Skip to main content

Cara Terbaik dan termudah untuk menambah berat badan

Penajam.Com | Bismillah. Ada sebagian orang yang ingin menurunkan berat badannya karena berbagai macam alasan. Namun ada juga sebagian orang ingin menambah berat badan karena beberapa alasan juga seperti ingin terlihat cantik dan sehat. Ada pula yang ingin menambah berat badan karena ingin segera punya momongan.
Namun tahukah anda jika menambah berat badan tidak sesulit yang diperkirakan. Dibawah ini akan diuraikan beberapa cara menambah berat badan hingga sesuai dengan target yang anda canangkan.

Cara Terbaik dan termudah untuk menambah berat badan
Minum banyak air
Banyak orang yang tidak menekankan minum air putih, mereka biasanya lebih suka minum minuman bersoda, seperti minuman untuk menyegarkan tubuh. Bahkan meminum minuman bersoda secara tidak langsung akan merugikan tubuh, karena bahan kimia tertentu dalam minuman bersoda dapat berbahaya bagi tubuh. Mulai sekarang, kembangkan kebiasaan minum air putih terutama di pagi hari. Semakin banyak air yang Anda konsumsi setiap harinya maka tubuh anda akan semakin sehat. Sehingga pada akhirnya proses pencernaan dalam tubuh anda akan semakin membaik dan berakibat pada penyerapan nutrisi dari makanan anda yang semakin baik pula. Sangat dianjurkan untuk anda agar minum dengan porsi terlalu banyak air dan hanya minum maksimal sebanyak 8 gelas sehari untuk mencegah dehidrasi.

Makan lebih banyak makanan mengandung karbohidrat
Berbagai makanan yang terdapat banyak karbohidratnya seperti: sayuran, buah-buahan, beras merah, dan makanan yang terbuat dari gandum, contohnya seperti roti dan sereal. Makanan berbahan dasar gandum merupakan makanan yang kaya serat dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Kunyah makanan hingga halus dan lumat
Perkara ini sepertinya sepele yaitu mengunyah makanan hingga menjadi halus dan lumat. Namun, mengunyah makanan hingga halus sangat berperan dan membantu menambah berat badan, karena makanan yang halus akan memudahkan tubuh dalam mencerna makanan. Apalagi makanan yang dimakan relatif keras sehingga sangat sulit dicerna tubuh.

Tingkatkan ukuran porsi atau makan lebih sering
Cara ini sudah tidak asing lagi dengan menambah berat badan. Dengan memperbanyak porsi makan maka tubuh akan mendapat asupan yang lebih banyak, sehingga membentuk tubuh yang utuh. Bisa juga makan lebih sering, misalnya makan hanya 3 kali sehari dan makan dalam jumlah sedikit, lalu bisa ditingkatkan menjadi 4-5 kali.

Kebutuhan protein yang cukup
Cara menambah berat badan dengan memenuhi kebutuhan protein. Sumber protein yang sehat bisa berasal dari ayam, ikan dan kacang-kacangan yang dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh.

Persyaratan mineral yang cukup
Mineral dapat diperoleh dari buah-buahan, susu, keju, sayur mayur, daging merah dan kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh manusia.

Kebutuhan lemak yang cukup
Sumber lemak sehat, seperti asam lemak tak jenuh ganda, omega-3, dan omega-6. Sumber lemak omega-3 bisa didapatkan dari ikan dan kenari. Padahal sumber lemak Omega-6 bisa didapat dari minyak nabati (seperti minyak kelapa, minyak biji matahari, jagung).

Kebutuhan vitamin yang cukup
Sumber vitamin bisa didapatkan dari berbagai macam buah-buahan, seperti buah strawberry yang mengandung vitamin C atau pisang yang kaya vitamin E.

Hindari begadang
Jika Anda berencana menambah berat badan, Anda harus menghilangkan kebiasaan begadang kecuali Anda harus melakukan sesuatu yang penting. Tubuh manusia sangat membutuhkan istirahat yang cukup, terutama pada malam hari. Pada malam hari adalah saat tubuh beristirahat setelah seharian beraktifitas dan berolahraga. Dengan istirahat yang cukup di malam hari, tubuh akan memulihkan dan meningkatkan fungsinya.

Hindari kafein
Anda harus benar-benar mempertimbangkan kembali untuk mengonsumsi kafein selama menjalankan program penambah berat badan. Hal ini karena kafein yang terkandung dalam kopi berperan dalam menekan nafsu makan. Kandungan asam dalam kopi meningkatkan asam lambung yang pada akhirnya meningkatkan risiko sakit maag yang akan semakin membuat tubuh sulit makan.

Berhenti merokok
Bagi perokok aktif, penurunan berat badan bisa disebabkan oleh merokok. Ini karena merokok, seperti halnya kafein, mengurangi nafsu makan dan merusak fungsi organ lain di dalam tubuh. Sebaiknya segera berhenti merokok. Jika merokok dapat menyebabkan asma, maka merokok tidak hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga orang di sekitar Anda.

Perbanyak camilan
Kudapan juga bisa memberikan efek yang baik dalam proses penambahan berat badan, terutama bagi mereka yang kurang nafsu makan. Camilan dapat memenuhi kebutuhan kalori tubuh manusia.

Minum susu secara teratur
Bukan hanya anak-anak loh bahkan ketika anda beranjak dewasa, maka anda harus membiasakan diri untuk senantiasa minum susu. Hal ini dikarenakan fungsi susu tidak hanya menyehatkan tapi juga dapat menambah berat badan. Dianjurkan minum susu dua kali sehari. Susu merupakan unsur penting yang harus kita konsumsi karena termasuk dalam 4 makanan sehat dan 5 makanan sempurna.

Berolahraga
Meskipun anda makan banyak makanan sehat dan berusaha keras untuk menambah berat badan, jikalau anda jarang berolahraga maka usaha anda akan terasa sia-sia. Semua cara menambah berat badan harus diimbangi dengan aktivitas olahraga yang teratur. Anda bisa melakukan latihan ringan seperti bersepeda atau push up serta gerakan lainnya.

Penyakit tertentu
Penyakit- penyakit tertentu, seperti tuberkulosis, asma, diabetes, gangguan hormon tiroid, penyakit saluran cerna, kanker, dll, dapat menyebabkan penderita bertambah gemuk, bahkan dalam beberapa kasus, berat badan justru akan bertambah. Oleh karena itu, koordinasi antara dokter dan pasien sangat penting dilakukan untuk mengatasi akar penyebab penyakit.

Bagaimana? Mudah bukan? Sederhana dan tentunya sangat menyenangkan jika anda benar-benar serius menjalankannya. Selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar