Just writing about life because writing is sharing

Trik Linux : 5 Jalan Pintas di Linux lengkap dengan gambar

Bismillah. Assalamualaikum. Selamat datang di Blog Penajam.

Kali ini penulis akan memberikan pengetahuan mendasar yang sudah biasa dilakukan oleh pengguna windows maupun pengguna linux atau pengguna Windows yang ingin hijrah ke Linux. Tulisan kali ini sekali lagi diperuntukkan bagi pengguna pemula serta bagi pembaca sekalian yang penasaran dengan apa yang dimaksud 5 jalan pintas di Linux.

Jalan pintas pertama CTRL+A 

Fungsi ini biasa digunakan untuk melakukan seleksi pada pekerjaan pada Linux Explorer/Dolphin/Thunar dan Explorer lain di Linux, huruf atau  kalimat pada aplikasi Office (Libre Office, WPS, Open Office dan aplikasi sejenis). Gunakan fungsi ini jika anda ingin menyeleksi seluruhnya tanpa pandang bentuk atau lainnya dengan satu langkah.

fungsi shortcut di Linux

Jalan pintas kedua CTRL+C

Jalan pintas ini biasa digunakan "hanya" untuk mengkopi (bahasa inggrisnya "copy"). Mengapa hanya mengkopi? karena memang itu saja fungsinya jika anda gunakan dengan menekan CTRL+C maka tidak akan berfungsi selain mengkopi bagian atau file yang telah anda seleksi sebelumnya. Penulis belum pernah menemukan fungsi lain dengan tombol kombinasi ini. 

fungsi shortcut di Linux

Jalan pintas ketiga CTRL+S

Kalau fungsi kombinasi ini tidak usah ditanyakan lagi pasti kebanyakan pemakai pc atau komputer akan mengetahuinya yaitu akan menjalankan fungsi menyimpan (bahasa inggrisnya "Save"). Melakukan save dengan perintah ini juga termasuk ringan. Ingatkah anda dengan teman sekantor atau sahabat yang ingin mengingatkan bahwa anda sebaiknya menyimpan pekerjaan dengan menyatakan jangan lupa di save ya... maka terkadang secara spontan anda akan mengatakan bagaimana caranya? pakai kontrol s (maksudnya CTRL+S).

fungsi shortcut di Linux


Jalan pintas keempat CTRL+X

Jalan pintas selanjutnya adalah CTRL+X atau memotong (memindahkan seluruhnya tanpa tersisa) atau lawana dari mengkopi/duplikasi biasa dalam bahasa inggris "Cut" file atau berkas, kata maupun kalimat dan sebagainya baik pada Linux Explorer atau aplikasi Office dan aplikasi lainnya yang mendukung.

fungsi shortcut di Linux

Jalan pintas kelima CTRL+V

Kombinasi jalan pintas berikutnya adalah CTRL+V atau melakukan tempelan ("Paste" dalam bahasa inggris). Biasa digunakan setelah kita melakukan CTRL+C atau CTRL+X.

fungsi shortcut di Linux

Demikianlah 5 jalan pintas atau "shortcut" yaitu kombinasi kibor yang dapat atau biasa kita gunakan dalam menunjang aktivitas kita dalam bekerja dengan menggunakan aplikasi atau sistem operasi Windows. Semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan di linimasa sosial media anda.

Wassalamualaikum...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Trik Linux : 5 Jalan Pintas di Linux lengkap dengan gambar

0 comments:

Post a Comment