Skip to main content

Cara Bergabung dengan WhatsApp Grup (WAG) Tanpa Undangan Link/Tautan

Bismillah. Sadar atau tidak semakin hari pengguna telepon pintar semakin bertambah pesat. Jika dahulu pengguna smartphone tersebut hanya beberapa saja dengan berbagai alasan seperti harganya yang masih mahal alias belum terjangkau, pengguna masih awam, smartphone dahulu tidak semudah dan secanggih sekarang dan berbagai alasan lainnya. Maka pada hari ini dapat dikatakan bahwa menggunakan smartphone itu merupakan salah satu bagian dalam hidup. That's right boleh dikatakan suka atau tidak dan itulah yang telah kita hadapi sekarang.

Cara Bergabung dengan WhatsApp Grup (WAG) Tanpa Undangan Link/Tautan
Selain pengguna smartphone yang semakin bertambah juga semakin banyak aplikasi-aplikasi pendukung kehidupan manusia dalam genggaman untuk mempermudah aktifitas harian salah satunya komunikasi. Dalam hal ini penggunaan aplikasi pengirim pesan singkat yang jika dahulu diwakili oleh SMS (Short Message Service) yang diampu oleh operator penyelenggara telekomunikasi (operator : Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Tri dsb). Maka masa sekarang atau ketika tulisan ini dibuat, SMS tersebut hampir-hampir saja secara penuh digantikan oleh aplikasi pengirim pesan lainnya antara lain Whatsapp, Telegram, Line, WeChat serta aplikasi lainnya.

Pengguna aplikasi tersebut juga mengalami perkembangan yang cukup pesat bahkan dapat dikatakan sangat pesat. Ada banyak alasan mengapa orang-orang sekarang beralih ke layanan tersebut. Salah satunya adalah kemudahan dalam penggunaan (User Friendly) dan pengguna ingin merasakan pengalaman menggunakan aplikasi tersebut (User Experience).

Kali ini kita akan membahas sedikit bagaimana cara bergabung dengan Whatsapp Grup (WAG) tanpa melalui undangan link/tautan.


Membuat grup
Cara termudah untuk membuat sebuah grup di Whatsapp:
  • Buka tab Chat di WhatsApp.
  • Ketuk Chat Baru  > Grup Baru.
  • Catatan: Jika Anda memiliki chat yang telah dibuat pada tab Chat, Anda hanya perlu mengetuk Grup Baru.
  • Cari atau pilih kontak yang ingin ditambahkan ke grup. Lalu ketuk Lanjut.
  • Ketik subjek grup. Ini akan menjadi nama grup yang akan dilihat oleh semua peserta.
  • Batas jumlah karakter untuk subjek adalah 25 karakter.
Pilihan lainnya yaitu anda dapat menambah ikon grup dengan menggunakan kamera dengan mengambil foto sesuai kebutuhan/keinginan, Pilih Foto dari Galeri File atau gunakan mesin pencari di Website untuk mendapatkan gambar. Setelah diatur, ikon tersebut akan tampil di samping nama grup di tab Chat. Ketuk Buat (Create) setelah selesai.

Mengundang masuk ke grup melalui tautan
Jika Anda adalah admin grup, Anda dapat mengundang orang untuk bergabung ke grup Anda cukup dengan membagi tautan kepada mereka. Untuk berbagi tautan undangan grup:
  • Buka grup di WhatsApp, lalu ketuk subjek grup.
  • Alternatif lainnya, geser ke kiri nama grup di tab Chat. Kemudian ketuk Lainnya > Info Grup.
  • Ketuk Undang ke via Tautan.
  • Pilih Bagikan Tautan, Salin Tautan 
  • cara mengundang meminta orang untuk bergabung dalam grup WA yaitu dengan cara memindai Kode QR.
  • Penerima kode QR pada iPhone dapat memindai kode menggunakan kamera telepon mereka, sedangkan pada smartphone Android dapat memindai kode menggunakan pembaca kode QR pihak ketiga.
  • Admin dapat menggunakan opsi Pembatalan tautan tersebut kapan saja dan sekaligus menjadikan tautan undangan sebelumnya tidak valid (tidak dapat digunakan) tentu saja admin dapat menggantikannya dengan membuat tautan baru.

Sebagai catatan bahwa setiap pengguna WhatsApp yang dibagikan tautan undangan dapat bergabung dengan grup tersebut, sehingga anda harus bijak dalam menggunakan fitur ini dengan cara mengundang orang yang dapat anda percayai atau dikenal (khusus). Ketika seseorang mendapatkan tautan yang dimaksud maka orang tersebut dapat meneruskan tautan tersebut ke orang lain yang ddinginkan. Jika demikian, mereka dapat bergabung dengan grup tersebut tanpa melalui admin grup atau mudahnya tanpa persetujuan admin maka siapa saja yang menggunakan tautan tersebut dapat bergabung dengan mudah. Jadi harap bijaksana dalam hal membagikan tautan undangan bergabung di Whatsapp Grup ini. Selamat mencoba. Wasallam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar