Skip to main content

Trik Windows : 5 jalan pintas mudah di windows lengkap dengan gambar

Penajam.Com - Bismillah. Assalamualaikum. Selamat datang di Blog Penajam. Blog bahasa Indonesia yang membahas seputar kehidupan dan sebagainya. Tips dan trik serta kreatifitas terbaru.

Pengantar

Kali ini penulis akan memberikan suatu pengetahuan yang sudah biasa dilakukan oleh pengguna windows segala versi baik itu versi lawas windows xp, windows 7, windows 8 hingga windows 10. Tulisan kali ini sekali lagi diperuntukkan bagi pengguna pemula serta bagi pembaca sekalian yang penasaran dengan apa yang dimaksud 5 jalan pintas di windows yang penulis posting kali ini. 5 jalan pintas ini merupakan jalan termudah dan hanya menggunakan kombinasi perintah huruf pada keyboard PC, laptop kita.
Trik Windows : 5 jalan pintas di windows lengkap dengan gambar

Jalan pintas pertama adalah CTRL+A 

Fungsi ini biasa digunakan untuk melakukan seleksi pada pekerjaan pada File Explorer, huruf atau  kalimat pada Office atau Notepad dan aplikasi sejenisnya. Gunakan fungsi ini jika anda ingin menyeleksi seluruhnya tanpa pandang bentuk atau lainnya dengan satu langkah.

fungsi shortcut di Windows 10

Jalan pintas kedua adalah CTRL+C

Jalan pintas ini biasa digunakan "hanya" untuk mengkopi (bahasa inggrisnya "copy"). Mengapa hanya mengkopi? karena memang itu saja fungsinya jika anda gunakan dengan menekan CTRL+C maka tidak akan berfungsi selain mengkopi bagian atau file yang telah anda seleksi sebelumnya. Penulis belum pernah menemukan fungsi lain dengan tombol kombinasi ini. 

fungsi shortcut di Windows 10


    Jalan pintas ketiga adalah CTRL+S

    Kalau fungsi kombinasi ini tidak usah ditanyakan lagi pasti kebanyakan pemakai pc atau komputer akan mengetahuinya yaitu akan menjalankan fungsi menyimpan (bahasa inggrisnya "Save"). Melakukan save dengan perintah ini juga termasuk ringan. Ingatkah anda dengan teman sekantor atau sahabat yang ingin mengingatkan bahwa anda sebaiknya menyimpan pekerjaan dengan menyatakan jangan lupa di save ya... maka terkadang secara spontan anda akan mengatakan bagaimana caranya? pakai kontrol s (maksudnya CTRL+S).

    fungsi shortcut di Windows 10


    Jalan pintas keempat CTRL+X

    Jalan pintas selanjutnya adalah CTRL+X atau memotong (memindahkan seluruhnya tanpa tersisa) atau lawana dari mengkopi/duplikasi biasa dalam bahasa inggris "Cut" file atau berkas, kata maupun kalimat dan sebagainya baik pada File Explorer/Windows Explorer atau aplikasi Office dan aplikasi lainnya yang mendukung.

    fungsi shortcut di Windows

    Jalan pintas kelima adalah CTRL+V

    Kombinasi jalan pintas berikutnya adalah CTRL+V atau melakukan tempelan ("Paste" dalam bahasa inggris). Biasa digunakan setelah kita melakukan perintah kopi/copy atau potong/cut (CTRL+C atau CTRL+X) pada saat akan mengkopi atau memindah secara keseluruhan kata-kata atau kalimat maupun file tertentu yang didukung oleh Windows.

    fungsi shortcut di Windows 10

    Demikianlah 5 jalan pintas atau "shortcut" yaitu kombinasi kibor yang dapat atau biasa kita gunakan dalam menunjang aktivitas kita dalam bekerja dengan menggunakan aplikasi atau sistem operasi Windows. Semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan di linimasa sosial media anda.

    Wassalamualaikum...
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar