mengikat ilmu dengan menulis dan membagikannya

Update Anti Virus






Assalamualaikum. Selamat datang di blog penajam.

Anti virus seberapa penting ?

Anti Virus apa yang ada di perangkat komputer (PC), Laptop atau Netbook anda?
Bagi pemakai sistem operasi Linux, sebagian dari mereka tidak menggunakan anti virus dalam komputer ataupun laptop mereka. Saya termasuk salah satunya. Karena virus yang pernah hinggap melalui flash disk pada laptop yang saya gunakan merupakan jenis virus yang berjalan di sistem operasi Windows saja. Tips windows kali ini adalah membahas sedikit pentingnya melakukan pembaruan anti virus pada sistem operasi windows yang kita gunakan. Anti virus walaupun sekelas anti virus lokal semacam smadav dan selainnya, pastinya memerlukan data base untuk mengenali file-file yang dianggap virus. Pengalaman penulis menunjukkan kalau anti virus yang jarang atau tidak diupdate secara rutin dan kuntinyu terkadang akan mengenali file-file sejauh yang kita ketahui aman dari virus sebagai virus. Disinilah salah satu pentingnya anti virus kita update. 

windows-10-desktop


Bagi pemakai sistem operasi Windows (Windows 7 dan seterusnya), menurut pengalaman yang pernah saya alami, cukup menggunakan aplikasi antivirus buatan dalam negeri seperti Smadav dan sebagainya. Saya sendiri hanya menggunakan Smadav disamping Windows Defender sebagai anti virus bawaan Windows. Rahasia saya dalam menjaga jangan sampai virus rajin bersarang salah satu dan salah duanya adalah dengan melakukan patching (penambalan/perbaikan) atau istilah kerennya adalah update atau perbaruan aplikasi tersebut dan rajin-rajin melakukan cek ataupun razia kecil-kecilan pada saat laptop menyala. Tidak selalu setiap kali laptop menyala juga kita lakukan, namun lebih efektif ketika kita ada waktu dan waktu juga harus minimal kita jadwalkan untuk melakukan hal kecil ini.

Kapan Waktu update anti virus
Sudah saatnya anda dan kita semua mulai untuk belajar menjaga dan merawat perangkat komputer apapun basis sistem operasinya baik Windows, Linux ataupun Macintosh. Lakukan hal-hal kecil seperti mengupdate atau bahasa indonesianya melakukan pembaruan atau memperbarui anti virus yang ada diperangkat kita. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa dengan melakukan satu hal kecil maka paling tidak akan menjaga perangkat kita dari apa yang tidak kita inginkan. Pertanyaannya adalah kapankah saat yang tepat melakukannya? Maka jawaban penulis adalah mulai sekarang daripada anda menunda.

Bagaimana cara update anti virus yang termudah
Cara termudah dalam melakukan update/pembaruan aplikasi anti virus adalah dengan syarat adanya koneksi internet. Biasanya sebagian besar anti virus akan menyetel update secara rutin secara otomatis ketika kita menginstall anti virus tersebut di laptop kita. Atau jika anda merasa update otomatis tersebut tidak berjalan atau tidak efektif karena satu dan lain hal maka bisa juga dengan melakukan cek manual pada aplikasi anti virus anda. Penulis contohkan pada gambar dibawah ini. 
Karena penulis menggunakan palikasi anti virus Smadav maka caranya adalah dengan mengecek secara manual, walaupun secara otomatis jika ada pembaruan/update anti virus lokal ini akan memberitahukan/notifikasi muncul ketika akses internet ada. Sampai dengan diterbitkannya tulisan ini, smadav masih secara manual dalam melakukan poembaruan terutama untuk versi gratis (free), namun untuk versi berbayar (pro) penulis sendiri belum mencoba secara langsung. Manual disini adalah kita akan diarahkan ke situs smadav dan kita harus melakukan unduhan/download lalu memasangnya di laptop kita.
Bagaimana dengan jenis anti virus atau merk anti virus lainnya? Masing-masing penyedia anti virus telah menyertakan cara yang tepat untuk pengguna anti virus mereka. Silahkan lihat kebijakan maupun cara yang diberikan oleh penyedia anti virus anda.

Bagaimana apakah sudah melakukan update anti virus anda? semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Cara update anti virus smadav, kaspersky, Mc Afee terbaru


*) Ditulis oleh Ngasrul Ausath untuk www.penajam.com menggunakan sistem operasi Windows 10.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Update Anti Virus