi pencegahan kanker kita dapat mengkonsumsi daun rebusan pandan hijau (teh daun pandan). Insya Allah dengan rutin mengkonsumsi teh daun pandan maka tubuh akan mengeluarkan racun dari makanan tidak sehat tersebut. Selain itu, teh daun pandan hijau ternyata juga ampuh menghambat zat karsinogen yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

Mengatasi Insomnia
Insomnia adalah salah satu bentuk gangguan pada seseorang yaitu kesulitan untuk tidur dimalam hari. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain pikiran yang tidak tenang dan selalu merasa gusar dan gindah gulana. Daun pandan yang diolah menjadi teh pandan hijau merupakan salah satu solusi yang baik mengatasi insomnia. Hal ini dimungkinkan dengan mengkonsumsi teh daun pandan hijau maka pikiran akan menjadi tenang dan anda dapat dengan mudah tidur bahkan dengan sangat lelap. Lalu cara membuatnya bagaimana? Pertama ambil daun pandan secukupnya lalu seduh dengan air panas, setelah air tersebut hangat masukkan satu sendok teh madu. Bisa langsung diminum selagi hangat.

Mengatasi Kerontokan Rambut
Rambut yang rontok pada kepala anda lama kelamaan dapat menyebabkan kebotakan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menumbuk daun pandan, lalu mengoleskannya dengan merata di seluruh bagian kepala dan bilas kepala hingga bersih. Lakukan secara rutin setiap pagi. Insya Allah akar rambut anda bertambah kuat dan pastinya rambut anda tidak akan mudah rontok lagi.

Membantu Atasi Perut Kram
Kram pada bagian perut dapat terjadi diakibatkan adanya masalah pada pencernaan hingga infeksi di dalam perut. Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan daun pandan hijau dengan cara memotongnya menjadi ukuran kecil-kecil, rebus daun pandan tersebut hingga mendidih. Langkah terakhir yaitu saring dan minum air rebusan tersebut selagi masih hangat. Layak dicoba cara ini. Selamat mencoba.

Menurunkan Tekanan Darah
Pola makan yang kurang sehat, seperti konsumsi garam berlebih dapat mengakibatkan hipertensi. Jika dibiarkan, hipertensi bisa menyebabkan penyakit stroke, serangan jantung, dan gangguan ginjal. Untuk itu, jika sudah ada tanda-tanda gejala hipertensi, sebaiknya segera diatasi. Kita dapat mencoba mengatasi tekanan darah yang tinggi tersebut dengan cara merebus dua lembar daun pandan dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Lalu minum air rebusan tersebut. Insya Allah tekanan darah (hipertensi) akan teratasi.

Mengobati Panu
Panu bagi sebagian orang terkadang sungguh mengganggu penampilan walaupun bentuknya yang kecil. Pasalnya, penyakit panu adalah infeksi jamur yang ditandai dengan adanya bercak-bercak putih pada kulit. Tidak hanya mengganggu penampilan, panu juga bisa membuat tidak nyaman akibat rasa gatal yang ditimbulkan. Untuk mengatasi panu, anda perlu terlebih dahulu menghaluskan daun pandan. Setelah itu, peras airnya, lalu beri garam secukupnya. Minum satu kali sehari selama tiga hari. Jika panu hilang, anda akan kembali percaya diri.

Mengatasi Rematik
Gejala rematik salah satunya adalah pegal-pegal atau nyeri pada lutut yang dialami oleh seseorang akibat kelelahan yang berlebihan hingga ada juga kasus gejala rematik hingga sampai mengalami pembengkakan pada bagian sendi. Dalam hal ini daun pandan hijau dapat mengurangi rasa sakit yang dialami oleh pada penderita rematik. Cara membuatnya yiatu  persiapkan 3 lembar daun pandan hijau, iris tipis-tipis, lalu seduh irisan daun pandan tersebut tersebut dengan minyak kelapa panas. Aduk sampai daun menjadi layu lalu dinginkan. Langkah terakhhir yaitu dengan membalurkan campuran tersebut pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Insya Allah rasa nyeri akan segera hilang.

Menghilangkan Ketombe
Ketombe dikepala sangat mengesalkan. Apalagi jika terjadi pada kita yang sedang sibuk dengan pekerjaan yang menumpuk. Walaupun banhyak faktor penyebab ketombe, namun dengan ramuan sederhana daun pandan, kita dapat berusaha menghilangkan ketombe yang mengganggu di kepala. Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk 10 lembar daun pandan hingga halus, lalu tambahkan sedikit air. Langkah selanjutnya usapkan ramuan daun pandan tersebut pada seluruh bagian rambut/kepala yang berketombe tersebut serta lakukan hal ini sebelum kita keramas menggunakan shampo seperti biasanya.

Sebenarnya masih banyak manfaat daun pandan hijau ini bagi kita dirumah tangga. Namun yang disebutkan ini hanya sebagian saja. Semoga bermanfaat bagi semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar