mengikat ilmu dengan menulis dan membagikannya

Trik Windows : 10 Perintah RUN yang mudah namun tidak banyak diketahui






Assalamu'alaikum | Selamat datang di blog Penajam. Trik Windows kali ini merupakan trik yang sangat mudah dilakukan namun kebanyakan dari pemakai sistem operasi Windows tidak mengetahuinya. Trik ini juga masih menggunakan perintah RUN seperti yang telah dibahas pada postingan beberapa tahun lalu. Insya Allah trik ini dapat berjalan di semua sistem operasi Windows baik Windows 7, Window 8 dan Windows 10. Trik ini juga telah diujicoba pada Windows 10.


10 Perintah RUN yang mudah namun tidak banyak diketahui pengguna komputer Windows

Perintah RUN sendiri dapat diakses dengan sangat mudah yaitu dengan menekan secara bersamaan tombol Win Key + R secara bersamaan. Bagi yang telah mahir pasti akan dengan mudah memakai cara ini. Sebaiknya setelah mengetahui trik atau cara mudah ini sebaiknya diperbanyak latihan saja agar semakin mudah dalam pengoperasian. Terkadang latihan terus menerus akan terbiasa dan hafal kata kunci yang harus diketikkan pada perintah RUN.

10 Perintah RUN yang mudah namun tidak banyak diketahui

10 Perintah RUN Windows mudah namun banyak yang tidak tahu

Lalu apa saja perintah RUN yang dimaksud pada tulisan ini.
1.     Membuka Microsoft WorPad
Membuka aplikasi WordPad yaitu sebuah aplikasi sederhana sekilas mirip Microsoft Office Word namun sederhana seperti Notepad sangat mudah. Jikalau dahulu anda harus membuka Start-Program-WordPad secara satu persatu, maka dengan perintah RUN (Win Key + R) lalu ketikkan “write” maka akan seketika muncul aplikasi WordPad. Jangan lupa perintah diatas pada saat pengetikan pada perintah RUN jangan menggunakan tanda petik.

cara cepat membuka aplikasi wordpad di windows 10

2.     Membuka Microsoft Office Excel
Sama halnya dengan aplikasi yang lain, jika akan membuka Microsoft Office Excel harus mencari secara satu persatu lalu ketemu aplikasinya. Dengan menggunakan trik ini cukup dengan perintah RUN (Win Key + R) lalu ketikkan “excel” maka akan muncul aplikasi excel yang dimaksud. Namun ada satu syarat penting jika aplikasi ini akan berjalan sempurna yaitu aplikasi Office tersebut harus sudah dalam posisi terpasang (terinstall) pada PC atau laptop anda.

Baca juga : 


3.     Membuka Microsoft Office Word
Aplikasi sejuta umat yaitu aplikasi office popular yaitu Microsoft Office Word. Bersama Office Excel mereka merajai aplikasi Office yang banyak digunakan oleh pengguna system operasi Windows, Linux bahkan MacOsX. Sama dengan cara sebelumnya, cukup mengettikan perintah “winword” maka dengan seketika aplikasi yang dimaksud akan terbuka dengan sempurna.
4.     Membuka aplikasi Kalkulator
Membuka aplikasi kalkulator sekarang dapat dilakukan dengan mudah setelah mengetahui cara yang tepat. Cara membuka aplikasi ini masih dengan melakukan perintah dari perintah RUN lalu masukkan kata “calc”. Aplikasi kalkulator yang dimaksud akan segera terbuka dengan cepat dan anda bisa dengan segera menggunakan aplikasi kalkulator ini untuk melakukan perhitungan sederhana maupun sedikit rumit.

cara membuka kalkulator di Windows 10

5.     Membuka Task Manager
Task manager merupakan salah satu program atau aplikasi yang biasa digunakan ketika system operasi Windows yang kita gunakan mengalami kendala seperti freeze, hang atau ingin menutup suatu aplikasi secara “paksa”. Untuk melakukan perintah-perintah tersebut selama ini penulis menggunakan task manager yang sangat mudah. Maka untuk membuka aplikasi atau program Task Manager cukup menuliskan “taskmgr” pada perintah RUN di Windows yang anda gunakan. Semudah itu? Ya semudah itu. Silahkan coba jika anda penasaran.
6.     Membuka aplikasi Paint
Biasanya aplikasi yang satu ini digunakan sebagai aplikasi sederhana untuk melakukan editing pada citra atau gambar. Ya sederhana sekali namun ditangan orang-orang yang berjiwa seni maka aplikasi sederhana ini dapat membuat sebuah gambar yang bagus sekali. Ada beberapa tulisan yang membahas hal tersebut, namun penulis lupa alamat tautannya. Untuk perintah yang dapat dilakukan pada perintah RUN adalah dengan mengetikkan “pbrush” atau “mspaint” pada saat kita membuka perintah RUN. Lho kok ada dua kata yang bisa digunakan? Iya karena hal tersebut dimungkinkan oleh si pembuat system operasi Windows yaitu Microsoft Corporations, sedangkan kita hanya menggunakan serta memanfaatkan kemudahan tersebut. Ayo dicoba…
7.     Melakukan LogOut Windows
Melakukan Log Off atau Log Out pada system operasi Windows dengan mudah tanpa harus klik-klik Start Menu? Gunakan perintah “logoff” pada perintah RUN di Windows. Namun sebelum melakukan Log Out atau Log Off, sebaiknya lakukan penutupan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Bila anda sedang mengetik di Office lakukan Save atau Save As, bila anda sedang browsing jangan lupa tutup browser anda. Hal ini dikarenakan biasanya pada saat kita akan Log Off atau Log Out maka aplikasi-aplikasi tersebut akan secara “paksa” ditutup oleh system. Daripada file anda hilang percuma maka sebaiknya anda simpan dahulu.
8.     Membuka Kontrol Panel
Kontrol panel seperti yang kita ketahui biasa digunakan untuk membuka atau mencari aplikasi apa saja yang telah terinstal di computer Windows kita. Maka  tidak salah ketika perintah control panel kita pelajari. Oke sekarang anda lakukan perintah RUN lalu ketikkan kata “control” pada address bar perintah RUN tersebut, maka dengan seketika akan muncul aplikasi control panel.
9.     Membuka Fonts atau Folder Fonts
Apakah anda ingin menambah font pada computer Windows anda? Atau anda ingin mengurangi serta mengecek apakah font yang anda inginkan telah terpasang (terinstal) pada Windows. Jika yam aka anda cukup mengetikkan kata “fonts” pada perintah RUN di Windows anda. Sekarang anda dapat melihat font sekaligus dapat juga melihat folder font di Windows. Bagaimana mudah bukan? Silahkan coba.
10.  Membuka aplikasi Power Point
Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi wajib jika pengguna sibuk dan akan melakukan presentasi. Presentasi yang baik berawal dari cara membuat presentasinya. Maka jangan salah kaprah jika kecepatan anda membuka aplikasi ini akan membantu anda semakin percaya bahwa presentasi yang anda buat adalah baik dan benar. Untuk membuka aplikasi Office Power Point ini cukup anda mengetikkan pada perintah RUN dengan kata “powerpnt”, maka aplikasi yang dimaksud akan segera terbuka dengan cepat. Ayo mencoba dan anda akan ingat cara membukanya pada momen selanjutnya.

Apakah masih ada perintah RUN lainnya?

Pertanyaan ini bisa jadi ada di benak anda dan juga dibenak penulis. Maka penulis dapat katakan masih banyak sekali yang akan penulis uraikan pada tulisan berikutnya macam-macam perintah RUN di Windows. Terutama perintah RUN yang sangat berguna (usefull) dalam upaya mendukung pekerjaan kita sebagai pengguna Windows. Namun untuk saat ini 10 perintah Run inilah yang layak dipelajari, dihafalkan serta dipraktekkan. Selanjutnya kita akan berusaha menambah perbendaharaan mengenai perintah RUN di Windows lainnya pada saatnya nanti. Penulis perlu mengingatkan bahwa pada saat ujicoba yang penulis lakukan dan tuliskan disini berdasarkan ujicoba pada sistem operasi Windows 10. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk men-SHARE tulisan ini pada dilini masa medsos anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Trik Windows : 10 Perintah RUN yang mudah namun tidak banyak diketahui