Just writing about life because writing is sharing

Rekor Dunia berhasil tercatat di Penajam Paser Utara di Hari Sumpah Pemuda ke 89

Selamat datang di blog Penajam

Pagi hari ini (28/10) bertempat di Pantai Corong, Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (Kab. PPU) Sang Saka Merah Putih Bendera Kebangsaan Indonesia dengan ukuran sangat besar (red. raksasa) yaitu 20 meter x 50 meter atau jika 1.000 M2 (meter persegi) berhasil dikibarkan di atas tiang bambu pionering setinggi 110 meter.

salah satu rekor dunia tiang  dengan tinggi 110 m dan bendera raksasa sebesar 1000 m2 di penajam paser utara


Momen pengibaran bendera Merah Putih raksasa ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang ke 89 tingkat Provinsi Kalimantan Timur dan telah tercatat berhasil memecahkan rekor dunia versi Record Holder Republic (RHR) dengan judul : Berkibarnya bendera kebangsaan Indonesia di Pantai Corong, Penajam Paser Utara dengan ukuran bendera 1000 M2 dan tinggi menara pioneering 110 meter. Sebagai informasi tambahan, Record Holder Republic (RHR) ini bepusat di Kota New York, Amerika Serikat (USA).

Penulis bersama ribuan warga dari berbagai penjuru wilayah kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kota sekitarnya dengan antusias yang lumayan tinggi mengikuti prosesi perayaan hari sumpah pemuda tingkat provinsi yang kali ini diadakan di wilayah selatan Provinsi Kalimantan Timur ini.Penulis sendiri merasakan bagaimana padat jalan masuk yang harus dilalui ketika menuju lokasi kegiatan. Selain banyak manusia, padat dan macetnya jalan disebabkan oleh ratusan kendaraan roda dua dan roda empat yang parkir hingga memnuhi jalan masuk. Walaupun petugas yang berjaga telah berusaha melakukan antisipasi, namun antusiasme warga ini agak sulit dibendung karena ingin merasakan momen spesial sekaligus langka ini.

rekor dunia tiang dan bendera raksasa di penajam paser utara 2017


Bendera berhasil dikibarkan di Pantai Corong Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara sekitar pukul 10 WITA. Ternyata hasil kolaborasi anak-anak pramuka se-Kaltim dengan beberapa instansi ini berhasil membuat sebuah kebangggan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten PPU khususnya, Provinsi Kaltim hingga negara Indonesia karena telah berhasil memecahkan rekor dunia. 

Diharapkan bendera dengan ukuran 1000 M2 ini dapat terus berkibar hingga beberapa waktu kedepan dan dapat menjadikan motivasi bagi pihak lain untuk berusaha memecahkan rekor serupa. Informasi yang diperoleh bahwa biaya yang dikeluarkan untuk acara ini cukup besar dan berhasil dikumpulkan dari beberapa pihak. 

Empat tahun lalu, rekor tinggi menara ini berhasil tercatat di Pantai Lamaru Kota Balikpapan Kalimantan Timur. Tinggi menara bambu pioneering pada tahun 2013 itu sekitar 53 meter. Ternyata telah tercatat pula rekor dengan kategori serupa beberapa tahun yang silam di negara USA (Amerika Serikat) dan Malaysia dengan tinggi masing-masing 40 meter dan 68 meter.

Setelah acara peringatan sumpah pemuda yang ke 89 tingkat Provinsi Kaltim ini selesai, maka ratusan warga termasuk penulis segera bubar karena cuaca yang sangat terik dan waktu yang semakin mendekati siang. Selain itu karena parkir kendaraan yang lumayan jauh, maka salah satu antisipasi dari kemacetan yang terjadi adalah pulang lebih awal.

Terima kasih semoga informasi ini bermanfaat bagi kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rekor Dunia berhasil tercatat di Penajam Paser Utara di Hari Sumpah Pemuda ke 89

0 comments:

Post a Comment