Skip to main content

Sejarah Berdirinya WhatsApp

Penajam.Com - Bismillah. Siapa diantara netizen yang tidak mengenal aplikasi populer ini? Ya. WhatsApp Messenger. Sebuah aplikasi pengirim dan penerima pesan singkat (baca : aplikasi chatting) yang telah diistal pada jutaan perangkat smartphone lintas sistem operasi dan sekarang bahkan dapat digunakan pada sebuah Web Browser dan aplikasi Komputer. Pada saat tulisan ini dibuat baru mendukung sistem operasi Windows dan Apple, kemungkinan untuk sistem operasi lain seperti Linux akan didukung. Wallahua'lam.

Sejarah Berdirinya WhatsApp yang jarang diketahui
Image by Maret Hosemann from Pixabay
Ketika kita melihat dan merasakan sebuah aplikasi pastilah tidak akan terlepas dengan namanya sejarah berdirinya aplikasi tersebut. Sejarah WahtsApp sendiri bermula dari tanggal 24 Februari 2009, yang berarti pada saat tulisan ini dibuat aplikasi WhatsApp telah menginjak umur sebelas tahun. WhatsApp dibuat oleh Brian Acton serta Jan Koum yang sempat menjadi karyawan perusahaan raksasa pada waktu itu yaitu Yahoo Inc. Berbekal dana sebesar $400.000 yang didapat selama menjadi karyawan Yahoo, Koum bertemu dan berdiskusi dengan seorang temannya yaitu Alex Fishman untuk bertukar pikiran mengenai App Store yang kala itu terkini berumur 7 bulan, Koum merasa toko milik Apple tersebut memberikan peluang bagus. Fishman setelah itu menolong Koum mencarikan developer aplikasi iPhone bernama Igor Solomennikov yang berasal dari negara Rusia.

Setelah WhatsApp Inc berdiri, aplikasi WhatsApp sendiri sedang jauh dari sempurna. Dalam sebagian percobaan yang dilakukan, WhatsApp mengalami beberapa kali crash serta gagal berjalan dengan normal. Putus asa, Koum berjanji akan menutup perusahaannya serta mencari profesi lain. Tetapi Brian Acton mendorongnya agar bertahan satu bulan saja. Pada akhirnya ketika melampaui tahap beta yang lumayan jauh, pada bulan November 2009, WhatsApp secara resmi mengawali kiprahnya di App Store. Tadinya, Koum telah diajak bergabung bersama 5 mantan karyawan Yahoo! yang lain buat mendanakan. Sehabis mendatangi App Store, pada bulan Januari 2010 WhatsApp mengembara ke BlackBerry Store serta disusul Android pada bulan Agustus.

Walaupun statusnya telah diganti dari aplikasi gratis/free menjadi aplikasi berbayar, namun reputasi WhatsApp semakin bagus pada hampir seluruh sistem operasi smartphone. Pada bulan Februari 2013 konsumen aktif WhatsApp meledak di nilai 200 juta. Nilai ini membesar 2 kali bekuk pada bulan Desember serta naik lagi jadi 500 juta pada bulan April 2014. Serta per September 2015, konsumen aktif WhatsApp terdaftar sebesar 900 juta.

Pesatnya perkembangan itulah yang membuat Facebook jatuh hati pada WhatsApp. Gayung bersambut, WhatsApp Inc menyambut pinangan Facebook dengan mahar sebesar 19 miliyar US Dollar. Setelah menjadi milik Facebook tidak banyak perubahan pada aplikasi WhatsApp selain melakukan update secara rutin, sehingga juga tanpa iklan berbayar didalam aplikasinya ini. Tidak seperti yang dikhawatirkan oleh banyak orang. Namun siapa yang menjamin jikalau suatu saat aplikasi ini akan diuangkan oleh pemiliknya. Wallahua'alam.

Bagaimana dengan cerita sejarah WhatsApp diatas? Jadikan pelajaran bahwa semua dapat dicapai dengan usaha optimal. Semoga mencerahkan ya teman-teman pembaca sekalian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar