Skip to main content

6 Peluang Usaha Yang Masih Jarang Namun Menguntungkan

Penajam.Com | Bismillah. Para wirausahawan dapat mengadopsi berbagai strategi agar bisnisnya berjalan dengan baik dan mendapatkan keuntungan darinya, mulai dari mendesain produk seunik mungkin (dari nama hingga kemasan), menjual produk dengan harga yang lebih rendah dari pesaing (strategi berbiaya rendah), atau bahkan memperluas skalanya. Menempati pasar melalui kegiatan promosi.

Namun selain strategi tersebut, ada strategi lain yang juga dikenal sebagai senjata rahasia para wirausahawan yaitu menemukan jenis-jenis usaha yang jarang tetapi dibutuhkan konsumen. Oleh karena itu, pengusaha yang menjalankan usaha dapat meminimalkan persaingan. Pada saat yang sama, kurangnya persaingan akan berdampak pada jumlah keuntungan yang mungkin didapat.

6 Peluang Usaha Yang Masih Jarang Namun Menguntungkan

Nah, di bawah ini kita akan membahas enam peluang bisnis modal kecil yang menjanjikan, yang masih langka namun menguntungkan karena sebenarnya banyak yang membutuhkannya. Ada apa, yuk kita simak bersama!

1. Menjadi seorang desainer grafis

Jasa desain grafis sebenarnya memiliki peluang pasar yang besar karena membutuhkan banyak orang. Mulai dari desain kaos dan jaket, hingga logo perusahaan, kartu nama, booth, poster, dll. Sayangnya, desain grafis adalah profesi yang tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Jika Anda tergolong orang yang memiliki keahlian di bidang desain grafis, maka Anda patut berterima kasih atas kesempatan untuk memulai bisnis dan menghasilkan uang dari bidang tersebut.


2. Bisnis Pengolahan Kopi

Maraknya tren minum kopi, terutama di kalangan generasi muda, tidak hanya membuat kedai kopi dan kafe ramai dikunjungi, tetapi juga menyemangati para pengguna perusahaan pengolah kopi seperti kedai kopi dan kafe serta perorangan (alias penikmat kopi) banyak berdiri. Sesuai dengan namanya, usaha pengolahan kopi merupakan kegiatan usaha yang mengolah biji kopi menjadi bubuk kopi.

Uniknya, meski permintaan kopi tinggi, bisnis pengolahan kopi merupakan peluang bisnis dengan peluang bersaing yang minim. Jika berminat, Anda perlu menyiapkan modal awal minimal Rp5 juta dan iuran bulanan rata-rata 15 juta, dan Anda berkesempatan mendapatkan omzet bulanan sebesar 30 juta.

3. Salon Muslimah

Keberadaan produk muslimah wanita seperti hijab, baju muslim dan produk kecantikan sepertinya masih kurang, dan hingga saat ini terdapat peluang bisnis baru yaitu salon muslim. Bahkan jika salon tersebut ditandai sebagai salon Muslim, ada beberapa salon yang memperbolehkan orang non-Muslim untuk mencoba layanan yang mereka berikan.
Manfaat yang diberikan oleh jasa salon muslim adalah tidak ada pegawai laki-laki. Dengan cara ini para wanita Anda, terutama yang mengenakan jilbab, dapat dengan leluasa menjaga tubuhnya tanpa perlu khawatir seseorang akan melihat alat kelamin Anda. Bisnis ini masih sangat langka.

4. Bisnis Food Truck

Pemilik usaha kuliner modal kecil atau besar pasti sudah tidak asing lagi dengan food truck. Food truck  atau bisa disebut dengan truk katering merupakan salah satu media penjualan yang populer. Penggunaan food truck dalam industri memasak dinilai sangat penting dalam menekan harga sewa dan renovasi gedung yang biasanya mencapai 600 juta hingga 150 juta. Ini bisa menjadi salah satu keterampilan bisnis memasak bagi pemula.

Dengan adanya bisnis memasak dengan menggunakan food truck maka permintaan food truck akan semakin meningkat. Untuk memulai bisnis food truck memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun potensi keuntungan yang didapat sangat besar dan menjanjikan. Selain itu, belum banyak kompetitor dalam bisnis food truck khususnya di kota-kota kecil.

5. Toko Bunga

Bunga selalu identik dengan kata dan ungkapan. Inilah yang membuat banyak orang mengira toko bunga hanya laris di momen-momen tertentu. Bahkan bisa dikatakan cara menyapa dengan bunga cukup luas, tidak hanya mengucapkan selamat dibukanya gedung baru, dibukanya usaha baru, wisuda / wisuda, ulang tahun, tapi juga ungkapan duka cita.

Harga karangan bunga yang dibuat oleh toko bunga termurah sekitar 500.000 rupee, dan potensi omset bulanan toko bunga biasanya sekitar 6 juta rupiah. Padahal, dana yang dibutuhkan untuk membuka toko bunga (tidak termasuk tempat yang disewakan) hanya menghabiskan biaya Rp 3-5 juta. Bisnis toko bunga juga tergolong sebagai perusahaan yang paling tidak kompetitif karena tidak semua orang memiliki keahlian dalam merangkai bunga.

6. Menjual Foto Secara Online

Pernahkah Anda bertanya-tanya dari mana asal gambar yang muncul di situs pencarian? Foto-foto ini diambil oleh fotografer dan kemudian diposting online di beberapa situs media sosial. Oleh karena itu, tidak jarang beberapa foto ditandai sebagai hak cipta, yang artinya tidak dapat diunduh secara gratis.

Nah, bagi yang menyukai fotografi, Anda juga bisa menghasilkan uang dari pemotretan dengan cara ini. Caranya mudah, Anda hanya perlu mendaftar di beberapa website (seperti shutterstock, adobestock, gettyimages atau istockphoto) dan mengupload foto yang telah anda ambil di agensi penjual foto tersebut.

Ini adalah beberapa peluang bisnis yang masih terbuka bagi semua yang sedang mencari peluang bisnis, namun jarang yang memanfaatkan peluang tersebut. (RW*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar