Cara melihat cek URL yang telah dipendekkan atau Unshortener URL

Cara melihat cek URL yang telah dipendekkan atau Unshortener URL

Cara melihat cek URL yang telah dipendekkan atau Unshortener URL
Bismillah. Selamat bergabung kembali diblog ini. Cerita sedikit mengenai URL (Uniform Resource Locator). URL biasa kita ketikkan pada kotak browser yang akan kita gunakan untuk mengunjungi alamat yang kita tuju. Misalnya www.penajam.com atau www.google.com. Namun ada pula yang mempunya alamat URl yang lumayan panjang bahkan panjang sekali. Sebagai contoh alamat halaman facebook yang kita tuju https://www.facebook.com/groups/600118860405706. Maka alamat tersebut akan terlihat panjang sekali dan kita sangat sulit mengingatnya. Maka solusinya adalah menggunakan layanan penyingkat URl (URL Shortener). 


Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Namun jika anda yakin bahwa URL/tautan tersebut tidak berbahaya atau tidak mengandung sesuatu yang berbahaya maka anda tidak perlu melihat kepanjangan URL/tautan tersebut.  Apakah short url seperti bit.ly, ow.ly, t.co dan sejenisnya akan expire (tidak berlaku)?


Silahkan gunakan layanan pemanjang URL yang telah dipendekkan tersebut (Unshorterner URL). Layanan ini lumayan banyak namun anda bisa mencobanya. Salah satunya adalah getlinkinfo.com

Layanan getlinkinfo ini digunakan untuk melihat alamat/URL yang telah diperpendek. Mendukung banyak URL shortener yang ada di Internet seperti tinyurl, bitly, googl, isgd, tco dan lain sebagainya. Sangat berguna bagi pengguna media sosial seperti Facebook dan Twitter. Dapat melihat alamat URl yang asli dan telah dibagikan tersebut serta melihatnya sebelum anda mengunjunginya. Selain itu kita dapat melihat URL tersebut apakah telah dialihkan (redirect) oleh penyebar URL tersebut.


Manfaat lain yang dapat diperoleh adalah kita juga dapat melihat deskripsi asli dari URl yang telah kita perpanjang tersebut. Apa saj isi dari URL tersebut. Apabila anda peduli dan masih ragu terhadap tautan atau URL yang akan anda kunjungi maka anda bisa menggunakan layanan ini. Caranya cukup mudah.

1. Copy/duplikasi alamat URL yang akan dilihat.
2. Buka pada browser getlinkinfo.com,
3. Paste/tempelkan alamat URL yang telah di copy lalu klik Get Link Info
4. Dapatkan informasinya pada browser tersebut.
unshortener url

Pada gambar diatas adalah proses 1-4 dan pada gambar dibawah ini adalah informasi hasil penelusuran getlinkinfo. Silahkan lihat pada garis kotak merah. Deskripsi atau keterangan Cara melihat cek URL yang telah dipendekkan atau Unshortener URL telah dijabarkan disitu.

unshortener url-getlinkinfo


Demikian cara melihat atau cek Cara melihat cek URL yang telah dipendekkan atau Unshortener URL pada tautan yang dibagikan pada anda melalui media sosial bahkan melalui pesan singkat (sms). Masih ada layanan serupa yang lainnya dan Insya Allah akan kita bahas dikesempatan lainnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan berbagi di mesia sosial anda. Terima kasih.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar