Contoh Proposal 17 Agustus Lengkap dengan Biaya PDF

Contoh Proposal 17 Agustus Lengkap dengan Biaya PDF

Setiap tanggal 17 Agustus kita peringati sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai warga negara yang baik dan setia pada NKRI maka kita harus menghafal dan mengingat tanggal tersebut. Biasanya selain upacara bendera peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus, maka acara pendamping yang dilaksanakan oleh masyarakat yang biasa di pelopori oleh Pemerintah Daerah setempat adalah diadakannya lomba-lomba perayaan atau lomba untuk memperingati hari kemerdekaan 17 agustus tersebut. Selain pemasangan bendera Merah Putih disetiap rumah warga, biasanya ada lomba-lomba klasik dan biasa dilakukan oleh warga yang ingin terlibat dalam perayaan tersebut. Biasanya lomba yang dilakukan oleh warga sekitar adalah lomba yang bisa diikuti oleh banyak usia seperti lomba makan kerupuk, lari karung, panjat pinang dan perlombaan sejenis. Penulis kali ini akan memberikan contoh proposal 17 Agustus lengkap dengan biaya dan tentunya dalam format Word dan PDF. Jika format Word dapat diedit sesuai dengan kebutuhan panitia dan PDF akan memudahkan dalam membacanya.

Contoh Proposal Kegiatan Peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus Lengkap dengan Biaya


Berkaitan dengan lomba dan kegiatan lainnya pastilah memerlukan dana yang tidak sedikit. Ditahun-tahun terakhir ini bahkan Pemerintah lebih banyak sebagai pembina atau inisiator kegiatan lomba dan biasanya karena keterbatasan dana yang dianggarkan bahkan biaya perlombaan tersebut biasanya hanya sedikit saja dari segi jumlah. Bahkan di Pemerintahan Daerah tertentu tidak menganggarkan dana khusus lomba selain kegiatan upacara penaikan dan penurunan bendera tanggal 17 agustus.

Dibawah ini adalah salah satu contoh proposal kegiatan peringatan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 agustus yang dapat diambil dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Jikalau anda sebagai panitia peringatan 17 agustus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan seperti susunan panitia, tanggal kegiatan, nama-nama panitia, lokasi kegiatan dan sebagainya. Silahkan dimodifikasi.

Contoh Proposal Kegiatan Peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus Lengkap dengan Biaya


CONTOH PROPOSAL KEGIATAN PERINGATAN DAN PERAYAAN HUT RI KE 74 TAHUN 2019

LPM DESA PENAJAM
KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

I. PENDAHULUAN

Mengingat hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 akan segera kita peringati dan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2019, telah menjadi kewajiban sebagai warga negara sekaligus sebagai bagian bangsa Indonesia yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur. Rasa cinta dan rasa bangga atas perjuangan para pahlawan yang telah dulu gugur serta rela berkorban demi kemerdekaan bangsa Indonesia hendaknya dapat dicontoh. Rasa patriotisme dan rasa kebanggaan atas kemerdekaan ini sudah seharusnya dapat diaplikasikan dalam kegiatan-kegiatan positif dan dapat mempersatukan generasi sebelum dan sesudahnya.

Di zaman milenial atau biasa kita menyebutnya Indonesia 4.0 adalah masa dimana anak-anak muda dapat kita pacu dengan kegiatan yang positif serta selain menambah wawasan kebangsaan juga dapat memupuk rasa patriotisme dan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia. Rasa bangga sebagai bangsa Indonesia kami wujudkan dengan melaksanakan kegiatan postif untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia tanggal 17 agustus. Dengan ini kami selaku Lembaga Pemeberdayaan Masyarakat (LPM) sekaligus panitia kegiatan peringatan HUT RI ke 74 tahun 2019 Desa Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara bermaksud mengadakan kegiatan-kegiatan positif tersebut diatas.

II. TUJUAN

Dilaksanakannya kegiatan tersebut diatas bertujuan antara lain :
1. Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela berkorban demi tanah air Indonesia.
2. Menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan dan kekeluargaan bagi seluruh warga Desa Penajam.
3. Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa.

III. PESERTA

Sasaran serta peserta yang akan dilibatkan secara langsung dalam agenda kegiatan peringatan hari kemerdekaan RI ke 17 ini adalah seluruh warga Desa Penajam.

IV. WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan akan diselenggarakan pada :
Hari, Tanggal : Sabtu, 17 Agustus 2019
Tempat : Lapangan Bola Desa Penajam

V. SUSUNAN KEPANITIAAN
Ketua Panitia : Bedjo
Sekretaris Panitia : Paijo
Bendahara Kegiatan: Sanjaya
Seksi Acara : Brotoseno
Seksi Umum dan Dokumentasi : Adi Bahalwan
Seksi Upacara : Tri Reski Ami
Seksi Peralatan : Gugun Wawan
Seksi Lomba : Indah Pertiwi
P3K : Sinta Dewi

VI. RENCANA KERJA

Jadwal Kegiatan   : 17 agustus 2019
Pukul : 10.00 s.d 12.00 lanjut 14.00 s.d selesai

PERLOMBAAN
1. Balap Karung
2. Makan Kerupuk
3. Tarik Tambang
4. Panjat Pinang
5. Merias Unik

VII. ANGGARAN DANA

Pengeluaran
Karung 10 buah   Rp. 300.000
Kerupuk 100 buah   Rp. 100.000
Alat Rias 5 pcs Rp. 250.000
Tali Tambang 2 pcs    Rp. 40.000
Bendera merah putih 1 buah Rp. 50.000
Konsumsi dewan juri  Rp. 50.000
Benang/ Tali 1 Pcs          Rp.  5.000
Bendera merah putih 5 buah  Rp.100.000
Perlengkapan hadiah  Rp.100.000
Lain lain                   Rp. 500.000
TOTAL            Rp.xxx.000

Sumber Dana
Sumbangan warga sekitar secara sukarela.

VIII. PENUTUP

Demikian proposal kegiatan ini kami buat semoga dapat menjadi gambaran atas rencana kegiatan yang akan kami laksanakan. Semoga dengan adanya bantuan materiil dan moril dari seluruh warga Desa Penajam akan sangat membantu sekali dalam upaya menyukseskan kegiatan peringatan hari kemerdekaan 17 agustus ini. Semoga acara ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan positif yang telah kami ungkapkan diatas. Terima kasih.



Penajam, 10 Juni 2019

Panitia Pelaksana
Ketua Panitia                                      Sekretaris


Bedjo                                                  Paijo

Mengetahui,
Kepala Desa Penajam                        Ketua LPM


Inggih Sekali                                      Darsono


--------------------------------------------------------
Penulis juga melampirkan contoh proposal 17 agustus dalam format Office Word (.doc) serta format PDF dan dapat dilihat disini (word) dan disini (PDF). Kedua format tersebut sangat familiar dan banyak dibutuhkan pengguna internet terutama para panitia 17 agustusan.

Melihat contoh proposal diatas sangat mudah sekali bukan?. Sudah saatnya anda sebagai panitia segera membuat proposal kegiatan peringatan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 agustus dengan melihat contoh diatas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share postingan ini. Terima kasih.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar