Skip to main content

Trik Windows : 2 cara terbaik untuk membuat folder baru di Windows

Penajam.Com - Assalamualaikum. Selamat datang di Blog Penajam.

Pengantar

Pengguna komputer ataupun PC sekarang sudah sangat dimanjakan (dimudahkan) dengan kemajuan teknologi baik dibidang hardware maupun software. Seperti halnya sistem operasi lainnya, masing-masing sistem operasi pada komputer yang kita gunakan menyajikan kemudahan dalam penggunaannya. Kemudahan-kemudahan tersebut sangatlah banyak tergantung bagaimana kita mau menggali dan mempelajari serta mempraktekkannya pada saat kita bekerja ataupun menyelesaikan tugas-tugas kita. Salah satu kemudahan tersebut adalah ketika kita ingin membuat jalan pintasan ketika kita masuk di File Explorer (Sebelumnya Windows Explorer) yang biasa kita sebut Quick Access, menggunakan jalan pintas (shortcut) 

2 cara untuk membuat folder baru di Windows 7 8 10

Gunakan 2 cara termudah dan terbaik ini untuk membuat folder baru di Windows

Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan sedikit trik windows yang sangat mudah dan saya yakin sangat mudah dipraktekan oleh pengguna Windows pemula sekalipun. Trik kali ini yang saya maksud adalah bagaimana cara membuat folder baru di OS Windows. Ya cukup dengan 2 (dua) cara berdasarkan pengalaman penulis. Sepertinya kedua cara ini lebih cocok jika dipraktekkan oleh pengguna pemula dan atau pengguna yang belum mengetahui cara tersebut dibawah ini. Pada tutorial ini penulis menggunakan sistem operasi terbaru Windows yaitu Windows 10. Mari langsung kita praktekkan.

    Cara Pertama : Gunakan Kursor atau Touchpad

    Cara pertama ini menurut penulis merupakan cara konvensional atau cara biasa yang digunakan oleh hampir seluruh pengguna Windows seluruh versi baik WIndows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Cara yang akan penulis tuliskan sangat mudah yaitu dengan menggunakan kursor baik kursor mouse atau melalui touchpad bila anda pengguna laptop/netbook secara umum atau menggunakan mouse pada PC biasa. 

    Lakukan 3 langkah mudah pada cara pertama ini, yaitu dengan melakukan klik kanan --- pilih New-- lalu pilih -- Folder, maka Folder baru akan segera muncul dan anda bisa langsung mengganti nama folder tersebut dengan nama yang anda inginkan. Jika anda tekan Enter setelah melakukan klik kanan tersebut maka folder secara default (setelan Windows) Windows akan membuat nama baru seperti New Folder (1), New Folder (2) dan seterusnya. Setelah memahami cara pertama ini, maka kita beralih ke cara kedua. Gambar dibawah ini untuk mengilustrasikan cara pertama. (Klik pada gambar untuk memperbesar)

    2 Cara Membuat Folder Baru di Windows 2 langkah terbaik membuat folder baru di Windows 7 8 10

    Cara Kedua : Gunakan Kombinasi Kibor/Keyboard

    Cara kedua ini bisa saja bagi pembaca sekalian sudah tidak asing lagi, namun penulis yakin bagi pembaca lainnya bisa saja menjadi hal yang baru. Baik langsung kita bahas sedikit dan praktekkan saja. Gunakan kombinasi kibor (keyboard) baik PC maupun Laptop yang anda gunakan. Kombinasi ini juga terbilang mudah yaitu dengan menekan secara bersamaan tombol CTRL+SHIFT+N pada keyboard/kibor, maka Folder baru akan terbuka. Sama halnya dengan cara pertama pada saat folder baru muncul, maka anda dapat mengubah nama folder tersebut secara langsung sesuai dengan keinginan kita. Jikalau anda sebagai pengguna tidak mengganti nama folder tersebut, anda dapat menekan tombol Enter. Dalam hal ini folder baru tersebut secara default akan bernama New Folder (1) dan seterusnya. 

    Gunakan kombinasi perintah pada kibor anda.

    CTRL + SHIFT + N

    Ilustrasi gambar untuk cara kedua dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
    (klik untuk memperbesar gambar)

    2 langkah terbaik membuat folder baru di Windows 7 8 10

    Demikian 2 cara terbaik membuat folder baru di sistem operasi Windows menurut penulis. Seperti perkataan para ulama terdahulu di dalam Islam yaitu "ikatlah ilmu dengan menuliskannya". Maka penulis berusaha menuliskannya melalui postingan ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu pembaca sekalian dalam mempelajari Windows dan bekerja secara efisien dengan trik yang penulis paparkan disini. Sampai jumpa pada postingan lainnya. Jangan lupa untuk menshare postingan ini sehingga semakin banyak teman-teman dan anak bangsa ini yang semakin cerdas dan mengetahui ilmu seputar trik windows ini.

    Wassalamualaikum.
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar