mengikat ilmu dengan menulis dan membagikannya

Perbedaan Verifikasi dan Validasi






Assalamualaikum. Selamat datang di Blog Penajam.

Dalam kehidupan sehari-hari kita terkadang dihadapkan oleh beberapa istilah yang kita tidak pahami seperti verifikasi dan validasi. Sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) versi dari daring/online berikut ini pengertian dari verifikasi dan validasi. Kedua istilah yang biasa digunakan pada bidang keuangan dan akuntansi.


Pengertian Verifikasi
ve.ri.fi.ka.si /vèrifikasi/
n pemeriksaan tentang kebenaran laporan, pernyataan, perhitungan uang, dan sebagainya: pihak kepolisian telah mengadakan -- terhadap pernyataan salah seorang ang-gota partai tentang adanya keterlibatan purnawirawan TNI dalam kasus pemalsuan uang.

Pengertian Validasi
va.li.da.si
n pengesahan
n pengujian kebenaran atas sesuatu

Catatan : 
Biasanya kata verifikasi dipakai dalam pemeriksaan atas benar atau tidaknya suatu laporan, atau suatu pernyataan dan hal lainnya.
Sedangkan validasi lebih cenderung kepada hal pengujian atas sesuatu yang dipermasalahkan. Misalnya validasi atas utang pemerintah kepada kontraktor pelaksana kegiatan atau validasi ijasah para PNS atau pegawai.

Demikian perbedaan kedua istilah yang biasa kita dengar. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dilinimasa atau beranda media sosial anda. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan Verifikasi dan Validasi