Cara scan dan hapus virus di Smartphone Android

Cara scan dan hapus virus di Smartphone Android

Assalamu'alaikum | Selamat datang di blog Penajam. Tulisan ini sebagian dari upaya mengikat ilmu dengan menuliskannya pada blog. Smartphone Android selain dikenal sebagai salah satu sistem operasi smartphone (ponsel pintar) juga merupakan salah satu alat telekomunikasi yang paling canggih di muka bumi. Fungsinya yang selain banyak sekali juga selalu diberikan sentuhan inovasi yang makin hari makin banyak. Sehingga fungsinya sekarang bukan hanya sebatas alat komunikasi dan alat bantu sekaligus pengganti komputer desktop.

Tantangan dari smartphone android salah satunya yaitu adanya serangan virus atau malware yang sangat banyak dan berbahaya bagi aplikasi lain pada smartphone tersebut.


Bagaimana cara scan virus pada smartphone android?
Setiap vendor atau Perusahaan pembuat smartphone pasti telah menanamkan anti virus pada smartphone yang mereka besutan. Terlebih lagi smartphone-smartphone yang belakangan munculnya. Kita sebagai pengguna setia smartphone sangat dimudahkan dan dimanjakan oleh pembuat smartphone tersebut. Pada kasus kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara yang tepat untuk melakukan scanning pada smartphone android yang kita gunakan.

Langkah pertama adalah membuka aplikasi bawaan smartphone biasanya bernama Security. Pada beberapa vendor pembuat smartphone bisa saja berbeda. Sebagai contoh adalah pada smartphone merk Meizu yang penulis gunakan.

Dari aplikasi tersebut maka kita dapat melihat apa saja bagian dari smartphone yang dapat dilindungi oleh aplikasi anti virus tersebut.

Langkah kedua adalah memilih anti virus dari bagian Security tersebut lalu lakukan proses scanning seperti biasanya.
Langkah ketiga adalah melihat hasil scanning yang telah selesai dilakukan oleh anti virus tersebut. Jika tidak ada masalah pada perangkat smartphone kita baik pada bagian hardware maupun software maka laporan dari aplikasi tersebut biasanya bersih atau none.


Langkah keempat adalah lakukan proses scanning tersebut secara periodik atau berkelanjutan. Bisa dilakukan berdasarkan waktu misalnya seminggu sekali atau tiga hari sekali. Dapat juga dilakukan berdasarkan kebutuhan dan kesempatan yang ada. Sebagai contoh ketika anda baru saja memindahkan data dari dan atau ke flash disk (FDD) melalui kabel USB OTG pada smartphone android anda.

Demikian cara sederhana dalam upaya kita melindungi smartphone yang kita gunakan dari serangan virus yaitu bagaimana cara melakukan scan dan menghapus virus di smartphone android kesayangan anda. Selamat mencoba semoga berhasil dan juga bermanfaat bagi semua.

Advertisement

Baca juga:

This Is The Newest Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar