mengikat ilmu dengan menulis dan membagikannya

Cara mengatasi masalah limit kuota pada Google Drive






Assalamualaikum. Selamat Datang di Blog Penajam.

Prakata

Apakah anda salah satu dari sekian juta pengguna Google Drive? Atau sering beraktifitas dengan Google Drive?. Jika iya maka selamat karena anda suatu saat akan menemui kesulitan dalam mengunduh suatu file atau video dan sebagainya yang biasa ditaruh (hosting) di suatu akun Google Drive.

Google Drive dikenal luas karena bisa menampung banyak file serta mudah dalam hal mengunduh (download) file-file yang ditarus pada server milik Google tersebut. Jika file-file tersebut banyak sekali user atau orang yang sedang mengunduh, maka akan timbul suatu masalah baru yaitu file tersebut tidak akan bisa diunduh pada saat itu. Sebagai gambaran bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Istilah untuk masalah ini biasa disebut Limit Kuota Google Drive atau Pembatasan Jumlah Pengunduh di Google Drive. 

Untuk jumlah atau ukuran file yang dapat diunduh atau download pada Google Drive biasanya jikalau ukuran file tersebut besar (>1 Gb) biasanya akan ada peringatan pada saat kita akan mengunduhnya. 

Lalu berapa lama jangka waktu kita diberikan batasan untuk dapat mengunduh/download kembali file tersebut? Jawabannya adalah 24 jam yang akan datang ketika anda mengunjungi link/tautan yang dimaksud. Kalau berdasarkan pengalaman sih 24 jam itu artinya keesokan harinya. Maka siapakah yang mau menunggu hingga esok hari sedangkan kita memerlukan file tersebut pada saat ini juga. Lalu bagaimana cara mengatasi limit kuota pada Google Drive tersebut?
 
File di Google Drive tidak dapat didownload Unduh


Cara mengatasi limit kuota Google Drive

Berikut ini cara mengatasi Limit kuota pada Google Drive yang telah beberapa kali penulis lakukan. Semoga cara sederhana ini masih dapat berjalan dengan baik. Tutorial cara mengatasi hal ini penulis anggap anda telah memiliki akun Google Drive serta telah masuk atau pada posisi login pada akun Google Drive tersebut. Kemudian kita juga masih memiliki kuota yang memadai untuk menyimpan sementara file yang akan kita unduh tersebut. Bagaimana cara mengetahui kuota yang kita peroleh. Postingan ini mungkin akan membantu.

1. Sebagai contoh file

https://drive.google.com/file/d/0B-AW6nSwSK6HaEFQdldkTWhpN2M&export=download
Silahkan anda ganti menjadi:
https://drive.google.com/file/d/0B-AW6nSwSK6HaEFQdldkTWhpN2M/view 
(Gunakan perintah Copy/CTRL+C pada browser agar lebih mudah)
Copy file tersebut ke dalam akun google drive anda dengan cara mengklik Logo G Drive. Biasanya ada dipojok kanan atas Logo + tersebut.

2. Klik "Tambahkan ke Drive Saya"

Setelah itu buka akun google drive kamu atau klik https://drive.google.com 
Cari file yang tersebut, lalu klik kanan pada file tersebut kemudian pilih “Buat Salinan” / “Make Copy”


Silahkan unduh dengan cara membuka file tersebut ditab baru browser anda.

Peringatan akan adanya virus dan sebagainya


File yang telah disalin tidak terkena limit kuota lagi

Langsung diunduh

Penutup

Bagaimana cara mengatasi limit kuota pada Google Drive yang telah digambarkan diatas? Cukup mudah bukan? Penulis hanya menyarankan agar menggunakan cara ini untuk belajar serta menggunakannya dengan bijaksana serta jangan menyalahgunakannya untuk kejelekan serta perbuatan tercela lainnya. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa share postingan ini diberanda atau lini masa media sosial anda. Terima kasih.
Assalamualaikum.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara mengatasi masalah limit kuota pada Google Drive