mengikat ilmu dengan menulis dan membagikannya

Cara menghemat baterai Smartphone Android







Assalamualaikum. Selamat Datang di Blog Penajam.

Hemat Baterai Smartphone Android Perlukah?

Android merupakan sistem operasi pada smartphone yang paling populer dimasa kini tentu saja dengan jumlah pengguna terbanyak di Dunia. Lalu apa pentingnya dan bagaimana cara paling tepat agar smartphone android kita hemat baterai.

Cara menghemat baterai Smartphone Android
Jika ada pertanyaan apa sih pentingnya menghemat baterai smartphone android? Atau pertanyaannya diubah menjadi menghemat baterai smartphone android perlukah? Maka jawabannya relatif. Bagi pengguna dengan smartphone yang memiliki spesifikasi baterai yang gahar (kisaran > 4000 mAh) maka tidak ada yang perlu dirisaukan. Apalagi sekarang vendor pembuat smartphone berlomba-lomba membuat gadget yang tahan lama dari segi pemakaian baterai. Didukung pula dengan pemilik OS Android yaitu Google yang makin hari makin inovatif membuat versi Android yang lebih optimal dan lebih hemat dalam konsumsi baterai.

Cara menghemat baterai Smartphone Android
Lalu siapa yang seharusnya mengetahui cara menghemat baterai smartphone android? Jawabannya juga relatif. Bisa siapa saja yang memerlukan cara ini disebabkan banyak faktor atau alasan seperti pemakai android lama yang ingin smartphonenya awet hingga 1 hari, pemakai smartphone android yang dalam perjalanan jauh dan tidak membawa power bank, pemakai android yang ingin melakukan camping di gunung atau tempat lainnya yang tidak ada listrik dan lain sebagainya.

Bagaimana cara tepat menghemat baterai Smartphone Android?

Ada banyak cara atau teknik yang dapat dilakukan oleh seorang pemakai android. Disini penulis akan memberikan beberapa cara yang berdasarkan pengalaman menggunakan android dapat dijadikan cara yang tepat dan baik untuk menghemat baterai smartphone android anda.

1.     Matikan Wifi dan Jaringan Seluler
Cara pertama ini dapat ditempuh jika anda jauh dari jangkauan WiFi baik dirumah, dikantor atau ditempat lainnya. Kebanyakan pemakai android sering penulis temukan lupa mematikan jaringan WiFi pada smartphone android yang mereka gunakan. Padahal hal ini merupakan salah satu sebab baterai smartphone cepat habis terkuras, karena sifat dari WiFi dan Jaringan Seluler selalu mencari sinyal ketika pada posisi ON. Selain itu mamtikan WiFi dan sinyal jaringan seluler diperlukan pada saat kita menggunakan pesawat terbang. Selain alasan keamanan juga karena dapat membantu menghemat baterai smartphone kita.
2.     Gunakan Mode Pesawat
Mode pesawat bukan hanya digunakan pada saat kita menaiki pesawat terbang, namun juga dapat digunakan pada saat kita didarat dan jauh dari jangkauan sinyal jaringan seluler. Cara ini mudah yaitu dengan menarik/mengusap layar menu dari atas lalu cari mode pesawat untuk mengaktifkan mode pesawat tersebut. Maka baterai android anda akan hemat beberapa persen.

Cara menghemat baterai Smartphone Android

3.     Matikan Aplikasi yang tidak perlu
Biasanya jika kita menggunakan smartphone android tanpa kita sadari ternyata banyak aplikasi yang sebenarnya tidak kita perlukan berjalan dibelakang layer alias tetap berjalan walau sedang tidak kita akses. Pada beberapa smartphone android telah ada menu khusus untuk mematikan aplikasi yang tidak kita butuhkan. Selain menghemat penggunaan RAM android, juga dapat menghemat baterai smartphone kita beberapa persen. Lumayan daripada kehabisan baterai pada saat kita perlu.
4.     Atur Pencahayaan pada Layar
Cara ini bias jadi pada kebanyakan pemakai android tidak digunakan. Mereka hanya mengandalkan fitur pengaturan cahaya secara otomatis tanpa harus melakukannya secara manual. Pada beberapa kondisi tertentu memang pengaturan otomatis diperlukan seperti pada saat kita sedang dibawah terik matahari lalu kita mendapat panggilan atau lainnya. Namun pada kondisi normal pencahayaan otomatis tidak begitu diperlukan. Atur secara manual saja dan caranya mudah yaitu dengan mengusap/menarik menu dari atas lalu cari pengaturan cahaya pada layer. Biasanya pengaturannya tinggal geser kekanan atau kiri untuk menambah atau mengurangi cahaya yang diinginkan. Selain menghemat baterai juga dapat mengurangi resiko panasnya smartphone kita walapun tanpa pemakaian yang berat seperti bermain game dan lain sebagainya.
5.     Matikan Mode Getar
Ternyata mode getar bias menguras baterai smartphone android kita ya? Ya benar. Mode getar pada posisi pengaturan default atau bawaan pabrik biasanya aktif secara otomatis. Biasanya aktif jika ada panggilan bahkan ketika kita mengetik pesan SMS atau Whatsapp dan Telegram atau aplikasi yang sejenis maka mode getar akan berfungsi. Untuk menghemat daya baterai matikan mode getar pada smartphone anda. Anda tidak akan terganggu dengan getarannya juga anda akan menghemat baterai beberapa persen. Mode ini dapat digunakan atau diaktifkan pada saat tertentu saja missal pada saat rapat, sholat dan sebagainya.
6.     Gunakan Wallpaper Statis (Gelap)
Wallpaper yang kita gunakan apabila berbentuk animasi atau bergerak bisa mengurangi atau memakan daya baterai anda. Terlebih jika menggunakan wallpaper berwarna cerah atau terang. Entah mitos atau bukan, namun penulis sendiri berkeyakinan jika menggunakan wallpaper statis dan berwarna gelap maka baterai smartphone juga akan terasa lebih awet. Hal ini sudah penulis lakukan selama menggunakan android. Selain hemat alasan lainnya adalah wallpaper berwarna gelap juga terlihat keren dan cool. Bisa anda cob ajika penasaran.
7.     Update Aplikasi
Ada kalanya pembuat smartphone atau pabrik melakukan update software pada perangkat android besutannya dengan berbagai alasan. Salah satunya jika terjadi efek panas berlebih pada android tersebut, maka pembuat smartphone akan melakukan update OS mereka. Terbukti benar, penulis sendiri pernah mengalami panas yang berlebih pada smartphone android, baterai juga cepat habis. Lalu ada pemberitahuan update aplikasi dan OS android maka masalah panas dan baterai cepat habis Alhamdulillah teratasi. Jangan lupa update aplikasi ya.

Demikian beberapa cara tepat dan telah terbukti agar smartphone android anda memiliki baterai yang hemat. Cara menghemat baterai android ini pada umumnya dapat diterapkan pada hampir seluruh jenis, tipe dan merek smartpone android. Jadi mulai sekarang bisa dicoba jika smartphone yang anda gunakan ingin lebih hemat dalam hal penggunaan daya baterai. Jangan lupa untuk tetap berkunjung blog ini dan jangan lupa juga untuk membagikannya dilini masa media sosial anda. Berbagi itu mudah kok semudah menggunakan tombol share pada smasrtphone anda.
Assalamualaikum.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara menghemat baterai Smartphone Android