Skip to main content

Manfaat Air Putih Bagi Manusia

Penajam.Com | Bismillah. Ada banyak sekali manfaat air putih, dan jika kita menjabarkannya satu per satu, mungkin tidak ada habisnya. Manfaat langsungnya mungkin menghilangkan rasa haus pada siang atau malam hari. Tidak hanya itu saja, manfaat air akan bertambah banyak dan berdampak positif bagi kesehatan kita.

Manfaat air putih bagi kesehatan, ternyata banyak sekali air biasa yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya atau mencegah penyakit berbahaya. Perlu diketahui bahwa tubuh kita terdiri dari lebih dari 70% cairan, sehingga kebutuhan akan cairan sangat tinggi. Manfaat air dalam tubuh kita tidak bisa digantikan oleh apapun. Cairan ini bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi air yang cukup. Air adalah minuman yang paling sehat dan paling tidak berbahaya, karena tubuh kita membutuhkan air setiap hari untuk menjaga kesehatan. 

Manfaat Air Putih Bagi Manusia

Manfaat air untuk mengatasi penyakit berbahaya
Manfaat lain dari air adalah mencegah berbagai penyakit kronis menyerang tubuh manusia. Penyakit tersebut antara lain stroke dan kanker.Minum minimal 2 liter air sehari dapat mencegah berbagai penyakit lainnya. Selain itu, manfaat air yang paling penting adalah mengurangi kandungan racun manusia dalam urin. Semakin banyak air yang kita minum, semakin banyak racun yang dikeluarkan dari tubuh.

Berbagai macam manfaat air putih
Tidak diragukan lagi manfaat air bagi tubuh manusia, berikut ini beberapa manfaat air putih, air putih sendiri memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup manusia.

Penghilang rasa haus dan dehidrasi tubuh
Barangkali inilah manfaat air yang paling penting, yaitu menghilangkan dahaga. Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika kita tidak minum air? Tentu akan terjadi dehidrasi atau kekurangan air yang dapat menyebabkan lemas. Minum banyak air akan menghilangkan dan mencegah dehidrasi.

Manfaat Air Putih Bagi Manusia

Membantu kontrol Kalori dan Menurunkan Berat Badan
Apa hubungan antara kalori, berat badan dan minum lebih banyak air? Penelitian telah menemukan bahwa ada hubungan antara konsumsi air dan penurunan berat badan. Apa penyebabnya? Usahakan minum air putih sebelum makan Air akan membantu orang merasa kenyang, Akibatnya mereka mengonsumsi lebih sedikit kalori dan menurunkan berat badan.

Membantu meningkatkan Energi dalam Tubuh
Apa yang terjadi jika anda tidak minum cukup air, terutama saat berolahraga? Efek pertama adalah kelelahan. Otot yang kekurangan air tidak akan bekerja secara maksimal sehingga menimbulkan rasa lelah. Oleh karena itu penting sekali untuk senantiasa minum air yang cukup.

Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh
Sekitar 60% tubuh manusia terdiri dari air. Minum air yang cukup akan menjaga keseimbangan cairan tubuh, sehingga membantu pengangkutan nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, dan mencerna makanan dengan baik.

Membantu Mengeluarkan Racun dalam Tubuh
Bagaimana kita bisa berkeringat atau buang air kecil tanpa bantuan air? Kedua proses ini adalah salah satu mekanisme yang digunakan tubuh untuk menghilangkan racun. Air dapat membantu mengeluarkan keringat sehingga mengurangi risiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Yuk minum air yang cukup.

Menjadikan kulit halus dan cerah
Minum air yang cukup dapat membantu melembabkan kulit dan menjaga kulit tetap segar, lembut, bercahaya dan halus. Aksi racun dalam tubuh bisa menyebabkan peradangan pada kulit, penyumbatan pori-pori, dan akhirnya timbul jerawat. Mengkonsumsi air yang cukup dapat meningkatkan proses pengeluaran racun dengan lancar melalui keringat pada kulit tubuh, sehingga menjadikan kulit halus dan cerah.

Mengingkatkan Fungsi Otak
Minum air putih minimal 2 liter sehari dapat meningkatkan fungsi otak, dan air akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf otak.

Menjaga Fungsi Ginjal Kita
Pernahkah Anda mendengar tentang batu ginjal atau gagal ginjal? Penyebab utamanya adalah kekurangan cairan atau kurang minum seperti yang sering kita dengar. Perlu kita ketahui bahwa ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring limbah dan mengangkut urine ke kandung kemih. Namun ginjal membutuhkan cukup cairan untuk membersihkan air yang tidak perlu di dalam tubuh, dan air adalah kunci / senjata utama. Minum segelas air putih dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan peremajaan (meremajakan tubuh), memungkinkannya untuk kembali bekerja dan tinggi badan normal.

Mencegah Penuaan Dini
Seperti yang kita ketahui bersama, manfaat minum air putih adalah mencegah terjadinya penuaan dini. Minum banyak air putih dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh Racun dapat mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, dan mempengaruhi penuaan dini. Tak heran rahasia awet muda bagi para selebritis di Indonesia atau dunia adalah dengan minum banyak air secara rutin.

Memperbaiki sistem peredaran darah
Air dapat membantu meningkatkan dan menyederhanakan sistem peredaran darah manusia. Konsumsi air akan membantu proses transportasi tubuh manusia.

Obati sakit kepala dan migrain
Jika Anda mengalami sakit kepala atau migrain, hal pertama yang dapat Anda minta pertolongan adalah minum banyak air. Sakit kepala dan migrain biasanya disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan air dalam tubuh.

Mengembalikan Mood / Mood Boaster
Apakah Anda stres karena pekerjaan, masalah keluarga atau dengan teman? Cobalah minum segelas air, ini dapat membantu Anda mendapatkan kembali mood dan semangat Anda.
Manfaat Air Putih Bagi Manusia
Mencegah dan ‘Obat’ Demam
Apakah kamu demam? Menurut pengalaman saya, jika saya jarang demam, yang harus saya lakukan adalah minum banyak air secara teratur. Cobalah minum air putih beberapa gelas, yang akan membuat kita lebih sering buang air kecil, dan demam akan berkurang dalam satu atau dua hari (menurut pengalaman saya).

Demikian beberapa manfaat air putih bagi manusia terutama pada tubuh kita. Kesehatan tetap nomor satu jika dibandingkan dengan hal lainnya. Pernah mendengar perkataan seseorang yang memiliki kekayaan namun tidak memiliki kesehatan dalam kehidupannya. Dengan sangat berharap ia lebih memilih sehat jika dibandingkan dengan harta yang dimilikinya. Lalu bagaimana dengan kita? Semoga kita dapat menyadari hal tersebut dengan senantiasa berusaha menjaga kesehatan tubuh kita. (RW***)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar